PELAYANAN
DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING
1.Layanan Orientasi
layanan Bimbingan dan konseling yang
bertujuan untuk membantu individu mengenali lingkungan baru yang dimasukinya
(berupa sekolah , universitas , maupun kantor) yang bertujuan agar individu mengetahui
apa-apa saja yang ada di lingkungan barunya sehingga dapat memperlancar
perannya di lingkungan baru tersebut. Program-program yang akan diberikan yaitu
:
·
Pengenalan sistem penyelenggaraan pendidikan di sekolah
• Kurikulum
yang berlaku di sekolah
• Kegiatan
belajar yang diharapkan dari siswa
• Sistem
penilaian yang berlaku di sekolah
• Fasilitas
dan sumber belajar yang ada di sekolah
• Staf
pengajar dan tata usaha di sekolah
• Hak dan
kewajiban siswa di sekolah
• Organisasi
siswa
• Organisasi
orangtua
• Organisasi sekolah
secara menyeluruh
2. Layanan Informasi
layanan Bimbingan dan Konseling yang
bertujuan agar klien mengetahui peraturan , tata cara , dan teknis yang ada di
dalam lingkungannya yang berguna bagi klien dalam pengambilan keputusan.
Program yang akan diberikan di dalam layanan informasi yaitu :
• Informasi
pengembangan pribadi ; cara bergaul yang sehat , tips-tips bergaul yang sehat ,
cara pengendalian emosi , cara membangun hubungan pertemanan yang baik di
sekolah , dll
• Informasi
pendidikan : informasi tentang keadaan sekolah , informasi jenis-jenis
pendidikan lanjutan , informasi kriteria sistem penilaian , informasi kegiatan
belajar tambahan , sistem belajar yang baik , dan informasi pendidikan lainnya
• Informasi
karier : strukur dan kelompok jabatan dalam karier , jenis pekerjaan yang
dilakukan dalam suatu karier , kualifikasi tenaga kerja , cara perekrutan
tenaga kerja , kondisi kingkungan kerja , dan informasi cara peningkatan karier
• Informasi
sosial ; macam-macam suku bangsa , tradisi dalam masyarakat , nilai-nilai dalam
masyarakat , kekhususan dalam masyarakat , nilai-nilai agama dalam masyarakat
3. Layanan Penempatan dan Penyaluran
layanan Bimbingan dan Konseling yang
bertujuan agar klien mendapatkan penempatan pada bidang karier , kelanjutan
pendidikan , dan pengembangan diri yang sesuai dengan kemampuan bakat dan
minatnya. Materi yang akan diberikan di dalam kegiatan layanan penempatan dan
penyaluran adalah :
A.Penempatan
siswa di sekolah
·
menyalurkan siswa ke dalam jurusan di sekolah
·
menyalurkan siswa ke dalam kelas
·
menyalurkan siswa ke dalam kegiatan ekstrakulikuler yang ada di
sekolah
·
menyalurkan siswa ke dalam kelompok belajar
·
menyalurkan siswa ke dalam kegiatan perlombaan sesuai dengan minat
dan bakat siswa
·
menyalurkan siswa ke dalam lembaga-lembaga Bimbingan belajar
B.
Penempatan bagi siswa calon alumni
·
menyalurkan ke jenjang pendidikan berikutnya yang sesuai dengan
kriteria siswa
·
menyalurkan ke dalam program beasiswa untuk melanjutkan pendidikan
ke jenjang berikutnya
·
menyalurkan ke lembaga-lembaga kursus untuk menambah kompetensi
siswa dalam persaingan dunia kerja
4. Layanan Pembelajaran
layanan Bimbingan dan Konseling yang
bertujuan untuk memperoleh pengembangan diri peserta didik yang berkaitan
dengan kegiatan belajar meliputi : teknik belajar , sikap belajar , dan
kebiasaan belajar yang baik. Kegiatan yang diberikan dalam layanan Pembelajaran
yaitu :
• pengembangan
kemampuan belajar siswa melalui pemberian contoh dalam bentuk vcd dan video
• Mengembangkan
kemampuan siswa untuk mampu menciptakan diskusi belajar yang efektif dan
menarik
• Mengembangkan
kemampuan siswa dalam menciptakan catatan materi pelajaran yang baik , lengkap
, dan efektif
• Melatih
keterampilan siswa dalam belajar menulis dan membaca efektif
• Pengembangan
motivasi untuk belajar melalui penggunaan ajaran agama
5. Layanan
Konseling Perorangan
layanan Bimbingan dan Konseling yang bertujuan untuk membantu
klien memecahkan masalah yang dihadapinya melalui kegiatan tatap muka antara
konselor dengan klien (konseli). Kegiatan di dalam layanan konseling perorangan
yaitu :
• Dalam
kegiatan konseling perorangan materi yang diberikan tidak dapat ditentukan
namun secara garis besar materi yang diberikan dalam kegiatan konseling
perorangan mencakup bidang :
- Pribadi
- Sosial
- Belajar
- Dan
karier
6. Layanan Bimbingan Kelompok
layanan Bimbingan dan Konseling yang
bertujuan untuk membimbing siswa melalui kegiatan yang melibatkan beberapa
orang siswa. Kegiatan yang akan dilakukan di dalam layanan Bimbingan Kelompok
yaitu :
• Bimbingan
kelompok untuk membimbing siswa dalam menghadapi tahun ajaran baru
• Bimbingan
kelompok untuk bimbingan menghadapi ujian
• Bimbingan
kelompok mengenai cara bergaul yang baik dan sesuai dengan norma masyarakat
• Bimbingan
kelompok mengenai apa-apa saja yang harus disiapkan dalam perencanaan karier
• Bimbingan
kelompok mengenai cara menjaga kesehatan diri siswa
• Bimbingan
kelompok mengenai persiapan karier siswa
• Bimbingan
kelompok mengenai cara membina hubungan yang baik dengan orangtua
• Bimbingan
kelompok tentang bagaimana hidup sendiri sebagai anak kost saat kuliah
7. Layanan Konseling kelompok
layanan Bimbingan dan Konseling yang
bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh klien (konseli) melalui
dinamika kelompok yang telah dibentuk. Materi yang diberikan dalam layanan
konseling kelompok yaitu :
materi yang
diberikan tidak dapat direncakan. Layanan konseling kelompok diberikan
berdasarkan kebutuhan siswa. Dalam materi konseling kelompok mencakup bidang :
- Pribadi
- Sosial
- Belajar
- karier
8. Layanan Konsultasi
Yaitu layanan yang membantu peserta
didik atau pihak lain memperolah wawasan , pemahaman , dan cara-cara yang perlu
dilaksanakan dalam menangani kondisi atau permasalahan peserta didik. Materi
yang diberikan dalam kegiatan layanan konsultasi yaitu :
• Konsultasi dengan siswa/i mengenai hambatan belajar yang mereka alami
di sekolah
• Konsultasi dengan wali kelas mengenai masalah siswa/i di dalam kelas
• Konsultasi dengan orangtua tentang pola pergaulan anak di rumah
• Konsultasi dengan siswa/i tentang perencanaan karier yang ingin dicapai
• Konsultasi mengenai mata pelajaran yang sulit dikuasai siswa
• Konsultasi dengan dewan guru mengenai cara belajar yang baik diterapkan
kepada siswa
• Konsultasi dengan pengelola perpustakaan mengenai ketersediaan sumber
referensi belajar siswa di perpustakaan
• Konsultasi dengan kepala sekolah mengenai program-program Bimbingan dan
Konseling yang telah direncanakan
9. Layanan Mediasi
Yaitu layanan yang
membantu peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki
hubungan antar peserta didik. Materi yang diberikan di dalam layanan mediasi
yaitu :
• Mediasi kepada siswa atas konflik pribadi yang dialaminya
• Mediasi kepada siswa atas masalah belajar yang dialaminya bersama guru
• Mediasi atas konflik yang dialami siswa dengan orangtuanya
• Mediasi atas pertentangan karier antara orangtua dan anak
• Mediasi atas pertengkaran siswa dengan teman-temannya di kelas
• Mediasi atas pertentangan antara siswa dengan guru
• Mediasi atas konflik antar kelompok siswa di sekolah
• Mediasi atas konflik antara orangtua/wali siswa dengan guru di sekolah
• Mediasi atas konflik yang terjadi pada guru
Kegiatan
Pendukung
Dalam menunjang jalannya
layanan dalam kegiatan Bimbingan dan Konseling , maka terdapat kegiatan
pendukung yang menunjang berjalannya layanan BK. Kegiatan pendukung Bimbingan
dan Konseling bertujuan untuk mendapatkan data-data yang berguna dalam
pelaksanaan kegiatan layanan dalam Bimbingan dan Konseling. Kegiatan pendukung
BK adalah sebagai berikut ;
1.Aplikasi Instrumentasi
penggunaan instrumen-instrumen Bimbingan dan Konseling oleh guru
pembimbing/konselor untuk mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan diri
siswa sebagai klien (konseli) dalam program Bimbingan dan Konseling.
Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dalam aplikasi instrumentasi yaitu :
• Penggunaan AUM untuk mengungkap masalah siswa
• Penggunaan kuesioner untuk mengukur keberhasilan layanan Bimbingan dan
Konseling
• Wawancara untuk mengungkapkan masalah siswa
• Menyusun sosiogram untuk mengetahui bagaimana hubungan siswa di kelas
• Penggunaan inventori untuk mengetahui bagaimana siswa menilai dirinya
• Menggunakan tes proyeksi untuk mengukur ketajaman analisa pemikiran
siswa
• Mengadakan
tes psikologi untuk mengukur kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa
di sekolah
• Mengumpulkan
autobiografi masing-masing siswa untuk mengetahui latar belakang keluarga dan
cita-cita yang diinginkan oleh siswa
2. Himpunan Data
kegiatan mengumpulkan data-data yang
berkaitan dengan permasalahan yang dialami oleh klien untuk membantu
penyelesaian masalah dan pengembangan diri klien/konselor. Kegiatan yang
dilakukan dalam kegiatan himpunan data yaitu :
- Mengumpulkan
data absensi siswa
- Mengumpulkan
data-data pribadi siswa melalui buku pribadi
- Mengumpulkan
pendapat-pendapat siswa melalui angket dan inventori
- Mengumpulkan
data perilaku siswa melalui penggunaan daftar cek dan skala sikap
- Mengumpulkan
daftar nilai siswa dari guru
- Mengumpulkan
catatan perilaku siswa dari bidang kesiswaan
- Mencatat
daftar kejadian yang tercatat pada buku di meja piket
- Mengumpulkan
foto identitas siswa
- Mengumpulkan
catatan-catatan guru terhadap perilaku siswa selama mengikuti proses
belajar mengajar
3. Konferensi Kasus
kegiatan yang dilakukan oleh guru pembimbing/konselor untuk
membahas penyelesaian masalah yang dialami oleh klien/konseli dengan melibatkan
pihak-pihak yang terkait dengan permasalahan yang dialami oleh klien (konseli).
Kegiatan dalam konferensi kasus yaitu :
• Dalam
konferensi kasus materi yang akan diberikan tidak bisa direncanakan sebab
disesuaikan dengan masalah yang diangkat dalam konferensi kasus. Materi yang
diberikan mencakup 4 bidang bimbingan yaitu :
- Pribadi
- Sosial
- Belajar
- Dan
karier
4. Kunjungan Rumah
yaitu kegiatan yang dilakukan oleh guru pembimbing/konselor dengan
mengunjungi secara langsung rumah klien/konseli dan bertemu langsung
dengan orangtua/wali siswa
(klien/konseli) untuk mengetahui perspektif mereka terhadap permasalahan yang
dialami oleh anak mereka sebagai klien guru pembimbing/konselor di sekolah dan
membangun komitmen dengan orangtua/wali untuk menyelesaikan masalah siswa.
Kegiatan di dalam kunjungan rumah :
• mengetahui komitmen orangtua terhadap masa depan anak
•
mengetahui bagaimana kehidupan sosial
anak di rumah
•
mengetahui bagaimana cara belajar anak
di rumah
•
mengetahui fasilitas belajar yang dimiliki anak
•
mengetahui hambatan-hambatan belajar
anak di rumah
•
mengetahui bagaimana interaksi siswa di
rumah dengan anggota keluarganya
•
mengetahui bagaimana siswa bergaul dan berinteraksi
dengan lingkungan sekitar rumahnya
• mengetahui bagaimana kecukupan kebutuhan gizi siswa di rumah
Cara Penyampaian Layanan
Dalam menyampaikan layanan ini ,
cara yang digunakan dalam menyampaikan kepada siswa yaitu :
- Penyajian secara langsung di depan kelas
- Melakukan diskusi di ruang guru pembimbing
- Bimbingan kelompok
- Melakukan tanya jawab dengan siswa
- Pertemuan pribadi diruang guru
pembimbing/konselor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar