Model Satuan Layanan BK
1.Materi layanan : pengenalan bentuk dan jenis perguruan tinggi
2. Sub materi layanan : pengenalan perguruan
tinggi
3. Jenis layanan : layanan orientasi
4. Fungsi layanan : fungsi pemahaman dan fungsi pengembangan dan
pemeliharaan
5. Bidang bimbingan : Bimbingan kelompok
6. Tugas bimbingan : memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai bentuk dan
jenis perguruan tinggi yang agar siswa dapat memilih perguruan tinggi yang sesuai
dengan bakat dan minatnya.
7. Rumusan kompetensi :
a)
Mengetahui
dan memahami jenis dan bentuk perguruan tinggi
b)
Dapat
menilai bentuk dan jenis perguruan tinggi yang sesuai dengan bakat dan minat
siswa.
8. Sasaran Layanan : Kelas XII Ips
9. Semester/waktu : Ganjil/ 2x pertemuan
10. Uraian
kegiatan :
·
Pertemuan I:
penjelasan mengenai perguruan tinggi , jenis
perguruan tinggi dan bentuk perguruan tinggi secara umum
·
Pertemuan II
: penjelasan mengenai contoh-contoh dari bentuk perguruan tinggi
11. Pengalaman Bimbingan : pendekatan CTL
Pertemuan 1 : - melalui tanya jawab antara
siswa dengan konselor di dalam kelas siswa tahu apa itu perguruan tinggi dan
mereka memahami mengapa mereka harus melanjutkan pendidikannya di perguruan
tinggi
-
Melalui
penjelasan dari konselor siswa mengetahui sistem belajar di perguruan tinggi
yang berbeda dengan sistem belajar di sekolah
Pertemuan 2
: - melalui diskusi atas tugas yang
diberikan konselor pada siswa
-
Siswa
menjelaskan contoh dari masing-masing perguruan tinggi dan teman-teman mereka
langsung bertanya. Dengan pembelajaran secara langsung ini siswa paham contoh
dari jenis-jenis dan bentuk perguruan tinggi.
-
Berdasarkan
penjelasan konselor , hasil tanya jawab siswa , minat dan bakat , serta
pengetahuan umum mereka maka siswa telah menetapkan pilihan mereka untuk
melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sesuai dengan bakat dan minat
mereka.
12. nilai-nilai yang harus dikembangkan
12.1
sebagai siswa yang menempuh pendidikan di sekolah:
a.
Mensyukuri
kesempatan yang didapat
b.
Menunjukkan
kesiapan dalam setiap evaluasi belajar
c.
Optimistis
untuk menata masa depan untuk kehidupan yang lebih baik.
d.
Semangat
untuk melanjutkan pendidikan tidak hanya sebatas pada jenjang SLTA
12.2
pengembangan diri
a.
Mengikuti
kegiatan belajar dengan sungguh-sungguh
b.
Selalu
mengingat akan Tuhan dalam bentuk beribadah kepadanya agar tujuan belajar
tercapai
c.
Belajar
dengan tekun untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diinginkan
d.
Semangat dan
kreativitas untuk menata kehidupan yang lebih baik di masa depan.
13. sumber belajar :
brosur universitas , modul pembelajaran
14. metode : ceramah bervariasi , diskusi , dan pemberian tugas
15. tempat : ruang kelas XII ips
16. penyelenggara : guru pembimbing (konselor)
17. pihak yang diikutkan : wali kelas dan orangtua
18. penilaian :
a.
unsur yang dinilai : 1. Pemahaman
materi
2.
pengetahuan yang diserap oleh siswa dalam materi
3. rencana
siswa untuk melanjutkan pendidikan di PT
b.
teknik penilaian : 1. Pos tes (
lisan dan tulisan )
2. pengamatan (observasi )
c.
media penilaian : 1. Ruang kelas
2. kerja sama dengan wali kelas dan orang tua
19. tindak lanjut : 1. Menyalurkan dan mengarahkan siswa
ke dalam penerimaan
Perguruan tinggi sesuai
dengan bakat dan minatnya.
2. konseling bagi siswa yang masih bingung
untuk melanjutkan
Pendidikan ke perguruan tinggi.
20. catatan khusus :
( hal-hal yang sangat penting terjadi selama
proses kegiatan berlangsung untuk menjadi perhatian berikutnya )
Memeriksa/ mengetahui Bengkulu
,
Kepala Sekolah, Guru
Pembimbing ,
...................................................... ......................................................
NIP:............................................. NIP
:.............................................
Nama : Reno
Agung Laksono
Npm :
A1L011010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar