Jumat, 05 April 2013

tugas proposal


KEGIATAN PENTAS SENI T.A. 2012  
MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MODEL BENGKULU

A.      Latar Belakang
Masa muda adalah masa yang penuh dengan semangat yang tinggi untuk mencoba segala hal yang ada dalam kehidupan. Dalam hal mencoba segala hal yang baru dalam kehidupan , masa muda sangat identik dengan puncak perkembangan kreativitas , perkembangan ide-ide baru , perkembangan imajinasi individu terutama dalam bidang seni. Kreativitas sendiri tidak hanya tumbuh dari kepekaan rasa saja , tetapi juga membutuhkan kemampuan intelektual dan pengalaman yang dimiliki individu. Kreativitas sendiri bertujuan untuk mengarahkan individu untuk membentuk sikap kritis , apresiatif , dan kreatif pada individu dalam menyikapi suatu hasil karya seni. Sikap ini akan tumbuh dengan maksimal pada siswa jika para siswa dilibatkan dalam aktivitas luar ruangan yang meliputi kegiatan penilaian , pengamatan , dan terlibat langsung dalam kegiatan seni yang dilakukan diluar jam belajar sekolah. Menjawab akan permasalahan tersebut siswa hendaknya diberikan kegiatan berkesenian khusus diluar jam belajar , sebagai salah satu kegiatan yang bermanfaat yang diselenggarakan oleh sekolah sebagai institusi pendidikan tempat siswa bernaung. Dengan kegiatan kesenian yang melibatkan siswa secara keseluruhan maka akan menumbuhkan rasa persaudaraan dan persatuan siswa di sekolah. Dengan penyaluran kreativitas seni dalam kegiatan kesenian yang pada gilirannya merupakan hasil dari kegiatan gotong royong siswa yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa kebersamaan siswa dan kekompakan siswa yang mana dari hal ini dapat diarahkan pada perkembangan rasa nasionalisme siswa sebagai bagian dari insan Bangsa Indonesia. Adapun judul dari kegiatan seni ini adalah ‘’PENTAS SENI PELAJAR MANDEL 2011’’  yang ditujukan bagi pengembangan jiwa kreativitas seni siswa-siswi MAN 1 Model yang disalurkan dalam kegiatan kegiatan kesenian yang diselenggarakan oleh siswa dengan dukungan pihak sekolah.
B.      Dasar kegiatan
Adapun dasar dari kegiatan ini adalah :
·         Program kerja Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Madrasah Aliyah Negeri 1 Model Kota Bengkulu
·         Hasil rapat bersama antara perwakilan osis , kepala sekolah , dewan guru , dan orangtua/wali murid pada 20 mei 2012

C.      Tujuan
Tujuan umum dari dilaksanakannya Pentas Seni siswa adalah untuk menyalurkan minat siswa pada bidang seni dalam wadah kegiatan seni sekolah. Sedangkan tujuan khusus dari pelaksanaan PENTAS SENI PELAJAR MANDEL 2012’’ adalah :
·         Menjadikan ajang kreativitas belajar siswa dalam hal pembinaan pergaulan yang sehat antar siswa dan mencegah siswa dari kegiatan-kegiatan yang menjerumus ke dalam pergaulan yang tidak sehat.
·         Menciptakan hubungan kerja sama antar individu siswa maupun antar kelas dan jurusan yang ada dalam lingkungan MAN 1 Model Bengkulu.
·         Dengan adanya PENTAS SENI PELAJAR MANDEL 2012 akan tumbuh pengembangan kegiatan seni seperti pembentukan sanggar teater , sanggar tari , dan group band sekolah.
D.      Sasaran Kegiatan
Adapun sasaran dari kegiatan PENTAS SENI PELAJAR MANDEL 2012 adalah :
·         Penanaman nilai kerja sama antar siswa melalui penyelenggaraan kegiatan pentas seni dan memupuk rasa persaudaraan antar siswa di sekolah.
·         Melatih daya kreatifitas dan imajinasi siswa melalui penyaluran dalam kegiatan pentas seni sekolah.

E.       Substansi kegiatan
Adapun substansi dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut :
·         Lomba puisi , cerpen , dan pantun antar pelajar se-Madrasah Aliyah Negeri 1 Model Bengkulu
·         Festival Band antar pelajar se-Man 1 Model Bengkulu
·         Festival tari kreasi siswa-siswi Man 1 Model Bengkulu
·         Lomba Nasyid antar siswa-siswi Man 1 Model Bengkulu
·         Lomba kasidah antar siswa-siswi Man 1 Model Bengkulu
·         Lomba Fashion Show busana muslim antar siswi Man 1 Model Bengkulu

F.       Pelaksana Kegiatan
Adapun pelaksana kegiatan PENTAS SENI SIWA MANDEL 2012 adalah :
1.       Seluruh anggota OSIS Madrasah Aliyah Negeri 1 Model Bengkulu periode 2011-2012
2.       Siswa –siswa Man 1 Model Bengkulu di luar pengurus osis yang ditunjuk menjadi panitia PENTAS SENI SISWA MANDEL 2012
3.       Dewan guru dan staf tata usaha yang ditunjuk menjadi panitia PENTAS SENI SISWA MANDEL 2012

G.     Waktu dan tempat
1.       Lomba fashion show , pembacaan puisi , dan pantun
Hari                        : Jum’at 15 Juni 2012
Waktu                   : 13.30 WIB s.d selesai
Lokasi                    : Gedung Aula MAN 1 MODEL BENGKULU
2.       Lomba  kasidah dan nasydid
Hari                        : Sabtu , 16 juni 2012
Waktu                   : 09.00 s.d selesai
Lokasi                    : Lapangan MAN 1 MODEL BENGKULU
3.       Festival Band siswa
Hari                        : Minggu , 17 juni 2012
Waktu                   : 10.00 s.d selesai
Lokasi                    : Lapangan MAN 1 MODEL BENGKULU


H.     Sumber Dana dan Perkiraan Biaya
Adapun sumber dana dari kegiatan ini adalah :
·         BOS (Bantuan Operasional Siswa)
·         BOP (Bantuan Operasional Pendidikan)
·         Partisipasi orangtua/wali siswa
·         Sumbangan dari pihak sponso

Perkiraan biaya yang dibutuhkan : Rp 35.000.000 (rincian terlampir)

I.        Susunan kepanitian
Susunan kepanitian kegiatan PENTAS SENI SISWA MANDEL 2012 terlampir dalam lampiran proposal.

J.        Penutup
Demikianlah proposal ini kami buat dengan hrapan dapat menyelenggarakan acara sesuai dengan rencana. Atas perhatian dan bantuan Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.


Staf Kesiswaan                                                                                                                                 Pembina Osis




.........................                                                                                                                                               .............................
Nip:                                                                                                                                                        Nip :                      


Mengetahui,
Kepala MAN 1 Model Bengkulu






............................................
                                                                          Nip:








PROPOSAL KEGIATAN
LOMBA MAJALAH DINDING ANTAR KELAS SE-MAN 1 MODEL BENGKULU

A.      Latar belakang
Perkembangan dunia yang semakin maju telah memasuki era globalisasi , dimana pada era ini segala kemudahan telah membuat manusia semakin terpacu untuk mengembangkan kemampuan dirinya. Untuk mengembangkan kemampuannya manusia perlu menggali segala potensi yang ada dalam dirinya baik itu fisik maupun intelektual , upaya penggalian potensi ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan sebagai manusia dimasa sekarang maupun dimasa depan. Dalam konteks ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat mempengaruhi upaya manusia dalam mengembangkan dirinya , hal ini terjadi karena banyaknya perangkat teknologi informasi yang memudahkan manusia dalam mengembangkan dirinya. Dalam era ini segala sesuatu yang diinginkan bisa dengan mudah didapat oleh manusia sehingga menimbulkan dampak yang positif maupun negatif terutama bagi pelajar. Dampak positif yang timbul adalah mudahnya mendapatkan informasi dan mencari apa yang dibutuhkan dengan mudah , sedangkan dampak negatif yang timbul adalah menimbulkan gejala kemalasan pada pelajar untuk berusaha karena kemudahan dalam memperoleh informasi , sehingga ditakutkan akan melahirkan generasi penerus yang pragmatis karena rasa malas yang timbul akibat kemudahan informasi yang diperoleh. Oleh karena itu OSIS MAN 1 MODEL Bengkulu memandang perlu untuk dilaksanakan lomba Majalah Dinding Antar Kelas agar siswa dapat mewujudkan jiwa ekspresinya sekaligus penuangan gagasan dalam karya tulis yang akan ditaruh dalam majalah dinding. Dengan adanya majalah dinding ini mendorong rasa kratifitas siswa untuk menciptakan karya hasil orisinil dengan langsung menciptakan hasil karya.

B. Tujuan
                Adapun tujuan dari penyelenggaraan kegiatan lomba Mading antar kelas ini adalah :
                                 i.            Menyalurkan kreativitas siswa MAN 1 Model Bengkulu dalam menciptakan sebuah benda kreasi.
                               ii.            Meningkatkan semangat juang siswa/i MAN 1 Model Bengkulu dalam usaha menciptakan sebuah karya berupa majalah dinding.
                              iii.            Mengembangkan sikap kerja sama siswa/i MAN 1 Model Bengkulu dalam kelompok untul menciptakan sebuah karya majalah dinding.
                             iv.            Menambah pengetahuan dan wawasan siswa yang berasal dari berbagai sumber referensi untuk mengisi majalah dinding
                               v.            Mempererat hubungan antar pelajar se-MAN 1 Model Bengkulu.

C.Dasar Pemikiran
·         Program kerja pengurus OSIS MAN 1 Model Bengkulu periode 2011-2012
·         Hasil rapat kerja pengurus OSIS MAN 1 Model Bengkulu pada tanggal 2 juni 2012
·         Hasil rapat kerja koordinasi antara pengurus OSIS , Kepala sekolah , dan dewan guru MAN 1 Model Bengkulu pada tanggal 3 juni 2012 tentang pelaksanaan lomba MADING Antar Kelas



D. Sasaran Kegiatan
                Adapun sasaran dari pelaksanaan kegiatan perlombaan mading antar kelas adalah :
        I.            Siswa atau peserta didik mampu menyalurkan jiwa kreativitasnya secara positif dalam menghasilkan sebuah karya yaitu majalah dinding.
      II.            Siswa atau peserta didik terlatih untuk menggunakan daya imajinasi mereka untuk menciptakan bentuk-bentuk maupun susunan yang unik yang dituangkannya dalam pembuatan mading.
    III.            Siswa atau peserta didik terlatih untuk mencari dan mengembangkan informasi yang akan menjadi pengetahuan bagi mereka.

E. Substansi Kegiatan
·         Lomba mading dua dimensi
·         Lomba mading 3 dimensi
·         Lomba mading dengan bahan khusus yang terbuat dari :
§  Tumbuh-tumbuhan
§  Batu-batuan
§  Pasir
§  Kain batik
§  Kain perca

F. pelaksana kegiatan dan pihak-pihak yang terkait
                Adapun pelaksana dari kegiatan ini adalah :
·         Seluruh pengurus osis MAN 1 Model Bengkulu periode 2011-2012
·         Siswa/i MAN 1 Model Bengkulu di luar pengurus OSIS yang ditunjuk menjadi panitia
·         Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Kesenian MAN 1 Model Bengkulu
·         Kepala sekolah , dalam hal ini sebagai pihak yang terkait

G.  Waktu dan Tempat Kegiatan
a.       Lomba mading 2 dimensi
Hari/tanggal       : Jum’at 15 Juni 2012
Waktu                   : Pukul 08.00 s.d selesai
Tempat                : Ruang Aula MAN 1 Model Bengkulu
b.      Lomba mading 3 dimensi
Hari/tanggal : Jum’at 15 Juni 2012
Waktu : Pukul 08.00 s.d selesai
Tempat : Ruang Perpustakaan MAN 1 Model Bengkulu
c.       Lomba mading bahan-bahan khusus
Hari/tanggal : Sabtu , 16 juni 2012 
Waktu : Pukul 08.00 s.d selesai
Tempat : Ruang Aula MAN 1 Model Bengkulu

H. Sarana Pembiayaan
·         Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah)
·         Dana BOP (Bantuan Operasional Pendidikan)
·         Kas osis MAN 1 Model Periode 2011-2012
·         Sumbangan kelas
Total dana yang dibutuhkan : Rp 2.000.000,- (rincian terlampir)

I.Panitia
                Adapun susunan panitia dalam kegiatan ini kami lampirkan di dalam lampiran proposal.

Staf kesiswaan                                                                                                                  pembina osis


..................................                                                                                                   ........................................
Nip :                                                                                                                                       Nip :



Mengetahui
Kepala MAN 1 Model Bengkulu





.........................................
                                                                           Nip :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar