RUNDOWN
KEGIATAN KARYAWISATA KE PABRIK MODERN
NO
|
TUJUAN
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
KET
|
1
|
Melatih
kesigapan dan kedisiplinan anak berbakat
|
-pengumpulan
peserta di lapangan
-checking
perlengkapan yang dibawa siswa
|
08.00-08.15
08.15-08.30
|
-
|
2
|
Mengembangkan
kemampuan interpretasi anak berbakat atas suatu stimulus
|
-pemberian
pengarahan oleh guru pendamping yaitu guru fisika dan konselor.
-meminta
perwakilan siswa mengulangi kembali arahan yang telah diterima.
|
08.30-08.40
08.40-08.50
|
-
|
3
|
Mengembangkan
daya kreasi siswa dalam seni dan mengurangi kebosanan siswa dalam perjalanan
|
-bernyanyi
bersama selama di perjalanan
-bermain
tebak-tebakan
|
08.55-10.00
|
-
|
4
|
Melatih
ketepatan dan ketelitian siswa dalam mengamati suatu objek
|
-siswa
berkeliling pabrik didampingi pemandu dan guru pendamping bersama konselor
-siswa
diminta mencatat hal-hal penting yng ditemui
-siswa
diminta mencatat mekanisme penggunaan teknologi di pabrik sesuai dengan
pengamatan mereka
|
10.15-10.45
10.45-11.05
11.05-11.30
|
|
5
|
Mengembangkan
kemampuan komunikasi siswa
|
-tanya
jawab dengan pemandu di pabrik.
-pertemuan
dengan operator alat-alat modern di pabrik.
-wawancara
dengan operator di pabrik tentang penggunaan teknologi di industri.
|
11.30-12.00
12.00-12.45
|
|
6
|
Mengembangkan
kemampuan berfikir divergen siswa dan melatih kerja sama siswa
|
-penyusunan
laporan karyawisata yang dikerjakan secara berkelompok oleh siswa
|
setelah
kegiatan berakhir dengan tenggat waktu 2 hari
|
-
|
RUNDOWN
GAMES ‘’TEBAK BENDA’’
Tujuan
kegiatan :
1. Mengembangkan
kesigapan dan kedisiplinan anak berbakat
2.
Mengembangkan penyesuaian sosial anak
berbakat dalam kelompok
3.
Mengembangkan ketepatan dan kecermatan
anak berbakat
4. Mengembangkan
gagasan baru pada anak berbakat
No
|
Tujuan
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Ket
|
1
|
Mengembangkan
kesigapan dan kedisiplinan anak berbakat
|
-mengumpulkan
siswa ke taman sekolah.
-instruksi
kepada siswa untuk membentuk barisan
|
5
menit
|
-
|
2
|
Mengembangkan
penyesuaian sosial anak dalam berkelompok
|
-siswa
membentuk kelompok
-setiap
kelompok berunding menentukan ketua dan urutan dalam barisan
-siswa
saling memasangkan penutup mata kepada anggota kelompok
|
10
menit
|
-
|
3
|
Mengembangkan
ketepatan dan kecermatan interpretasi anak berbakat
|
-siswa
bergiliran mencium bau dari beberapa benda yang disiapkan dengan mata
tertutup
-siswa
diminta menyebutkan nama benda yang berdasarkan bau yang diciumnya
-kelompok
yang paling banyak menebak benar akan menjadi pemenang
|
20
menit
|
|
4
|
Mengembangkan
pemikiran baru dari anak berbakat
|
-siswa
diminta menyebutkan manfaat dari games yang mereka lakukan.
-siswa
diminta menuliskan strategi belajar berdasarkan games yang mereka lakukan.
|
7
menit
|
|
Rundown kegiatan ‘’Diskusi Karier’’
Tujuan
kegiatan :
1.mengembangkan
kecermatan siswa dalam pengamatan
2.mengembangkan
kemampuan komunikasi siswa
3.mengembangkan
rasa toleransi dan saling menghargai diantara siswa
4.mengetahui
arah orientasi karier siswa di masa depan
No
|
Tujuan
|
Kegiatan
|
waktu
|
ket
|
1
|
Mengembangkan
kecermatan siswa dalam pengamatan
|
-menonton
video tentang perencanaan karier
|
15
menit
|
-
|
2
|
Mengembangkan
kemampuan komunikasi siswa
|
-siswa
menceritakan kembali isi video menurut bahasanya
-siswa
menerangkan perasaannya setelah menonton video
|
10
menit
|
-
|
3
|
Mengembangkan
rasa toleransi dan saling menghargai diantara siswa
|
-siswa
dibagi ke dalam kelompok dan membahas perencanaan karier
-hasil
diskusi dibacakan dan mendapat tanggapan dari kelompok lain
|
30
menit
|
-
|
4
|
Mengetahui
arah orientasi karier siswa di masa depan
|
-siswa
menuliskan rencana karier yang akan ditempuhnya di masa depan.
|
5
menit
|
-
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar