BUTIR
INSTRUMEN EVALUASI OUTPUT LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
1.
Bagaimana keakraban yang telah dibangun
konselor kepada seluruh siswa dalam bimbingan kelompok ?
a. Sangat
Baik: apabila seluruh siswa bimbingan kelompok dan konselor memiliki hubungan
yang sangat akrab , tidak canggung , dan sudah mampu berbaur.
b. Baik
: apabila antara seluruh siswa bimbingan kelompok dan konselor memiliki
hubungan yang akrab dan tidak canggung namun belum mampu berbaur.
c. Sedang
: apabila antara seluruh siswa bimbingan kelompok dan konselor memiliki
hubungan yang baik namun masih canggung.
d. Kurang
: apabila antara seluruh siswa dan konselor sudah saling mengenal tapi masih
belum mampu membangun keakraban.
e. Sangat
kurang : apabila antara seluruh siswa dan konselor hanya saling mengenal.
2.
Bagaimana sikap siswa terhadap konselor
setelah konselor membangun keakraban dengan mereka ?
a. Sangat
baik : siswa menjadi sangat akrab , lebih terbuka, ingin bercerita , dan sangat
antusias ingin bertemu dengan konselor.
b. Baik
: siswa menjadi sangat akrab , lebih terbuka , ingin bercerita , namun sikapnya
biasa bertemu dengan konselor.
c. Sedang
: siswa menjadi akrab dan terbuka kepada konselor namun ketika bercerita masih
ada beberapa hal yang disembunyikan.
d. Kurang
: siswa cukup akrab kepada konselor namun tidak terbuka dalam menceritakan
masalahnya.
e. Sangat
kurang : siswa tetap tidak mau akrab dan terbuka dalam menceritakan masalahnya
kepada konselor.
3.
Bagaimana reaksi guru terhadap konselor
setelah berhasil membangun keakraban dengan siswa dalam Bimbingan kelompok ?
a. Sangat
baik : guru sangat apresiatif terhadap keberhasilan konselor membangun
keakraban dengan siswa dan guru tersebut mendukung upaya konselor serta
terlibat bersama konselor untuk melaksanakan bimbingan kelompok.
b. Baik
: guru sangat apresitaif terhadap keberhasilan konselor membangun keakraban
dengan siswa dan guru tersebut mendukung upaya konselor dalam bimbingan
kelompok.
c. Sedang
: guru cukup apresitaif terhadap keberhasilan konselor membangun keakraban
dengan siswa namun dukungannya kurang maksimal kepada konselor dalam Bimbingan
kelompok.
d. Kurang
: guru kurang apresiatif terhadap keberhasilan konselor membangun keakraban
kepada siswa dan tidak mendukung layanan Bimbingan kelompok.
e. Sangat
kurang : guru tidak apresiatif terhadap keberhasilan konselor membangun
keakraban dengan siswa dan tidak peduli terhadap jalannya Bimbingan kelompok.
4.
Bagaimana tanggapan kepala sekolah
terhadap hasil dari proses tahap pembentukan konselor dalam proses layanan
Bimbingan kelompok ?
a. Sangat
baik : kepala sekolah sangat mengapresiasi hasil dari proses tahap pembentukan yang
dijalankan oleh konselor dalam bimbingan kelompok dan sangat mendukung konselor
untuk dekat dengan siswa serta memberikan masukan , kritik , dan saran dari
hasil proses tahap pembentukan Bimbingan kelompok.
b. Baik
: kepala sekolah mengapresiasi hasil dari proses tahap pembentukan dalam
bimbingan kelompok dan memberikan dukungan kepada konselor namun tidak
memberikan masukan secara jelas.
c. Sedang
: kepala sekolah memberikan penilaian baik terhadap hasil kerja konselor dalam
tahapan pembentukan namun tidak ada masukan yang diberikan
d. Kurang
: kepala sekolah memberikan penilaian kurang baik dan kurang ada pengarahan
untuk perbaikan hasil.
e. Sangat
kurang : kepala sekolah sama sekali acuh dan tidak memberikan penilaian
terhadap hasil kerja konselor.
5.
Bagaimana perasaan siswa setelah
mengenal dan mulai dekat kepada konselor ?
a. Sangat
baik : siswa menjadi lebih tenang , merasa nyaman , dan perasaan percaya kepada
konselor telah tumbuh melalui proses tahap pembentukan.
b. Baik
: siswa menjadi lebih tenang , merasa nyaman , dan perasaan percaya kepada
konselor telah tumbuh melalui proses tahap pembentukan walau masih ada sedikit
keraguan di dalam diri siswa.
c. Sedang
: siswa menjadi lebih tenang , merasa nyaman di dekat konselor namun perasaan
percaya kepada konselor belum tumbuh secara sempurna.
d. Kurang
: siswa menjadi tenang , namun belum merasa nyaman di dekat konselor dan rasa
percaya terhadap konselor belum tumbuh walau telah melewati tahap pembentukan.
e. Sangat
kurang : siswa sama sekali tidak merasa nyaman dan tenang saat berada di dekat
konselor sehingga rasa percaya tidak pernah tumbuh sama sekali terhadap
konselor walau telah melewati tahap pembentukan.
6.
Bagaimana reaksi orangtua terhadap hasil
dari proses tahap pembentukan dalam bimbingan kelompok ?
a. Sangat
baik : orangtua sangat menanggapi hasil dari tahap pembentukan yang
dilaksanakan konselor dan mereka memberikan penilaian positif serta memberikan
masukan guna untuk pelaksanaan tahap berikutnya dalam bimbingan kelompok.
b. Baik
: orangtua menanggapi hasil dari tahap pembentukan yang dilaksanakan konselor
dan memberikan penilaian positif.
c. Sedang
: orangtua menanggapi hasil dari tahap pembentukan yang dilaksanakan oleh
konselor dan memberikan penilaian positif dengan beberapa catatan yang harus
diperhatikan oleh konselor.
d. Kurang
: orangtua kurang menanggapi hasil dari tahap pembentukan yang dilaksanakan
konselor dalam bimbingan kelompok dan penilaian yang diberikan orangtua kepada
konselor kurang jelas.
e. Sangat
kurang : orangtua tidak menanggapi hasil dari tahap pembentukan yang
dilaksanakan konselor dalam bimbingan kelompok dan tidak memberikan penilaian
yang positif.
7.
Bagaimana hasil dari keseluruhan tahap
pembentukan menurut konselor ?
a. Sangat
baik : hasil dari tahap pembentukan sesuai dengan harapan konselor dan memenuhi
tahapan-tahapan yang telah dirancang konselor dalam satuan layanan bimbingan
kelompok.
b. Baik
: hasil dari tahap pembentukan sesuai dengan harapan konselor dan memenuhi tahapan-tahapan
yang dirancang konselor namun tidak tertuang secara jelas dalam satuan layanan
bimbingan kelompok.
c. Sedang
: hasil dari tahap pembentukan sesuai dengan harapan konselor , namun sebagian
tahapan-tahapan yang dirancang konselor tidak terpenuhi dan tidak ada satuan
layanan dalam bimbingan kelompok.
d. Kurang
: hasil dari tahap pembentukan kurang sesuai dengan harapan konselor dan tidak
ada tahapan-tahapan yang dirancang konselor terpenuhi dalam kegiatan bimbingan
kelompok.
e. Sangat
kurang : hasil dari tahap pembentukan tidak sesuai dengan harapan konselor dan
konselor tidak merencang tahapan-tahapan bimbingan kelompok dalam satuan
layanan bimbingan kelompok.
Tahap Peralihan
8.
Bagaimana penstrukturan yang telah
dijelaskan oleh konselor kepada seluruh siswa dalam bimbingan kelompok ?
a. Sangat
baik : penstrukturan dijelaskan oleh konselor secara rinci , jelas ,
terstruktur , dan dapat dipahami siswa dengan maksimal.
b. Baik
: penstrukturan dijelaskan oleh konselor secara rinci , jelas , dan terstruktur
, dan dapat dipahami oleh siswa namun kurang jelas.
c. Sedang
: penstrukturan dijelaskan oleh konselor secara rinci , jelas , terstruktur ,
dan dapat dipahami oleh siswa namun tidak secara maksimal.
d. Kurang
: penstrukturan dijelaskan oleh konselor secara rinci , jelas , dan terstruktur
namun siswa tidak mampu memahaminya.
e. Tidak
ada penstrukturan yang diterima siswa dari konselor.
9.
Bagaimana perilaku siswa dalam bimbingan
kelompok setelah mendapat penjelasan mengenai penstrukturan bimbingan kelompok
dari konselor ?
a. Sangat
baik : siswa mengalami perubahan perilaku positf yang drastis dalam proses
layanan bimbingan kelompok dan menjadi sangat antusias mengikuti proses
bimbingan kelompok setelah mengetahui struktur kegiatan bimbingan kelompok.
b. Baik
: siswa mengalami perubahan perilaku yang positif dalam proses layanan
bimbingan kelompok dan menjadi aktif dalam proses bimbingan kelompok namun
antusiasnya sedikit kurang.
c. Sedang
: siswa mengalami perubahan perilaku yang positif dalam proses layanan
bimbingan kelompok dan menjadi aktif dalam kegiatan namun tidak antusias.
d. Kurang
: siswa kurang mengalami perubahan perilaku yang positif dalam proses layanan
bimbingan kelompok dan kurang aktif dalam kegiatan bimbingan kelompok.
e. Sangat
kurang : siswa tidak mengalami perubahan perilaku positif dalam kegiatan ,
tidak aktif , dan tidak antusias dalam kegiatan bimbingan kelompok.
10.
Bagaimana hasil penjelasan ulang siswa
terhadap struktur kegiatan bimbingan kelompok setelah menyimak penjelasan
struktur kegiatan dari konselor ?
a. Sangat
baik : siswa mampu menjelaskan secara utuh , lengkap , terstruktur , dan mampu
mengurutkan tahap penstrukturan kegiatan dengan baik.
b. Baik
: siswa mampu menjelaskan secara utuh , lengkap , dan terstruktur namun dalam
menjelaskan urutan kegiatan sedikit kurang tepat.
c. Sedang
: siswa mampu menjelaskan secara utuh , lengkap , namun dalam penjelasan
tahapan kegiatan bimbingan kelompok tidak terstruktur.
d. Kurang
: siswa mampu menjelaskan kegiatan secara utuh namun dalam penjelasan
bagian-bagiannya kurang lengkap dan tahapan tidak terstruktur.
e. Sangat
kurang : siswa tidak mampu menjelaskan kembali apa yang telah dijelaskan oleh
konselor mengenai struktur kegiatan bimbingan kelompok.
11.
Bagaimana penilaian kepala sekolah
terhadap hasil penjelasan struktur kegiatan bimbingan kelompok yang dijelaskan
kepada siswa oleh konselor ?
a. Sangat
baik : kepala sekolah menilainya sangat bagus , memberikan apresiasi kepada
konselor , dan mendukung penuh serta memberikan fasilitas untuk proses kegiatan
layanan bimbingan kelompok.
b. Baik
: kepala sekolah menilai bagus , memberikan apresiasi kepada konselor , dan
mendukung penuh kegiatan layanan bimbingan kelompok.
c. Sedang
: kepala sekolah menilai cukup bagus , memberikan apresiasi , namun memberikan
beberapa catatan yang harus diperhatikan oleh konselor guna mendapat dukungan
dari kepala sekolah.
d. Kurang
: kepala sekolah menilai kurang bagus , kurang memberikan apresiasi , dan tidak
mau mendukung kegiatan layanan bimbingan kelompok setelah melihat hasil
penstrukturan.
e. Sangat
kurang : kepala sekolah sikapnya acuh tak acuh dan hanya menyoroti kekurangan
konselor dalam kegiatan layanan bimbingan kelompok.
12.
Bagaimana penilaian hasil kegiatan tahap
penstrukturan yang dilaksanakan konselor oleh guru pelajaran ?
a. Sangat
baik : penilaian oleh guru terhadap hasil kegiatan penstrukturan sangat bagus
dan memberikan apresiasi yang baik terhadap hasil dari tahap penstrukturan yang
dilaksanakan konselor pada siswa serta memberikan masukan-masukan positif untuk
tahap berikutnya.
b. Baik
: penilaian oleh guru terhadap hasil kegiatan penstrukturan bagus dan guru
memberikan apresiasi terhadap hasil kegiatan penstrukturan dalam bimbingan
kelompok.
c. Sedang
: penilaian oleh guru terhadap hasil kegiatan penstrukturan bagus dan guru
memberikan apresiasi kepada konselor , namun dukungan guru tidak maksimal.
d. Kurang
: penilaian oleh guru terhadap hasil kegiatan penstrukturan kurang bagus dan
guru tidak memberikan apresiasi terhadap hasil kegiatan tahap penstrukturan.
e. Sangat
kurang : guru bersikap acuh tak acuh terhadap hasil kegiatan tahap
penstrukturan dan tidak memberikan apresiasi kepada konselor.
13.
Bagaimana penilaian orangtua terhadap
hasil kegiatan tahap penstrukturan yang dilaksanakan oleh konselor di sekolah ?
a. Sangat
baik : penilaian orangtua terhadap hasil
kegiatan penstrukturan yang dilaksanakan konselor sangat bagus ,
memberikan apresiasi yang baik , dan memberikan masukan-masukan yang positif
kepada konselor untuk tahap berikutnya.
b. Baik
: penilaian orangtua terhadap hasil kegiatan penstrukturan bagus dan orangtua
memberikan apresiasi yang baik terhadap kinerja konselor dalam bimbingan
kelompok.
c. Sedang
: penilaian orangtua terhadap hasil kegiatan penstrukturan bagus dan orangtua
memberikan apresiasi kepada konselor , namun dukungan orangtua tidak maksimal.
d. Kurang
: penilaian oleh orangtua terhadap hasil kegiatan penstrukturan kurang bagus
dan orangtua tidak memberikan apresiasi terhadap hasil kegiatan tahap
penstrukturan.
e. Sangat
kurang : orangtua bersikap acuh terhadap hasil kegiatan tahap penstrukturan dan
tidak memberikan apresiasi terhadap konselor.
14.
Bagaimana keaktifan siswa setelah
mengikuti tahap penstrukturan dalam bimbingan kelompok ?
a. Sangat
baik : keaktifan siswa menjadi sangat meningkat dan siswa mampu mengeluarkan
semua gagasannya dalam kegiatan bimbingan kelompok.
b. Baik
: keaktifan siswa meningkat dan siswa mampu mengeluarkan pendapat dan
gagasannya dalam bimbingan kelompok namun masih ada sedikit yang tidak
dikeluarkan siswa.
c. Sedang
: keaktifan siswa cukup meningkat , namun siswa hanya mengungkapkan sebagian gagasan
dan pendapatnya dalam kegiatan bimbingan kelompok.
d. Kurang
: keaktifan siswa kurang meningkat , namun siswa hanya sedikit mengungkapkan
sebagian gagasan kepada konselor.
e. Sangat
kurang : keaktifan siswa tidak meningkat , dan siswa tidak mau mengungkapkan
gagasan dan pendapatnya dalam bimbingan kelompok.
15.
Bagaimana hasil dari tahap penstrukturan
secara keseluruhan yang telah dilaksanakan oleh konselor ?
a. Sangat
baik : hasil dari kegiatan tahap penstrukturan secara umum bagus , sesuai dengan harapan
konselor , dan hasilnya dipahami secara menyeluruh dan mendalam oleh siswa.
b. Baik
: hasil dari kegiatan tahap penstrukturan secara umum bagus , sesuai dengan
harapan konselor , dan hasilnya dapat dipahami oleh siswa namun masih ada
beberapa hal yang masih kurang dipahami siswa.
c. Sedang
: hasil dari kegiatan tahap penstrukturan secara umum bagus , sesuai dengan
harapan konselor , namun siswa hanya mampu memahami sebagian penjelasan
struktur kegiatan bimbingan kelompok.
d. Kurang
: hasil dari kegiatan tahap penstrukturan secara umum kurang bagus namun masih
memenuhi sedikit harapan konselor dan penjelasan struktur kegiatan oleh
konselor tidak dimengerti oleh siswa.
e. Sangat
kurang : hasil dari kegiatan tahap penstrukturan secara umum tidak bagus dan
tidak memenuhi harapan konselor dsan penjelasan struktur kegiatan oleh konselor
tidak dimengerti oleh siswa.
Tahap eksplorasi
16.
Bagaimana sikap siswa terhadap
pembahasan masalah yang dibahas dalam bimbingan kelompok ?
a. Sangat
baik : siswa jujur , terbuka , dan sukarela dalam pembahasan masalah yang
dibahas dalam bimbingan kelompok.
b. Baik
: siswa terbuka dan sukarela dalam menceritakan masalahnya namun tingkat
kejujuran masih sedikit kurang
c. Sedang
: siswa terbuka dan sukarela menceritakan masalahnya namun tingkat kejujuran
masih diragukan.
d. Kurang
: siswa sukarela dalam menceritakan masalahnya namun tidak jujur dan tidak
terbuka.
e. Sangat
kurang : siswa tidak terbuka , tidak jujur , dan tidak sukarela sehingga hasil
keterangannya sangat diragukan.
17.
Bagaimana hasil dari proses berbagi
informasi dalam bimbingan kelompok ?
a. Sangat
baik : banyak informasi yang dibagikan baik itu dari konselor maupun dari siswa
dan antara siswa dan konselor saling memahami informasi yang telah diberikan.
b. Baik
: banyak informasi yang dibagikan baik itu dari konselor maupun dari siswa
namun untuk pemahaman informasi hanya informasi dari konselor saja yang cukup
baik untuk dipahami.
c. Sedang
: banyak informasi yang dibagikan , namun sebagian besar dari konselor dan
informasi dari siswa kurang sehingga siswa hanya memahami informasi konselor.
d. Kurang
: sedikit informasi yang dibagikan dan hanya berasal dari konselor dan siswa
tidak memahami informasi yang diberikan.
e. Sangat
kurang : tidak ada informasi yang dibagikan baik itu dari konselor maupun dari
siswa.
18.
Bagaimana hasil dari proses pengembangan
diri siswa dalam bimbingan kelompok ?
a. Sangat
baik : proses pengembangan diri siswa berjalan dengan sangat baik dan konselor
mampu mengembangkan diri siswa serta siswa aktif dalam kegiatan pengembangan
diri di dalam bimbingan kelompok.
b. Baik
: proses pengembangan diri siswa berjalan dengan baik dan konselor mampu
mengembangkan diri siswa , namun siswa sedikit kurang aktif dalam kegiatan
pengembangan diri dalam bimbingan kelompok.
c. Sedang
: proses pengembangan diri siswa berjalan dengan baik dan konselor mampu
mengembangkan diri siswa namun siswa tidak aktif dalam kegiatan pengembangan
diri dalam bimbingan kelompok.
d. Kurang
: proses pengembangan diri siswa berjalan dengan baik , namun siswa konselor
kurang mampu mengembangkan diri siswa dan siswa tidak aktif dalam kegiatan
pengembangan diri di dalam bimbingan kelompok.
e. Sangat
kurang : proses pengembangan diri siswa tidak berjalan dengan baik dan konselor
gagal dalam mengembangkan diri siswa dalam kegiatan bimbingan kelompok.
19.
Bagaimana hasil dari materi pencegahan
atas perbuatan menyimpang yang disampaikan di dalam kegiatan Bimbingan kelompok
?
a. Sangat
baik : siswa mampu mengerti materi tentang pencegahan perbuatan menyimpang ,
sangat memahami , dan siswa berkomitmen untukmenjalankan pengetahuan yang telah
diperolehnya.
b. Baik
: siswa mampu mengerti materi tentang pencegahan perbuatan menyimpang , siswa
memahaminya , namun belum mampu berkomitmen untuk menerapkan pengetahuan yang
diperolehnya.
c. Sedang
: siswa mampu mengerti materi tentang pencegahan perbuatan menyimpang , namun
siswa belum memahaminya dan tidak mampu berkomitmen untuk menerapkannya.
d. Kurang
: siswa hanya mampu mengerti sebagian materi tentang pencegahan perbuatan
menyimpang dan siswa tidak mampu memahami serta menerapkan materi tersebut.
e. Sangat
kurang : siswa tidak mengerti materi , tidak mampu memahami materi , dan tidak
mampu menerapkan materi tentang pencegahan perbuatan menyimpang.
20.
Bagaimana hasil pengenalan sikap dan
kebiasaan baik pada siswa di dalam proses Bimbingan kelompok ?
a. Sangat
baik : siswa mampu mengerti , memahami materi yang diberikan , dan mampu
berkomitmen untuk menerapkan materi yang telah diberikan.
b. Baik
: siswa mampu mengerti , memahami materi yang diberikan , namun belum siap
berkomitmen untuk menerapkan materi yang diberikan.
c. Sedang
: siswa mampu mengerti materi yang diberikan , namun kurang memahaminya , dan
tidak siap berkomitmen untuk menerapkan materi yang diberikan.
d. Kurang
: siswa kurang mengerti materi yang diberikan , dan tidak mampu memahami serta
menerapkan materi yang diberikan.
e. Sangat
kurang : siswa tidak mengerti materi yang diberikan , tidak mampu memahami dan
menerapkan materi yang diberikan.
21.
Bagaimana hasil dari bimbingan kelompok
berkaitan dengan pengenalan kelemahan diri siswa menurut pandangan guru ?
a. Sangat
baik : siswa mampu mengenali kelemahan dirinya , terbuka pada guru tentang
kelemahan dirinya , dan meminta nasehat kepada guru dan konselor untuk
memperbaiki kelemahan diri siswa.
b. Baik
: siswa mampu mengenali kelemahan dirinya , terbuka pada guru tentang kelemahan
dirinya , namun belum mau meminta nasehat kepada guru dan konselor.
c. Sedang
: siswa mampu mengenali kelemahan dirinya , mulai terbuka pada guru tetapi ada
beberapa kelemahan yang masih disembunyikan , dan tidak mau meminta nasehat.
d. Kurang
: siswa kurang mampu mengenali kelemahan dirinya , kurang terbuka pada guru dan
tidak mau meminta nasehat.
e. Sangat
kurang : siswa tidak mampu mengenali kelemahan dirinya , tidak mau terbuka dan
meminta nasehat kepada guru.
22.
Bagaimana hasil dari bimbingan kelompok
tentang peningkatan kemampuan komunikasi siswa menurut pihak-pihak non-guru di
sekolah ?
a. Sangat
baik : siswa mampu berkomunikasi sangat baik dengan pihak-pihak non-guru di
sekolah dan pola komunikasinya jauh lebih baik dari sebelumnya.
b. Baik
: siswa mampu berkomunikasi dengan baik kepada pihak-pihak non-guru disekolah
dan pola komunikasinya lebih baik dari sebelumnya.
c. Sedang
: siswa mampu berkomunikasi dengan baik kepada pihak-pihak non-guru yang ada di
sekolah dan pola komunikasinya sedikit lebih baik dari sebelumnya.
d. Kurang
: siswa kurang mampu berkomunikasi dengan baik kepada pihak-pihak non-guru
disekolah dan pola komunikasinya hampir sama dengan sebelumnya.
e. Sangat
kurang : siswa tetap tidak mampu berkomunikasi dengan baik kepada pihak-pihak
non-guru yang ada di sekolah dan pola komunikasinya tidak ada perubahan.
23.
Bagaimana hasil dari kegiatan bimbingan
kelompok terhadap pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik menurut
wali kelas?
a. Sangat
baik : jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan
belajar yang baik secara sangat drastis dan siswa menjadi sangat aktif saat
belajar di kelas.
b. Baik
: jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar
yang baik secara drastis dan siswa menjadi aktif saat belajar di kelas.
c. Sedang
: jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar
yang baik secara cukup drastis dan siswa menjadi cukup aktif saat belajar di
kelas.
d. Rendah
: jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar
yang baik secara kurang drastis dan siswa menjadi kurang aktif saat belajar di
kelas.
e. Sangat
rendah : jika hasil bimbingan kelompok tidak mampu mengembangkan sikap dan
kebiasaan belajar yang dan siswa tidak aktif saat belajar di kelas.
24.
Bagaimana hasil dari kegiatan bimbingan
kelompok terhadap pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik menurut
wali murid?
a. Sangat
baik : jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan
belajar yang baik secara sangat drastis dan siswa menjadi sangat aktif saat
belajar di rumah.
b. Baik
: jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar
yang baik secara drastis dan siswa menjadi aktif saat belajar di rumah.
c. Sedang
: jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar
yang baik secara cukup drastis dan siswa menjadi cukup aktif saat belajar di
rumah.
d. Rendah
: jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar
yang baik secara kurang drastis dan siswa menjadi kurang aktif saat belajar di
rumah.
e. Sangat
rendah : jika hasil bimbingan kelompok tidak mampu mengembangkan sikap dan
kebiasaan belajar yang dan siswa tidak aktif saat belajar di rumah.
25.
Bagaimana penguasaan teknologi siswa
setelah mengikuti bimbingan kelompok menurut guru mata pelajaran TIK?
a. Sangat
baik : jika siswa sangat menguasai teori dan mampu mempraktikkannya dengan
sangat baik.
b. Baik
: jika siswa menguasai teori dan mampu mempraktikkannya dengan baik
c. Sedang
: jika siswa cukup menguasai teori dan mampu mempraktikkannya dengan cukup
baik.
d. Rendah
: jika siswa kurang menguasai teori dan kurang mampu mempraktikkannya dengan
baik.
e. Sangat
rendah : jika siswa tidak menguasai teori dan tidak mampu mempraktikkannya
dengan baik.
26.
Bagaimana penguasaan seni siswa setelah
mengikuti bimbingan kelompok menurut guru mata pelajaran Kesenian?
a. Sangat
baik : jika siswa sangat menguasai teori dan mampu mempraktikkannya dengan
sangat baik.
b. Baik
: jika siswa menguasai teori dan mampu mempraktikkannya dengan baik.
c. Sedang
: jika siswa cukup menguasai teori dan mampu mempraktikkannya dengan cukup
baik.
d. Rendah
: jika siswa kurang menguasai teori dan kurang mampu mempraktikkannya dengan
baik.
e. Sangat
rendah : jika siswa tidak menguasai teori dan tidak mampu mempraktikkannya
dengan baik.
27.
Bagaimanakah pemahaman siswa terhadap
orientasi karier dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok?
a. Sangat
baik : jika siswa sangat mampu memahami orientasi karier dan dunia kerja dalam
bimbingan kelompok serta mampu untuk menerapkannya dengan sangat baik.
b. Baik
: jika siswa mampu memahami orientasi karier dan dunia kerja dalam bimbingan
kelompok serta mampu untuk menerapkannya dengan baik.
c. Sedang
: jika siswa cukup mampu memahami orientasi karier dan dunia kerja dalam
bimbingan kelompok serta mampu untuk menerapkannya dengan cukup baik.
d. Rendah
: jika siswa kurang mampu memahami orientasi karier dan dunia kerja dalam
bimbingan kelompok serta kurang mampu untuk menerapkannya dengan baik.
e. Sangat
rendah : jika siswa tidak mampu memahami orientasi karier dan dunia kerja dalam
bimbingan kelompok serta tidak mampu untuk menerapkannya dengan baik.
28.
Bagaimana pemahaman siswa terhadap hasil
penempatan dan penyaluran karier dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok yang
dilakukan oleh konselor?
a. Sangat
baik : jika siswa sangat mampu memahami hasil penempatan dan penyaluran karier
dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok serta mampu untuk menerapkannya dengan
sangat baik.
b. Baik
: jika siswa mampu memahami hasil penempatan dan penyaluran karier dan dunia
kerja dalam bimbingan kelompok serta mampu untuk menerapkannya dengan baik.
c. Sedang
: jika siswa cukup mampu memahami hasil penempatan dan penyaluran karier dan
dunia kerja dalam bimbingan kelompok serta mampu untuk menerapkannya dengan
cukup baik.
d. Rendah
: jika siswa kurang mampu memahami hasil penempatan dan penyaluran karier dan
dunia kerja dalam bimbingan kelompok serta kurang mampu untuk menerapkannya dengan
baik.
e. Sangat
rendah : jika siswa tidak mampu memahami hasil penempatan dan penyaluran karier
dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok serta tidak mampu untuk menerapkannya
dengan baik.
29.
Bagaimana pemahaman siswa terhadap
orientasi dan informasi perguruan tinggi sesuai dengan karier yang hendak
dikembangkkannya?
a. Sangat
baik : jika sangat mampu memahami dan sangat mampu menentukan pilihan perguruan
tinggi sesuai pengembangan kariernya.
b. Baik
: jika mampu memahami dan mampu menentukan pilihan perguruan tinggi sesuai
pengembangan kariernya.
c. Sedang
: jika kurang mampu memahami dan kurang mampu menentukan pilihan perguruan
tinggi sesuai pengembangan kariernya.
d. Rendah
: jika kurang mampu memahami dan kurang mampu menentukan pilihan perguruan
tinggi sesuai pengembangan kariernya.
e. Sangat
rendah : jika tidak mampu memahami dan tidak mampu menentukan pilihan perguruan
tinggi sesuai pengembangan kariernya.
30.
Bagaimana kemantapan pengambilan
keputusan dan perencanaan masa depan siswa?
a. Sangat
baik : jika siswa sangat mantap dalam pengambilan keputusan dan perencanaan
masa depannya.
b. Baik
: jika siswa mantap dalam pengambilan keputusan dan perencanaan masa depannya.
c. Sedang
: jika siswa cukup mantap dalam pengambilan keputusan dan perencanaan masa
depannya.
d. Rendah
: jika siswa kurang mantap dalam pengambilan keputusan dan perencanaan masa
depannya.
e. Sangat
rendah : jika siswa tidak mantap dalam pengambilan keputusan dan perencanaan
masa depannya.
31.
Bagaimana kesan siswa terhadap bimbingan
kelompok yang telah dilakukan?
a. Sangat
baik
Siswa
sangat senang dengan kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan dan telah
memahami makna dari pembahasan masalah serta mampu menanggulangi masalahnya
secara mandiri
b. Baik
Siswa
senang dengan kegiatan bimbingan kelompok dan telah memahami makna dari
pembahasan masalah
c. Sedang
Siswa
senang dengan kegiatan bimbingan kelompok namun belum memahami makna dari
pembahasan masalah
d. Kurang
Siswa
senang dengan kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan
e. Sangat
kurang
Siswa
tidak senang dengan kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan.
32. Bagaimana
sikap siswa dalam menghadapi masalahnya setelah melakukan bimbingan kelompok?
a. Sangat
baik
Siswa
bersikap lebih sigap, tegas dan mampu memutuskan apa yang harus dilakukan dalam
masalah yang sedang dihadapinya
b. Baik
Siswa bersikap lebih sigap dan tegas dalam
menghadapi masalahnya
c. Sedang
Siswa
bersikap sigap dalam menghadapi masalahnya namun belum tegas dalam menghadapi
masalahnya
d. Kurang
Siswa
kurang sigap dalam menghadapi masalahnya
e. Sangat
kurang
Siswa
tidak sigap dalam menghadapi masalahnya .
33. Bagaimana
cara siswa mengaplikasikan cara penyelesaian masalah yang telah dibahas dalam
kegiatan bimbingan kelompok ?
a. Sangat
baik
Siswa
mampu memutuskan dengan cepat dan baik apa yang akan dilakukan untuk penyelesaian
masalahnya dan menyelesaikannya dengan sigap tanpa menunda-nunda waktu
b. Baik
Siswa
mampu memutuskan dengan cepat dan baik apa yang akan dilakukan untuk
penyelesaian masalahnya
c. Sedang
Siswa
mampu memutuskan dengan baik apa yang akan dilakukan dengan penyelesaian
masalahnya
d. Kurang
Siswa
masih bingung apa yang akan dilakukan dengan penyelesaikan masalahnya
e. Sangat
kurang
Siswa
tidak mampu memutuskan apa yang akan dilakukan dengan penyelesaian masalahnya .
34. Bagaimana
keinginan siswa untuk melanjutkan kembali kegiatan bimbingan kelompok ?
a. Sangat
baik
Siswa
sangat senang dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan yang akan dilakukan
dalam bimbingan dan kelompok nantinya serta menginginkan jalan yang terbaik
untuk pengentasan masalahnya
b. Baik
Siswa
senang dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan dalam
bimbingan kelompok
c. Sedang
Siswa
senang untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan dalam bimbingan kelompok
d. Kurang
Siswa
kurang senang untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan dalam bimbingan
kelompok
e. Sangat
kurang
Siswa
tidak senang untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan dalam bimbingan
kelompok
35. bagaimana
penerimaan siswa terhadap hasil kegiatan bimbingan kelompok yang telah
dilaksanakan?
a. Sangat
baik
Siswa
sangat menerima dengan baik dan senang dengan kegiatan bimbingan kelompok yang
dilakukan serta mampu menerapkan hasil penyelesaian masalah yang terbaik secara
mandiri
b. Baik
Siswa
menerima dengan baik dan senang dengan hasil kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan
c. Sedang
Siswa
menerima dengan baik hasil kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan
d. Kurang
Siswa
kurang menerima hasil kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan
e. Sangat
kurang baik
Siswa
tidak menerima hasil kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar