Jumat, 05 April 2013

satuan layanan BK


Model Satuan Layanan BK
1.Materi layanan             : pengenalan bentuk dan jenis perguruan tinggi
2. Sub materi layanan    : pengenalan perguruan tinggi
3. Jenis layanan                : layanan orientasi
4. Fungsi layanan            : fungsi pemahaman dan fungsi pengembangan dan pemeliharaan
5. Bidang bimbingan      : Bimbingan kelompok
6. Tugas bimbingan         : memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai bentuk dan jenis perguruan tinggi yang agar siswa dapat memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan bakat dan minatnya.
7. Rumusan kompetensi :
a)      Mengetahui dan memahami jenis dan bentuk perguruan tinggi
b)     Dapat menilai bentuk dan jenis perguruan tinggi yang sesuai dengan bakat dan minat siswa.
8. Sasaran Layanan         : Kelas XII Ips
9. Semester/waktu        : Ganjil/ 2x pertemuan
10.  Uraian kegiatan :
·         Pertemuan I: penjelasan mengenai perguruan tinggi , jenis  perguruan tinggi dan bentuk perguruan tinggi secara umum
·         Pertemuan II : penjelasan mengenai contoh-contoh dari bentuk perguruan tinggi
11. Pengalaman Bimbingan : pendekatan CTL
Pertemuan 1 : - melalui tanya jawab antara siswa dengan konselor di dalam kelas siswa tahu apa itu perguruan tinggi dan mereka memahami mengapa mereka harus melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi
-          Melalui penjelasan dari konselor siswa mengetahui sistem belajar di perguruan tinggi yang berbeda dengan sistem belajar di sekolah
Pertemuan 2 :  - melalui diskusi atas tugas yang diberikan konselor pada siswa
-          Siswa menjelaskan contoh dari masing-masing perguruan tinggi dan teman-teman mereka langsung bertanya. Dengan pembelajaran secara langsung ini siswa paham contoh dari jenis-jenis dan bentuk perguruan tinggi.
-          Berdasarkan penjelasan konselor , hasil tanya jawab siswa , minat dan bakat , serta pengetahuan umum mereka maka siswa telah menetapkan pilihan mereka untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sesuai dengan bakat dan minat mereka.
12. nilai-nilai yang harus dikembangkan
                12.1 sebagai siswa yang menempuh pendidikan di sekolah:
a.       Mensyukuri kesempatan yang didapat
b.       Menunjukkan kesiapan dalam setiap evaluasi belajar
c.       Optimistis untuk menata masa depan untuk kehidupan yang lebih baik.
d.       Semangat untuk melanjutkan pendidikan tidak hanya sebatas pada jenjang SLTA
12.2 pengembangan diri
a.       Mengikuti kegiatan belajar dengan sungguh-sungguh
b.       Selalu mengingat akan Tuhan dalam bentuk beribadah kepadanya agar tujuan belajar tercapai
c.       Belajar dengan tekun untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diinginkan
d.       Semangat dan kreativitas untuk menata kehidupan yang lebih baik di masa depan.
13. sumber belajar                         : brosur universitas , modul pembelajaran
14. metode                                         : ceramah bervariasi , diskusi  , dan pemberian tugas
15. tempat                                          : ruang kelas XII ips
16. penyelenggara                          : guru pembimbing (konselor)
17. pihak yang diikutkan             : wali kelas dan orangtua
18. penilaian                                      :
                a. unsur yang dinilai       : 1. Pemahaman materi
                                                                   2. pengetahuan yang diserap oleh siswa dalam materi
                                                                   3. rencana siswa untuk melanjutkan pendidikan di PT
                b. teknik penilaian          : 1. Pos tes ( lisan dan tulisan )
                                                                  2. pengamatan (observasi )
                c. media penilaian           : 1. Ruang kelas
                                                                  2. kerja sama dengan wali kelas dan orang tua
19. tindak lanjut                              : 1. Menyalurkan dan mengarahkan siswa ke dalam penerimaan
                                                                      Perguruan tinggi sesuai dengan bakat dan minatnya.
                                                                  2. konseling bagi siswa yang masih bingung untuk melanjutkan
                                                                       Pendidikan ke perguruan tinggi.
20. catatan khusus                          :
( hal-hal yang sangat penting terjadi selama proses kegiatan berlangsung untuk menjadi perhatian berikutnya )


Memeriksa/ mengetahui                                                                                             Bengkulu ,
Kepala Sekolah,                                                                                                                Guru Pembimbing ,



......................................................                                                                                          ......................................................
NIP:.............................................                                                                                          NIP :.............................................

  




Nama : Reno Agung Laksono
Npm : A1L011010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar