Jumat, 05 April 2013

tugas wawasan nusantara


Bab 1 : Pendahuluan
1.1.Latar Belakang
Sebagai sebuah negara yang merdeka dan berdaulat penuh , Indonesia  melakukan pembangunan dalam bidang baik itu bidang fisik maupun non-fisik untuk mewujudkan kesejahteraan warga negara Indonesia yang adil dan makmur sesuai dengan tujuan nasional Bangsa Indonesia , namun untuk melakukannya dibutuhkan kedaulatan yang utuh yang dimiliki oleh bangsa Indonesia atas wilayahnya. Kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari beribu pulau membutuhkan satu penyatuan yang tegas dan mengikat untuk mengikat wilayah-wilayah tersebut ke dalam satu negara kesatuan Republik Indonesia. Konsep dasar Indonesia sebagai negara kepulauan telah ditetapkan dalam Deklarasi Djuanda pada 13 Desember 1957 , dengan deklarasi tersebut lahirlah konsep wawasan nusantara yang menyatukan seluruh wilayah kepulauan Indonesia beserta masyarakatnya. Unsur utama dari wawasan nusantara adalah organisasi-organisasi yang mengusahakan dalam bidang-bidangnya untuk mencapai persatuan dan kesatuan dalam keserasian kehidupan bangsa. Bidang-bidang usaha yang dilakukan meliputi :
·         Satu kesatuan wilayah
·         Satu kesatuan bangsa
·         Satu kesatuan ekonomi
·         Satu kesatuan budaya
·         Satu kesatuan Hankam
Sehingga sangat jelas wawasan nusantara merupakan cara yang ampuh dalam menyatukan bangsa Indonesia dalam rangka pembangunan nasional , sebab wawasan nusantara merupakan penjelasan falsafah UUD 1945 dan Pancasila dalam wadah negara Republik Indonesia. Kelengkapan dan keutuhan wawasan nusantara akan terwujud dalam ketahanan nasional yang selalu ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan zaman. Ketahanan nasioanal yang meningkat akan mendorong percepatan dalam pembangunan nasional yang pada akhirnya menunjang tercapainya tujuan nasioal negara Republik Indonesia. Dalam Tap MPR tahun 1983 dijelaskan tujuan pembangunan nasional yang ingin dicapai bangsa Indonesia , yaitu:
·         Kesatuan politik
·         Kesatuan ekonomi
·         Kesatuan sosial budaya
·         Kesatuan pertahanan keamanan
Dengan menjadikan wawasan nusantara sebagai salah satu unsur dalam pembangunan nasional Indonesia , maka diharapkan terjalin dan terbentuknya kehidupan berbangsa dan bernegara dari beraneka ragam masyarakat Indonesia.

1.2. Tujuan penulisan makalah
            Adapun tujuan kami dalam menulis makalah ini adalah sebagai berikut :
1        Menyelesaikan tugas mata kuliah pendidikan kewarganegaraan
2        Mengetahui pentingnya pembangunan nasional bangsa Indonesia sebagai upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur
3        Mengetahui hubungan wawasan nusantara sebagai wawasan pembangunan nasional
4        Mengetahui implementasi wawasan nusantara dalam pembangunan nasional

1.3. Landasan
            Adapun landasan dalam pengerjaan makalah ini adalah :
1        TAP/MPR/1973/n0.4
2        Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
3        Deklarasi djuanda tanggal 13 Desember 1957
4        Serta bahan bacaan dari buku dan internet yang kami anggap dapat mendukung pembahasan makalah kami










Bab 2 : Masalah
Adapun masalah yang akan kami identifikasikan dalam pembahasan makalah kelompok kami yang berjudul ‘’Wawasan Nusantara sebagai Wawasan Pembangunan Nasional’’ adalah sebagai berikut :
·         Pembangunan nasional hanya terpusat pada beberapa tempat tertentu saja di Indonesia
·         Pembangunan nasional di Indonesia terindakasi tidak merata penyebarannya
·         Pembangunan nasional di Indonesia baru dirasakan oleh sebagian golongan masyarakat Indonesia , belum menyentuh seluruh lapisan masyarakat Indonesia
·         Pada proses pembangunan nasional di Indonesia , masyarakat golongan menengah ke bawah sering mengalami penindasan oleh golongan menengah atas yang bekerja sama dengan pemerintah.
·         Pembangunan nasional di Indonesia saat ini cenderung tidak lagi didasarkan pada wawasan nusantara , sehingga terjadi berbagai penyimpangan dalam proses pembangunan nasional.
Karena keterbatasan waktu dan tujuan , maka kami akan membahas satu rumusan masalah yaitu :
‘’ Mengapa wawasan nusantara dijadikan sebagai wawasan pembangunan nasional Indonesia ?’’













Bab 3 : Pembahasan

A.Pengertian Wawasan Nusantara dan Pembangunan Nasioanal
            Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya , dimana harus memandang Indonesia sebagai satu kesatuan yang melingkupi kesatuan yang didasari oleh Pancasila dan UUD 1945. Kesatuan yang ingin diwujudkan dalam wawasan nusantara adalah kesatuan dalam aspek daratan, lautan , suku , budaya , dan agama. Pembangunan nasional adalah rangkaian upaya pembangunan yang berkisanambungan yang meliputi seluruh kehidupan masyarakat , bangsa , dan negara untuk mewujudkan tujuan nasional yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia  , memajukan kesejahteraan umum , mencerdaskan kehidupan bangsa , serta ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan , perdamaian abadi , dan keadilan sosial.
            Berdasarkan kedua pengertian diatas , sangat jelas bahwa wawasan nusantara memiliki hubungan dengan pembangunan nasional. dari pengertian pembangunan nasional yang merupakan rangkaian pembangunan yang meliputi seluruh rakyat Indonesia , yang tidak membedakan golongan-golongan dalam masyarakat Indonesia. Sedangkan wawasan nusantara memberikan pengertian bahwa dalam memandang Indonesia , harus memandangnya sebagai satu kesatuan tidak terpisah-pisahkan. Sehingga sangat jelas bahwa wawasan nusantara memiliki hubungan dengan pembangunan nasional karena kedua-keduanya menekankan pada satu hal yaitu persatuan bangsa Indonesia , karena tanpa persatuan yang ada dalam wawasan nusantara mustahil  akan terwujud pembangunan nasional , sebab dalam proses pembangunan pasti akan menimbulkan perdebatan yang berujung pada perpecahan yang akan membawa dampak buruk bagi kehidupan berbangsa dan bernegara bagi bangsa Indonesia.

B. Hakikat Wawasan Nusantara dan Hubungannya dengan Pembangunan Nasional.
            Hakikat utama dari wawasan nusantara adalah persatuan dan kesatuan. Persatuan diartikan sebagai upaya menyatukan bangsa Indonesia yang memiliki keaneka ragaman suku , budaya , agama , dan bahasa. Makna dari kesatuan sendiri adalah kumpulan yang dalam hal ini bangsa Indonesia yang merupakan sebuah kumpulan besar masyarakat yang mendiami wilayah kepulauan Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau dengan karakteristik penduduk yang berbeda-beda di setiap pulau.
            Pembangunan nasional sangat erat kaitannya dengan hakikat Wawasan Nusantar ini , sebab dalam pembangunan nasional menggali segala potensi yang ada disetiap wilayah Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan rasa persatuan dan kesatuan antar seluruh wilayah di Indonesia , sebab pembangunan di suatu wilayah tidak bisa dilepaskan dari dukungan wilayah lainnya. Dukungan suatu daerah terhadap pembangunan di wilayah lainnya tidak akan terwujud tanpa adanya rasa kesatuan diantara penduduk antar wilayah di Indonesia , perwujudan dari rasa kesatuan tersebut mereka merasa bahwa mereka merupakan satu kumpulan yang saling membutuhkan dan harus saling mendukung sehingga penduduk daerah lain tidak akan ragu untuk membantu suatu proses pembangunan di daerah lainnya. Tentunya rasa kesatuan diantara penduduk daerah di Indonesia tidak akan terwujud tanpa adanya rasa persatuan yang mana terjadi dalam proses untuk menyatukan penduduk daerah tersebut ke dalam rasa satu sebagai warga negara Indonesia. Dengan adanya rasa persatuan dan kesatuan , maka tidak akan sulit bagi pemerintah untuk mewujudkan pembangunan nasional di Indonesia. Namun , dalam pelaksanannya sering kali hal ini belum terwujud secara maksimal sebab masih dijumpai konflik-konflik antar masyarakat yang disebabkan oleh proses pembangunan , sehingga rasa persatuan dan kesatuan yang merupakan hakikat dari wawasan nusantara masih perlu dibina dan ditingkatkan lagi agar proses pembangunan nasional di Indonesia berjalan secara maksimal.

C. Perlunya Wawasan Nusantara dalam Pembangunan Nasional
            Seperti yang kita ketahui wilayah Indonesia merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alam baik di darat maupun di lautan. Kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia merupakan modal yang paling besar dalam pembangunan nasional di Indonesia. Dengan kekayaan alam yang berbeda-beda di sekitar wilayah Indonesia maka pastinya akan terjadi ketimpangan dalam pembangunan di daerah tersebut. Untuk mencegah ketimpangan tersebut maka diperlukan wawasan nusantara sebagai wawasan pemersatu bangsa Indonesia. Dengan adanya wawasan nusantara ini maka ketimpangan antar daerah dapat dihindari , karena penduduk daerah telah merasa terikat satu sama lain dengan penduduk daerah lainnya. Pembangunan nasional yang hakekatnya merupakan upaya untuk meratakan semua pembangunan kepada seluruh masyarakat Indonesia , namun upaya untuk meratakan pembangunan itu tidak akan terwujud jika tidak adanya rasa persatuan antar penduduk di Indonesia. Dalam pembangunan nasional ini sangat mutlak diperlukan persatuan dalam 8 aspek yaitu :
1.      Geografi (daratan)
2.      Keadaan penduduk
3.      Kekayaan alam
4.      Hankam
5.      Sosial budaya
6.      Ekonomi
7.      Politik
8.      Ideologi
Ke delapan aspek tersebut disebut sebagai aspek kehidupan nasional dalam wawasan nusantara. Kedelapan aspek tersebut  memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam proses pembangunan nasional sebab tanpa kedelapan aspek tersebut mustahil pembangunan nasional bisa terwujud. Disinilah letak pentingnya wawasan nusantara sebagai cara pandang bangsa Indonesia yang dijadikan wawasan nasional untuk menyatukan ke delapan hal tersebut , sehingga proses pembangunan nasional di Indonesia berjalan dengan baik dan mampu merata di seluruh wilayah Indonesia sehingga tidak terjadi ketimpangan pembangunan nasional. namun , dalam pelaksanaannya saat ini kedelapan hal tersebut cenderung kurang diterapkan pada saat ini sehingga menimbulkan ketimpangan hasil pembangunan nasional saat ini. Jadi sangat jelas bahwa wawasan nusantara sangat penting ada dalam proses pembangunan nasional.

 D. Pentingnya Pembangunan Nasional
            Pembangunan nasional sangat penting bagi bangsa Indonesia. Sebagai bangsa yang berdaulat dan bertanggung jawab atas wilayahnya , bangsa Indonesia harus aktif menjalankan upaya-upaya untuk kemajuan diri dan wilayahnya. Pembangunan nasional memiliki tujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yaitu masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Hal ini merupakan tujuan nasional dari bangsa Indonesia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945. Karena hal ini merupakan tujuan nasional maka pembangunan nasional dilaksanakan dengan sangat mendetail dan memerlukan dukungan dari semua pihak yang ada di Indonesia yang terdiri dari keaneka ragaman suku , budaya , dan agama. Untuk menunjang pembangunan nasional tersebut maka diperlukanlah wawasan nusantara sebagai pemersatu segenap bangsa Indonesia yang terlibat dalam pembangunan nasional agar pembangunan nasional berjalan dengan lancar dan tanpa mengalami hambatan.

E. Target Pembangunan nasional dan hubungannya dengan Wawasan Nusantara
            Pembangunan nasional yang dilakukan di Indonesia memiliki target yaitu untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Adapun secara spesifik pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera , damai , berkeadilan , berbudi luhur , dan menjadi masyarakat yang bermartabat di dunia. Target tersebut dalam pelaksanaannya untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan wawasan nusantara , hal ini karena pembangunan nasional tidak hanya memerlukan keterlibatan satu pihak saja , melainkan memerlukan keterlibatan banyak pihak. Untuk mengundang keaktifan tersebut maka diperlukanlah penanaman wawasan nusantara kepada seluruh insan masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan wawasan nusantara maka membuat bangsa Indonesia menjadi sadar akan kesatuan mereka sebagai satu bangsa yang berarti mereka bertanggung jawab akan kemajuan tanah airnya yaitu Indonesia. Dengan timbulnya perasaan tersebut maka segenap bangsa Indonesia bertanggung jawab untuk mencapai tujuan pembangunan nasional yang telah ditetapkan dan partisipasi masyarakat dapat lebih terasa dan meningkat sehingga pembangunan nasional mampu mencapai tujuannya dan hasilnya dapat dirasakan oleh semua golongan yang ada di Indonesia.  








Bab IV : Penutup

A .Kesimpulan
            Berdasarkan rumusan masalah yang diajukan pada bab ke dua , hal-hal yang dapat kami simpulkan adalah sebagai berikut :
1.      Wawasan Nusantara memiliki keterkaitan dengan pembangunan nasional sebab dari pengertian keduanya telah memiliki kaitan yaitu Wawasan Nusantara menekankan memandang Indonesia sebagai satu kesatuan dan Pembangunan Nasional dilakukan untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia
2.      Hakikat wawasan nusantara yaitu persatuan dan kesatuan sangat relevan dengan pembangunan nasional , karena persatuan dan kesatuan merupakan dasar utama dari proses pembangunan nasional di Indonesia. Hal ini dikarenakan karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdiri atas aneka suku , budaya , dan agama.
3.      Wawasan nusantara mutlak harus dimiliki untuk mencapai target pembangunan nasional yaitu masyarakat yang adil dan makmur , hal ini karena untuk mencapai tujuan tersebut harus diperlukan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat Indonesia , hal ini terwujud bila masyarakat Indonesia merasa bahwa diri mereka satu di dalam perbedaan yang disatukan oleh Pancasila dan UUD 1945 yang merupakan dasar dari wawasan nusantara
Dari ketiga kesimpulan di atas maka kami dapat menjawab rumusan masalah di bab kedua yaitu wawasan nusantara memang merupakan wawasan pembangunan nasional di Indonesia , karena pembangunan nasional tidak akan berjalan dengan maksimal jika tidak ada pandangan yang menyatukan semua pihak yang terlibat dalam pembangunan dan pandangan yang menyatukan semua pihak yang terlibat dalam pembangunan nasional di Indonesia adalah wawasan nusantara

B. Saran
            Adapun saran yang penulis dapat berikan adalah bahwa pembangunan nasional sangat mutlak memerlukan wawasan nusantara sehingga pembelajaran dan sosialisasi wawasan nusantara harus lebih ditingkatkan ditengah-tengah masyarakat untuk kesuksesan pembangunan nasional di Indonesia.



Daftar Pustaka
Kaelan dan Zubaidi , Ahmad. 2007 . Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta : Paradigma
Blog bahan kuliah dan contoh.Blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar