PROGRAM
PENGEMBANGAN ANAK BERBAKAT
Bidang akademik
No
|
Bidang
bakat
|
Spesifikasi
|
Program
|
Landasan
filosofis
|
Tujuan
|
Materi
kegiatan
|
kegiatan
|
lokasi
|
Alat
bantu
|
pelaksana
|
1
|
Akademik
|
Matematika
|
Pengembangan
kecermatan , ketangkasan , dan ketelitian siswa
|
Salah
satu ciri fisik dari anak berbakat adalah reaksi fisik yang cepat atas suatu
stimulusa dan anak berbakat harus memilik dimensi psikomotorik yang mana
salah satu itemnya adalah ketelitian siswa
|
Meningkatkan
kemampuan psikomotorik siswa dan mempertajam ketelitian siswa dalam
pengamatan
|
Games
|
Konselor
membawa sebuah kotak yang disisinya terdapat lobang-lobang yang berbentuk
bangun datar matematika yang harus ditutup siswa dengan waktu sesingkat
mungkin.
|
Ruang
kelas
|
Kotak
yang telah dilubangi
Replika
bangun datar matematika
|
konselor
|
2
|
Biologi
|
Pengembangan
konsentrasi melalui persepsi atas suatu stimulus.
|
Anak
berbakat memiliki menurut Hoyle memiliki daya konsentrasi yang tinggi dan
salah satu dimensi keberbakatan yang harus dikembangkan adalah dimensi perseptual
|
Meningkatkan
daya konsentrasi berpikir dan melatih ketepatan persepsi
|
Games
|
Siswa
diminta untuk menutup matanya , kemudian konselor membawa suatu benda dan
meminta siswa untuk menebaknya melalui penciuman
|
Luar
kelas
|
Penutup
mata.
Benda
yang menjadi stimulus
|
konselor
|
|
3
|
Fisika
|
Pengembangan
berpikir kritis dan peningkatan kemampua komunikasi
|
Anak
berbakat mengalami kesulitan dalam komunikasi dan mudah mengalami kebosanan
dalam belajar akibat tidak terpenuhinya hasrat ingin tahunya yang luas.
|
Meningkatkan
kemampuan komunikasi siswa dan memenuhi rasa ingin tahu siswa terhadap
penerapan ilmu pengetahuan
|
Karyawisata
ke pabrik yang menerapkan teknologi robot
|
Konselor
bekerja sama dengan guru fisika mengajak siswa mengunjungi pabrik yang
menerapkan yeknologi robot. Siswa diminta untuk melakukan wawancara dengan
operator dan menyusun laporan secara mandiri.
|
Pabrik
|
Angkutan
umum
Buku
Alat
tulis
|
Konselor
Bekerja
sama dengan
Guru
fisika.
|
|
4
|
Bahasa
|
Peningkatan
daya ingat siswa
|
Anak
berbakat memiliki karakteristik perkembangan kognitif yang baik dan diatas
rata-rata
|
Mempertajam
kemampuan kognitif siswa melalui penajaman daya ingat.
|
Games
pesan berantai
|
Siswa
dikumpulkan sebanyak 5 orang lalu dibariskan kemudian konselor memberikan
suatu pesan yang diteruskan secara berantai. Siswa yang terakhir menerima
pesan harus menyebutkan pesan yang diterima.
|
Ruang
kelas
|
Pesan
|
Konselor
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar