Jumat, 05 April 2013

9 layanan bk beserta kegiatannya


PELAYANAN DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

1.Layanan Orientasi
            layanan Bimbingan dan konseling yang bertujuan untuk membantu individu mengenali lingkungan baru yang dimasukinya (berupa sekolah , universitas , maupun kantor) yang bertujuan agar individu mengetahui apa-apa saja yang ada di lingkungan barunya sehingga dapat memperlancar perannya di lingkungan baru tersebut. Program-program yang akan diberikan yaitu :
·         Pengenalan sistem penyelenggaraan pendidikan di sekolah
      Kurikulum yang berlaku di sekolah
      Kegiatan belajar yang diharapkan dari siswa
      Sistem penilaian yang berlaku di sekolah
      Fasilitas dan sumber belajar yang ada di sekolah
      Staf pengajar dan tata usaha di sekolah
      Hak dan kewajiban siswa di sekolah
      Organisasi siswa
      Organisasi orangtua
      Organisasi sekolah secara menyeluruh

2. Layanan Informasi
            layanan Bimbingan dan Konseling yang bertujuan agar klien mengetahui peraturan , tata cara , dan teknis yang ada di dalam lingkungannya yang berguna bagi klien dalam pengambilan keputusan. Program yang akan diberikan di dalam layanan informasi yaitu :
      Informasi pengembangan pribadi ; cara bergaul yang sehat , tips-tips bergaul yang sehat , cara pengendalian emosi , cara membangun hubungan pertemanan yang baik di sekolah , dll
      Informasi pendidikan : informasi tentang keadaan sekolah , informasi jenis-jenis pendidikan lanjutan , informasi kriteria sistem penilaian , informasi kegiatan belajar tambahan , sistem belajar yang baik , dan informasi pendidikan lainnya
      Informasi karier : strukur dan kelompok jabatan dalam karier , jenis pekerjaan yang dilakukan dalam suatu karier , kualifikasi tenaga kerja , cara perekrutan tenaga kerja , kondisi kingkungan kerja , dan informasi cara peningkatan karier
      Informasi sosial ; macam-macam suku bangsa , tradisi dalam masyarakat , nilai-nilai dalam masyarakat , kekhususan dalam masyarakat , nilai-nilai agama dalam masyarakat





3. Layanan Penempatan dan Penyaluran
            layanan Bimbingan dan Konseling yang bertujuan agar klien mendapatkan penempatan pada bidang karier , kelanjutan pendidikan , dan pengembangan diri yang sesuai dengan kemampuan bakat dan minatnya. Materi yang akan diberikan di dalam kegiatan layanan penempatan dan penyaluran adalah :
A.Penempatan siswa di sekolah
·         menyalurkan siswa ke dalam jurusan di sekolah
·         menyalurkan siswa ke dalam kelas
·         menyalurkan siswa ke dalam kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah
·         menyalurkan siswa ke dalam kelompok belajar
·         menyalurkan siswa ke dalam kegiatan perlombaan sesuai dengan minat dan bakat siswa
·         menyalurkan siswa ke dalam lembaga-lembaga Bimbingan belajar
B. Penempatan bagi siswa calon alumni
·         menyalurkan ke jenjang pendidikan berikutnya yang sesuai dengan kriteria siswa
·         menyalurkan ke dalam program beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya
·         menyalurkan ke lembaga-lembaga kursus untuk menambah kompetensi siswa dalam persaingan dunia kerja

4. Layanan Pembelajaran
            layanan Bimbingan dan Konseling yang bertujuan untuk memperoleh pengembangan diri peserta didik yang berkaitan dengan kegiatan belajar meliputi : teknik belajar , sikap belajar , dan kebiasaan belajar yang baik. Kegiatan yang diberikan dalam layanan Pembelajaran yaitu :
      pengembangan kemampuan belajar siswa melalui pemberian contoh dalam bentuk vcd dan video
      Mengembangkan kemampuan siswa untuk mampu menciptakan diskusi belajar yang efektif dan menarik
      Mengembangkan kemampuan siswa dalam menciptakan catatan materi pelajaran yang baik , lengkap , dan efektif
      Melatih keterampilan siswa dalam belajar menulis dan membaca efektif
      Pengembangan motivasi untuk belajar melalui penggunaan ajaran agama

5. Layanan Konseling Perorangan
layanan Bimbingan dan Konseling yang bertujuan untuk membantu klien memecahkan masalah yang dihadapinya melalui kegiatan tatap muka antara konselor dengan klien (konseli). Kegiatan di dalam layanan konseling perorangan yaitu :
      Dalam kegiatan konseling perorangan materi yang diberikan tidak dapat ditentukan namun secara garis besar materi yang diberikan dalam kegiatan konseling perorangan mencakup bidang :
  1. Pribadi
  2. Sosial
  3. Belajar
  4. Dan karier

6. Layanan Bimbingan Kelompok
            layanan Bimbingan dan Konseling yang bertujuan untuk membimbing siswa melalui kegiatan yang melibatkan beberapa orang siswa. Kegiatan yang akan dilakukan di dalam layanan Bimbingan Kelompok yaitu :
      Bimbingan kelompok untuk membimbing siswa dalam menghadapi tahun ajaran baru
      Bimbingan kelompok untuk bimbingan menghadapi ujian
      Bimbingan kelompok mengenai cara bergaul yang baik dan sesuai dengan norma masyarakat
      Bimbingan kelompok mengenai apa-apa saja yang harus disiapkan dalam perencanaan karier
      Bimbingan kelompok mengenai cara menjaga kesehatan diri siswa
      Bimbingan kelompok mengenai persiapan karier siswa
      Bimbingan kelompok mengenai cara membina hubungan yang baik dengan orangtua
      Bimbingan kelompok tentang bagaimana hidup sendiri sebagai anak kost saat kuliah

7. Layanan Konseling kelompok
            layanan Bimbingan dan Konseling yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh klien (konseli) melalui dinamika kelompok yang telah dibentuk. Materi yang diberikan dalam layanan konseling kelompok yaitu :
materi yang diberikan tidak dapat direncakan. Layanan konseling kelompok diberikan berdasarkan kebutuhan siswa. Dalam materi konseling kelompok mencakup bidang :
  1. Pribadi
  2. Sosial
  3. Belajar
  4. karier

8. Layanan Konsultasi
            Yaitu layanan yang membantu peserta didik atau pihak lain memperolah wawasan , pemahaman , dan cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi atau permasalahan peserta didik. Materi yang diberikan dalam kegiatan layanan konsultasi yaitu :
      Konsultasi dengan siswa/i mengenai hambatan belajar yang mereka alami di sekolah
      Konsultasi dengan wali kelas mengenai masalah siswa/i di dalam kelas
      Konsultasi dengan orangtua tentang pola pergaulan anak di rumah
      Konsultasi dengan siswa/i tentang perencanaan karier yang ingin dicapai
      Konsultasi mengenai mata pelajaran yang sulit dikuasai siswa
      Konsultasi dengan dewan guru mengenai cara belajar yang baik diterapkan kepada siswa
      Konsultasi dengan pengelola perpustakaan mengenai ketersediaan sumber referensi belajar siswa di perpustakaan
      Konsultasi dengan kepala sekolah mengenai program-program Bimbingan dan Konseling yang telah direncanakan

9. Layanan Mediasi
            Yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki hubungan antar peserta didik. Materi yang diberikan di dalam layanan mediasi yaitu :
      Mediasi kepada siswa atas konflik pribadi yang dialaminya
      Mediasi kepada siswa atas masalah belajar yang dialaminya bersama guru
      Mediasi atas konflik yang dialami siswa dengan orangtuanya
      Mediasi atas pertentangan karier antara orangtua dan anak
      Mediasi atas pertengkaran siswa dengan teman-temannya di kelas
      Mediasi atas pertentangan antara siswa dengan guru
      Mediasi atas konflik antar kelompok siswa di sekolah
      Mediasi atas konflik antara orangtua/wali siswa dengan guru di sekolah
      Mediasi atas konflik yang terjadi pada guru

Kegiatan Pendukung
            Dalam menunjang jalannya layanan dalam kegiatan Bimbingan dan Konseling , maka terdapat kegiatan pendukung yang menunjang berjalannya layanan BK. Kegiatan pendukung Bimbingan dan Konseling bertujuan untuk mendapatkan data-data yang berguna dalam pelaksanaan kegiatan layanan dalam Bimbingan dan Konseling. Kegiatan pendukung BK adalah sebagai berikut ;

1.Aplikasi Instrumentasi
penggunaan instrumen-instrumen Bimbingan dan Konseling oleh guru pembimbing/konselor untuk mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan diri siswa sebagai klien (konseli) dalam program Bimbingan dan Konseling. Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dalam aplikasi instrumentasi yaitu :
      Penggunaan AUM untuk mengungkap masalah siswa
      Penggunaan kuesioner untuk mengukur keberhasilan layanan Bimbingan dan Konseling
      Wawancara untuk mengungkapkan masalah siswa
      Menyusun sosiogram untuk mengetahui bagaimana hubungan siswa di kelas
      Penggunaan inventori untuk mengetahui bagaimana siswa menilai dirinya
      Menggunakan tes proyeksi untuk mengukur ketajaman analisa pemikiran siswa
      Mengadakan tes psikologi untuk mengukur kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa di sekolah
      Mengumpulkan autobiografi masing-masing siswa untuk mengetahui latar belakang keluarga dan cita-cita yang diinginkan oleh siswa

2. Himpunan Data
            kegiatan mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan permasalahan yang dialami oleh klien untuk membantu penyelesaian masalah dan pengembangan diri klien/konselor. Kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan himpunan data yaitu :
  1. Mengumpulkan data absensi siswa
  2. Mengumpulkan data-data pribadi siswa melalui buku pribadi
  3. Mengumpulkan pendapat-pendapat siswa melalui angket dan inventori
  4. Mengumpulkan data perilaku siswa melalui penggunaan daftar cek dan skala sikap
  5. Mengumpulkan daftar nilai siswa dari guru
  6. Mengumpulkan catatan perilaku siswa dari bidang kesiswaan
  7. Mencatat daftar kejadian yang tercatat pada buku di meja piket
  8. Mengumpulkan foto identitas siswa
  9. Mengumpulkan catatan-catatan guru terhadap perilaku siswa selama mengikuti proses belajar mengajar

3. Konferensi Kasus
kegiatan yang dilakukan oleh guru pembimbing/konselor untuk membahas penyelesaian masalah yang dialami oleh klien/konseli dengan melibatkan pihak-pihak yang terkait dengan permasalahan yang dialami oleh klien (konseli). Kegiatan dalam konferensi kasus yaitu :
      Dalam konferensi kasus materi yang akan diberikan tidak bisa direncanakan sebab disesuaikan dengan masalah yang diangkat dalam konferensi kasus. Materi yang diberikan mencakup 4 bidang bimbingan yaitu :
  1. Pribadi
  2. Sosial
  3. Belajar
  4. Dan karier

4. Kunjungan Rumah
yaitu kegiatan yang dilakukan oleh guru pembimbing/konselor dengan mengunjungi secara langsung rumah klien/konseli dan bertemu langsung dengan  orangtua/wali siswa (klien/konseli) untuk mengetahui perspektif mereka terhadap permasalahan yang dialami oleh anak mereka sebagai klien guru pembimbing/konselor di sekolah dan membangun komitmen dengan orangtua/wali untuk menyelesaikan masalah siswa. Kegiatan di dalam kunjungan rumah :
      mengetahui komitmen orangtua terhadap masa depan anak
      mengetahui bagaimana kehidupan sosial anak di rumah
      mengetahui bagaimana cara belajar anak di rumah
      mengetahui fasilitas  belajar yang dimiliki anak
      mengetahui hambatan-hambatan belajar anak di rumah
      mengetahui bagaimana interaksi siswa di rumah dengan anggota keluarganya
      mengetahui bagaimana siswa bergaul dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar rumahnya
      mengetahui bagaimana kecukupan kebutuhan gizi siswa di rumah

Cara Penyampaian Layanan
            Dalam menyampaikan layanan ini , cara yang digunakan dalam menyampaikan kepada siswa yaitu :
  1. Penyajian secara langsung di depan kelas
  2. Melakukan diskusi di ruang guru pembimbing
  3. Bimbingan kelompok
  4. Melakukan tanya jawab dengan siswa
  5. Pertemuan pribadi diruang guru pembimbing/konselor











            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar