Minggu, 12 Mei 2013

instrumen evaluasi output layanan Bimbingan Kelompok

berikut saya sampaikan salah satu contoh dari instrumen evaluasi output layanan Bimbingan Kelompok :

BUTIR INSTRUMEN EVALUASI OUTPUT LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
1.      Bagaimana keakraban yang telah dibangun konselor kepada seluruh siswa dalam bimbingan kelompok ?
a.       Sangat Baik: apabila seluruh siswa bimbingan kelompok dan konselor memiliki hubungan yang sangat akrab , tidak canggung , dan sudah mampu berbaur.
b.      Baik : apabila antara seluruh siswa bimbingan kelompok dan konselor memiliki hubungan yang akrab dan tidak canggung namun belum mampu berbaur.
c.       Sedang : apabila antara seluruh siswa bimbingan kelompok dan konselor memiliki hubungan yang baik namun masih canggung.
d.      Kurang : apabila antara seluruh siswa dan konselor sudah saling mengenal tapi masih belum mampu membangun keakraban.
e.       Sangat kurang : apabila antara seluruh siswa dan konselor hanya saling mengenal.
2.      Bagaimana sikap siswa terhadap konselor setelah konselor membangun keakraban dengan mereka ?
a.       Sangat baik : siswa menjadi sangat akrab , lebih terbuka, ingin bercerita , dan sangat antusias ingin bertemu dengan konselor.
b.      Baik : siswa menjadi sangat akrab , lebih terbuka , ingin bercerita , namun sikapnya biasa bertemu dengan konselor.
c.       Sedang : siswa menjadi akrab dan terbuka kepada konselor namun ketika bercerita masih ada beberapa hal yang disembunyikan.
d.      Kurang : siswa cukup akrab kepada konselor namun tidak terbuka dalam menceritakan masalahnya.
e.       Sangat kurang : siswa tetap tidak mau akrab dan terbuka dalam menceritakan masalahnya kepada konselor.
3.      Bagaimana reaksi guru terhadap konselor setelah berhasil membangun keakraban dengan siswa dalam Bimbingan kelompok ?
a.       Sangat baik : guru sangat apresiatif terhadap keberhasilan konselor membangun keakraban dengan siswa dan guru tersebut mendukung upaya konselor serta terlibat bersama konselor untuk melaksanakan bimbingan kelompok.
b.      Baik : guru sangat apresitaif terhadap keberhasilan konselor membangun keakraban dengan siswa dan guru tersebut mendukung upaya konselor dalam bimbingan kelompok.
c.       Sedang : guru cukup apresitaif terhadap keberhasilan konselor membangun keakraban dengan siswa namun dukungannya kurang maksimal kepada konselor dalam Bimbingan kelompok.
d.      Kurang : guru kurang apresiatif terhadap keberhasilan konselor membangun keakraban kepada siswa dan tidak mendukung layanan Bimbingan kelompok.
e.       Sangat kurang : guru tidak apresiatif terhadap keberhasilan konselor membangun keakraban dengan siswa dan tidak peduli terhadap jalannya Bimbingan kelompok.
4.      Bagaimana tanggapan kepala sekolah terhadap hasil dari proses tahap pembentukan konselor dalam proses layanan Bimbingan kelompok ?
a.       Sangat baik : kepala sekolah sangat mengapresiasi hasil dari proses tahap pembentukan yang dijalankan oleh konselor dalam bimbingan kelompok dan sangat mendukung konselor untuk dekat dengan siswa serta memberikan masukan , kritik , dan saran dari hasil proses tahap pembentukan Bimbingan kelompok.
b.      Baik : kepala sekolah mengapresiasi hasil dari proses tahap pembentukan dalam bimbingan kelompok dan memberikan dukungan kepada konselor namun tidak memberikan masukan secara jelas.
c.       Sedang : kepala sekolah memberikan penilaian baik terhadap hasil kerja konselor dalam tahapan pembentukan namun tidak ada masukan yang diberikan
d.      Kurang : kepala sekolah memberikan penilaian kurang baik dan kurang ada pengarahan untuk perbaikan hasil.
e.       Sangat kurang : kepala sekolah sama sekali acuh dan tidak memberikan penilaian terhadap hasil kerja konselor.
5.      Bagaimana perasaan siswa setelah mengenal dan mulai dekat kepada konselor ?
a.       Sangat baik : siswa menjadi lebih tenang , merasa nyaman , dan perasaan percaya kepada konselor telah tumbuh melalui proses tahap pembentukan.
b.      Baik : siswa menjadi lebih tenang , merasa nyaman , dan perasaan percaya kepada konselor telah tumbuh melalui proses tahap pembentukan walau masih ada sedikit keraguan di dalam diri siswa.
c.       Sedang : siswa menjadi lebih tenang , merasa nyaman di dekat konselor namun perasaan percaya kepada konselor belum tumbuh secara sempurna.
d.      Kurang : siswa menjadi tenang , namun belum merasa nyaman di dekat konselor dan rasa percaya terhadap konselor belum tumbuh walau telah melewati tahap pembentukan.
e.       Sangat kurang : siswa sama sekali tidak merasa nyaman dan tenang saat berada di dekat konselor sehingga rasa percaya tidak pernah tumbuh sama sekali terhadap konselor walau telah melewati tahap pembentukan.
6.      Bagaimana reaksi orangtua terhadap hasil dari proses tahap pembentukan dalam bimbingan kelompok ?
a.       Sangat baik : orangtua sangat menanggapi hasil dari tahap pembentukan yang dilaksanakan konselor dan mereka memberikan penilaian positif serta memberikan masukan guna untuk pelaksanaan tahap berikutnya dalam bimbingan kelompok.
b.      Baik : orangtua menanggapi hasil dari tahap pembentukan yang dilaksanakan konselor dan memberikan penilaian positif.
c.       Sedang : orangtua menanggapi hasil dari tahap pembentukan yang dilaksanakan oleh konselor dan memberikan penilaian positif dengan beberapa catatan yang harus diperhatikan oleh konselor.
d.      Kurang : orangtua kurang menanggapi hasil dari tahap pembentukan yang dilaksanakan konselor dalam bimbingan kelompok dan penilaian yang diberikan orangtua kepada konselor kurang jelas.
e.       Sangat kurang : orangtua tidak menanggapi hasil dari tahap pembentukan yang dilaksanakan konselor dalam bimbingan kelompok dan tidak memberikan penilaian yang positif.
7.      Bagaimana hasil dari keseluruhan tahap pembentukan menurut konselor ?
a.       Sangat baik : hasil dari tahap pembentukan sesuai dengan harapan konselor dan memenuhi tahapan-tahapan yang telah dirancang konselor dalam satuan layanan bimbingan kelompok.
b.      Baik : hasil dari tahap pembentukan sesuai dengan harapan konselor dan memenuhi tahapan-tahapan yang dirancang konselor namun tidak tertuang secara jelas dalam satuan layanan bimbingan kelompok.
c.       Sedang : hasil dari tahap pembentukan sesuai dengan harapan konselor , namun sebagian tahapan-tahapan yang dirancang konselor tidak terpenuhi dan tidak ada satuan layanan dalam bimbingan kelompok.
d.      Kurang : hasil dari tahap pembentukan kurang sesuai dengan harapan konselor dan tidak ada tahapan-tahapan yang dirancang konselor terpenuhi dalam kegiatan bimbingan kelompok.
e.       Sangat kurang : hasil dari tahap pembentukan tidak sesuai dengan harapan konselor dan konselor tidak merencang tahapan-tahapan bimbingan kelompok dalam satuan layanan bimbingan kelompok.
 Tahap Peralihan
8.      Bagaimana penstrukturan yang telah dijelaskan oleh konselor kepada seluruh siswa dalam bimbingan kelompok ?
a.       Sangat baik : penstrukturan dijelaskan oleh konselor secara rinci , jelas , terstruktur , dan dapat dipahami siswa dengan maksimal.
b.      Baik : penstrukturan dijelaskan oleh konselor secara rinci , jelas , dan terstruktur , dan dapat dipahami oleh siswa namun kurang jelas.
c.       Sedang : penstrukturan dijelaskan oleh konselor secara rinci , jelas , terstruktur , dan dapat dipahami oleh siswa namun tidak secara maksimal.
d.      Kurang : penstrukturan dijelaskan oleh konselor secara rinci , jelas , dan terstruktur namun siswa tidak mampu memahaminya.
e.       Tidak ada penstrukturan yang diterima siswa dari konselor.
9.      Bagaimana perilaku siswa dalam bimbingan kelompok setelah mendapat penjelasan mengenai penstrukturan bimbingan kelompok dari konselor ?
a.       Sangat baik : siswa mengalami perubahan perilaku positf yang drastis dalam proses layanan bimbingan kelompok dan menjadi sangat antusias mengikuti proses bimbingan kelompok setelah mengetahui struktur kegiatan bimbingan kelompok.
b.      Baik : siswa mengalami perubahan perilaku yang positif dalam proses layanan bimbingan kelompok dan menjadi aktif dalam proses bimbingan kelompok namun antusiasnya sedikit kurang.
c.       Sedang : siswa mengalami perubahan perilaku yang positif dalam proses layanan bimbingan kelompok dan menjadi aktif dalam kegiatan namun tidak antusias.
d.      Kurang : siswa kurang mengalami perubahan perilaku yang positif dalam proses layanan bimbingan kelompok dan kurang aktif dalam kegiatan bimbingan kelompok.
e.       Sangat kurang : siswa tidak mengalami perubahan perilaku positif dalam kegiatan , tidak aktif , dan tidak antusias dalam kegiatan bimbingan kelompok.
10.  Bagaimana hasil penjelasan ulang siswa terhadap struktur kegiatan bimbingan kelompok setelah menyimak penjelasan struktur kegiatan dari konselor ?
a.       Sangat baik : siswa mampu menjelaskan secara utuh , lengkap , terstruktur , dan mampu mengurutkan tahap penstrukturan kegiatan dengan baik.
b.      Baik : siswa mampu menjelaskan secara utuh , lengkap , dan terstruktur namun dalam menjelaskan urutan kegiatan sedikit kurang tepat.
c.       Sedang : siswa mampu menjelaskan secara utuh , lengkap , namun dalam penjelasan tahapan kegiatan bimbingan kelompok tidak terstruktur.
d.      Kurang : siswa mampu menjelaskan kegiatan secara utuh namun dalam penjelasan bagian-bagiannya kurang lengkap dan tahapan tidak terstruktur.
e.       Sangat kurang : siswa tidak mampu menjelaskan kembali apa yang telah dijelaskan oleh konselor mengenai struktur kegiatan bimbingan kelompok.
11.  Bagaimana penilaian kepala sekolah terhadap hasil penjelasan struktur kegiatan bimbingan kelompok yang dijelaskan kepada siswa oleh konselor ?
a.       Sangat baik : kepala sekolah menilainya sangat bagus , memberikan apresiasi kepada konselor , dan mendukung penuh serta memberikan fasilitas untuk proses kegiatan layanan bimbingan kelompok.
b.      Baik : kepala sekolah menilai bagus , memberikan apresiasi kepada konselor , dan mendukung penuh kegiatan layanan bimbingan kelompok.
c.       Sedang : kepala sekolah menilai cukup bagus , memberikan apresiasi , namun memberikan beberapa catatan yang harus diperhatikan oleh konselor guna mendapat dukungan dari kepala sekolah.
d.      Kurang : kepala sekolah menilai kurang bagus , kurang memberikan apresiasi , dan tidak mau mendukung kegiatan layanan bimbingan kelompok setelah melihat hasil penstrukturan.
e.       Sangat kurang : kepala sekolah sikapnya acuh tak acuh dan hanya menyoroti kekurangan konselor dalam kegiatan layanan bimbingan kelompok.
12.  Bagaimana penilaian hasil kegiatan tahap penstrukturan yang dilaksanakan konselor oleh guru pelajaran ?
a.       Sangat baik : penilaian oleh guru terhadap hasil kegiatan penstrukturan sangat bagus dan memberikan apresiasi yang baik terhadap hasil dari tahap penstrukturan yang dilaksanakan konselor pada siswa serta memberikan masukan-masukan positif untuk tahap berikutnya.
b.      Baik : penilaian oleh guru terhadap hasil kegiatan penstrukturan bagus dan guru memberikan apresiasi terhadap hasil kegiatan penstrukturan dalam bimbingan kelompok.
c.       Sedang : penilaian oleh guru terhadap hasil kegiatan penstrukturan bagus dan guru memberikan apresiasi kepada konselor , namun dukungan guru tidak maksimal.
d.      Kurang : penilaian oleh guru terhadap hasil kegiatan penstrukturan kurang bagus dan guru tidak memberikan apresiasi terhadap hasil kegiatan tahap penstrukturan.
e.       Sangat kurang : guru bersikap acuh tak acuh terhadap hasil kegiatan tahap penstrukturan dan tidak memberikan apresiasi kepada konselor.
13.  Bagaimana penilaian orangtua terhadap hasil kegiatan tahap penstrukturan yang dilaksanakan oleh konselor di sekolah ?
a.       Sangat baik : penilaian orangtua terhadap hasil  kegiatan penstrukturan yang dilaksanakan konselor sangat bagus , memberikan apresiasi yang baik , dan memberikan masukan-masukan yang positif kepada konselor untuk tahap berikutnya.
b.      Baik : penilaian orangtua terhadap hasil kegiatan penstrukturan bagus dan orangtua memberikan apresiasi yang baik terhadap kinerja konselor dalam bimbingan kelompok.
c.       Sedang : penilaian orangtua terhadap hasil kegiatan penstrukturan bagus dan orangtua memberikan apresiasi kepada konselor , namun dukungan orangtua tidak maksimal.
d.      Kurang : penilaian oleh orangtua terhadap hasil kegiatan penstrukturan kurang bagus dan orangtua tidak memberikan apresiasi terhadap hasil kegiatan tahap penstrukturan.
e.       Sangat kurang : orangtua bersikap acuh terhadap hasil kegiatan tahap penstrukturan dan tidak memberikan apresiasi terhadap konselor.
14.  Bagaimana keaktifan siswa setelah mengikuti tahap penstrukturan dalam bimbingan kelompok ?
a.       Sangat baik : keaktifan siswa menjadi sangat meningkat dan siswa mampu mengeluarkan semua gagasannya dalam kegiatan bimbingan kelompok.
b.      Baik : keaktifan siswa meningkat dan siswa mampu mengeluarkan pendapat dan gagasannya dalam bimbingan kelompok namun masih ada sedikit yang tidak dikeluarkan siswa.
c.       Sedang : keaktifan siswa cukup meningkat , namun siswa hanya mengungkapkan sebagian gagasan dan pendapatnya dalam kegiatan bimbingan kelompok.
d.      Kurang : keaktifan siswa kurang meningkat , namun siswa hanya sedikit mengungkapkan sebagian gagasan kepada konselor.
e.       Sangat kurang : keaktifan siswa tidak meningkat , dan siswa tidak mau mengungkapkan gagasan dan pendapatnya dalam bimbingan kelompok.
15.  Bagaimana hasil dari tahap penstrukturan secara keseluruhan yang telah dilaksanakan oleh konselor ?
a.       Sangat baik : hasil dari kegiatan tahap penstrukturan  secara umum bagus , sesuai dengan harapan konselor , dan hasilnya dipahami secara menyeluruh dan mendalam oleh siswa.
b.      Baik : hasil dari kegiatan tahap penstrukturan secara umum bagus , sesuai dengan harapan konselor , dan hasilnya dapat dipahami oleh siswa namun masih ada beberapa hal yang masih kurang dipahami siswa.
c.       Sedang : hasil dari kegiatan tahap penstrukturan secara umum bagus , sesuai dengan harapan konselor , namun siswa hanya mampu memahami sebagian penjelasan struktur kegiatan bimbingan kelompok.
d.      Kurang : hasil dari kegiatan tahap penstrukturan secara umum kurang bagus namun masih memenuhi sedikit harapan konselor dan penjelasan struktur kegiatan oleh konselor tidak dimengerti oleh siswa.
e.       Sangat kurang : hasil dari kegiatan tahap penstrukturan secara umum tidak bagus dan tidak memenuhi harapan konselor dsan penjelasan struktur kegiatan oleh konselor tidak dimengerti oleh siswa.
Tahap eksplorasi
16.  Bagaimana sikap siswa terhadap pembahasan masalah yang dibahas dalam bimbingan kelompok ?
a.       Sangat baik : siswa jujur , terbuka , dan sukarela dalam pembahasan masalah yang dibahas dalam bimbingan kelompok.
b.      Baik : siswa terbuka dan sukarela dalam menceritakan masalahnya namun tingkat kejujuran masih sedikit kurang
c.       Sedang : siswa terbuka dan sukarela menceritakan masalahnya namun tingkat kejujuran masih diragukan.
d.      Kurang : siswa sukarela dalam menceritakan masalahnya namun tidak jujur dan tidak terbuka.
e.       Sangat kurang : siswa tidak terbuka , tidak jujur , dan tidak sukarela sehingga hasil keterangannya sangat diragukan.
17.  Bagaimana hasil dari proses berbagi informasi dalam bimbingan kelompok ?
a.       Sangat baik : banyak informasi yang dibagikan baik itu dari konselor maupun dari siswa dan antara siswa dan konselor saling memahami informasi yang telah diberikan.
b.      Baik : banyak informasi yang dibagikan baik itu dari konselor maupun dari siswa namun untuk pemahaman informasi hanya informasi dari konselor saja yang cukup baik untuk dipahami.
c.       Sedang : banyak informasi yang dibagikan , namun sebagian besar dari konselor dan informasi dari siswa kurang sehingga siswa hanya memahami informasi konselor.
d.      Kurang : sedikit informasi yang dibagikan dan hanya berasal dari konselor dan siswa tidak memahami informasi yang diberikan.
e.       Sangat kurang : tidak ada informasi yang dibagikan baik itu dari konselor maupun dari siswa.
18.  Bagaimana hasil dari proses pengembangan diri siswa dalam bimbingan kelompok ?
a.       Sangat baik : proses pengembangan diri siswa berjalan dengan sangat baik dan konselor mampu mengembangkan diri siswa serta siswa aktif dalam kegiatan pengembangan diri di dalam bimbingan kelompok.
b.      Baik : proses pengembangan diri siswa berjalan dengan baik dan konselor mampu mengembangkan diri siswa , namun siswa sedikit kurang aktif dalam kegiatan pengembangan diri dalam bimbingan kelompok.
c.       Sedang : proses pengembangan diri siswa berjalan dengan baik dan konselor mampu mengembangkan diri siswa namun siswa tidak aktif dalam kegiatan pengembangan diri dalam bimbingan kelompok.
d.      Kurang : proses pengembangan diri siswa berjalan dengan baik , namun siswa konselor kurang mampu mengembangkan diri siswa dan siswa tidak aktif dalam kegiatan pengembangan diri di dalam bimbingan kelompok.
e.       Sangat kurang : proses pengembangan diri siswa tidak berjalan dengan baik dan konselor gagal dalam mengembangkan diri siswa dalam kegiatan bimbingan kelompok.
19.  Bagaimana hasil dari materi pencegahan atas perbuatan menyimpang yang disampaikan di dalam kegiatan Bimbingan kelompok ?
a.       Sangat baik : siswa mampu mengerti materi tentang pencegahan perbuatan menyimpang , sangat memahami , dan siswa berkomitmen untukmenjalankan pengetahuan yang telah diperolehnya.
b.      Baik : siswa mampu mengerti materi tentang pencegahan perbuatan menyimpang , siswa memahaminya , namun belum mampu berkomitmen untuk menerapkan pengetahuan yang diperolehnya.
c.       Sedang : siswa mampu mengerti materi tentang pencegahan perbuatan menyimpang , namun siswa belum memahaminya dan tidak mampu berkomitmen untuk menerapkannya.
d.      Kurang : siswa hanya mampu mengerti sebagian materi tentang pencegahan perbuatan menyimpang dan siswa tidak mampu memahami serta menerapkan materi tersebut.
e.       Sangat kurang : siswa tidak mengerti materi , tidak mampu memahami materi , dan tidak mampu menerapkan materi tentang pencegahan perbuatan menyimpang.
20.  Bagaimana hasil pengenalan sikap dan kebiasaan baik pada siswa di dalam proses Bimbingan kelompok ?
a.       Sangat baik : siswa mampu mengerti , memahami materi yang diberikan , dan mampu berkomitmen untuk menerapkan materi yang telah diberikan.
b.      Baik : siswa mampu mengerti , memahami materi yang diberikan , namun belum siap berkomitmen untuk menerapkan materi yang diberikan.
c.       Sedang : siswa mampu mengerti materi yang diberikan , namun kurang memahaminya , dan tidak siap berkomitmen untuk menerapkan materi yang diberikan.
d.      Kurang : siswa kurang mengerti materi yang diberikan , dan tidak mampu memahami serta menerapkan materi yang diberikan.
e.       Sangat kurang : siswa tidak mengerti materi yang diberikan , tidak mampu memahami dan menerapkan materi yang diberikan.
21.  Bagaimana hasil dari bimbingan kelompok berkaitan dengan pengenalan kelemahan diri siswa menurut pandangan guru ?
a.       Sangat baik : siswa mampu mengenali kelemahan dirinya , terbuka pada guru tentang kelemahan dirinya , dan meminta nasehat kepada guru dan konselor untuk memperbaiki kelemahan diri siswa.
b.      Baik : siswa mampu mengenali kelemahan dirinya , terbuka pada guru tentang kelemahan dirinya , namun belum mau meminta nasehat kepada guru dan konselor.
c.       Sedang : siswa mampu mengenali kelemahan dirinya , mulai terbuka pada guru tetapi ada beberapa kelemahan yang masih disembunyikan , dan tidak mau meminta nasehat.
d.      Kurang : siswa kurang mampu mengenali kelemahan dirinya , kurang terbuka pada guru dan tidak mau meminta nasehat.
e.       Sangat kurang : siswa tidak mampu mengenali kelemahan dirinya , tidak mau terbuka dan meminta nasehat kepada guru.
22.  Bagaimana hasil dari bimbingan kelompok tentang peningkatan kemampuan komunikasi siswa menurut pihak-pihak non-guru di sekolah ?
a.       Sangat baik : siswa mampu berkomunikasi sangat baik dengan pihak-pihak non-guru di sekolah dan pola komunikasinya jauh lebih baik dari sebelumnya.
b.      Baik : siswa mampu berkomunikasi dengan baik kepada pihak-pihak non-guru disekolah dan pola komunikasinya lebih baik dari sebelumnya.
c.       Sedang : siswa mampu berkomunikasi dengan baik kepada pihak-pihak non-guru yang ada di sekolah dan pola komunikasinya sedikit lebih baik dari sebelumnya.
d.      Kurang : siswa kurang mampu berkomunikasi dengan baik kepada pihak-pihak non-guru disekolah dan pola komunikasinya hampir sama dengan sebelumnya.
e.       Sangat kurang : siswa tetap tidak mampu berkomunikasi dengan baik kepada pihak-pihak non-guru yang ada di sekolah dan pola komunikasinya tidak ada perubahan.
23.  Bagaimana hasil dari kegiatan bimbingan kelompok terhadap pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik menurut wali kelas?
a.       Sangat baik : jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik secara sangat drastis dan siswa menjadi sangat aktif saat belajar di kelas.
b.      Baik : jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik secara drastis dan siswa menjadi aktif saat belajar di kelas.
c.       Sedang : jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik secara cukup drastis dan siswa menjadi cukup aktif saat belajar di kelas.
d.      Rendah : jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik secara kurang drastis dan siswa menjadi kurang aktif saat belajar di kelas.
e.       Sangat rendah : jika hasil bimbingan kelompok tidak mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang dan siswa tidak aktif saat belajar di kelas.
24.  Bagaimana hasil dari kegiatan bimbingan kelompok terhadap pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik menurut wali murid?
a.       Sangat baik : jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik secara sangat drastis dan siswa menjadi sangat aktif saat belajar di rumah.
b.      Baik : jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik secara drastis dan siswa menjadi aktif saat belajar di rumah.
c.       Sedang : jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik secara cukup drastis dan siswa menjadi cukup aktif saat belajar di rumah.
d.      Rendah : jika hasil bimbingan kelompok mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik secara kurang drastis dan siswa menjadi kurang aktif saat belajar di rumah.
e.       Sangat rendah : jika hasil bimbingan kelompok tidak mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang dan siswa tidak aktif saat belajar di rumah.
25.  Bagaimana penguasaan teknologi siswa setelah mengikuti bimbingan kelompok menurut guru mata pelajaran TIK?
a.       Sangat baik : jika siswa sangat menguasai teori dan mampu mempraktikkannya dengan sangat baik.
b.      Baik : jika siswa menguasai teori dan mampu mempraktikkannya dengan baik
c.       Sedang : jika siswa cukup menguasai teori dan mampu mempraktikkannya dengan cukup baik.
d.      Rendah : jika siswa kurang menguasai teori dan kurang mampu mempraktikkannya dengan baik.
e.       Sangat rendah : jika siswa tidak menguasai teori dan tidak mampu mempraktikkannya dengan baik.
26.  Bagaimana penguasaan seni siswa setelah mengikuti bimbingan kelompok menurut guru mata pelajaran Kesenian?
a.       Sangat baik : jika siswa sangat menguasai teori dan mampu mempraktikkannya dengan sangat baik.
b.      Baik : jika siswa menguasai teori dan mampu mempraktikkannya dengan baik.
c.       Sedang : jika siswa cukup menguasai teori dan mampu mempraktikkannya dengan cukup baik.
d.      Rendah : jika siswa kurang menguasai teori dan kurang mampu mempraktikkannya dengan baik.
e.       Sangat rendah : jika siswa tidak menguasai teori dan tidak mampu mempraktikkannya dengan baik.
27.  Bagaimanakah pemahaman siswa terhadap orientasi karier dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok?
a.       Sangat baik : jika siswa sangat mampu memahami orientasi karier dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok serta mampu untuk menerapkannya dengan sangat baik.
b.      Baik : jika siswa mampu memahami orientasi karier dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok serta mampu untuk menerapkannya dengan baik.
c.       Sedang : jika siswa cukup mampu memahami orientasi karier dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok serta mampu untuk menerapkannya dengan cukup baik.
d.      Rendah : jika siswa kurang mampu memahami orientasi karier dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok serta kurang mampu untuk menerapkannya dengan baik.
e.       Sangat rendah : jika siswa tidak mampu memahami orientasi karier dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok serta tidak mampu untuk menerapkannya dengan baik.
28.  Bagaimana pemahaman siswa terhadap hasil penempatan dan penyaluran karier dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok yang dilakukan oleh konselor?
a.       Sangat baik : jika siswa sangat mampu memahami hasil penempatan dan penyaluran karier dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok serta mampu untuk menerapkannya dengan sangat baik.
b.      Baik : jika siswa mampu memahami hasil penempatan dan penyaluran karier dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok serta mampu untuk menerapkannya dengan baik.
c.       Sedang : jika siswa cukup mampu memahami hasil penempatan dan penyaluran karier dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok serta mampu untuk menerapkannya dengan cukup baik.
d.      Rendah : jika siswa kurang mampu memahami hasil penempatan dan penyaluran karier dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok serta kurang mampu untuk menerapkannya dengan baik.
e.       Sangat rendah : jika siswa tidak mampu memahami hasil penempatan dan penyaluran karier dan dunia kerja dalam bimbingan kelompok serta tidak mampu untuk menerapkannya dengan baik.
29.  Bagaimana pemahaman siswa terhadap orientasi dan informasi perguruan tinggi sesuai dengan karier yang hendak dikembangkkannya?
a.       Sangat baik : jika sangat mampu memahami dan sangat mampu menentukan pilihan perguruan tinggi sesuai pengembangan kariernya.
b.      Baik : jika mampu memahami dan mampu menentukan pilihan perguruan tinggi sesuai pengembangan kariernya.
c.       Sedang : jika kurang mampu memahami dan kurang mampu menentukan pilihan perguruan tinggi sesuai pengembangan kariernya.
d.      Rendah : jika kurang mampu memahami dan kurang mampu menentukan pilihan perguruan tinggi sesuai pengembangan kariernya.
e.       Sangat rendah : jika tidak mampu memahami dan tidak mampu menentukan pilihan perguruan tinggi sesuai pengembangan kariernya.
30.  Bagaimana kemantapan pengambilan keputusan dan perencanaan masa depan siswa?
a.       Sangat baik : jika siswa sangat mantap dalam pengambilan keputusan dan perencanaan masa depannya.
b.      Baik : jika siswa mantap dalam pengambilan keputusan dan perencanaan masa depannya.
c.       Sedang : jika siswa cukup mantap dalam pengambilan keputusan dan perencanaan masa depannya.
d.      Rendah : jika siswa kurang mantap dalam pengambilan keputusan dan perencanaan masa depannya.
e.       Sangat rendah : jika siswa tidak mantap dalam pengambilan keputusan dan perencanaan masa depannya.
31.  Bagaimana kesan siswa terhadap bimbingan kelompok yang telah dilakukan?
a.       Sangat baik
Siswa sangat senang dengan kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan dan telah memahami makna dari pembahasan masalah serta mampu menanggulangi masalahnya secara mandiri
b.      Baik
Siswa senang dengan kegiatan bimbingan kelompok dan telah memahami makna dari pembahasan masalah
c.       Sedang
Siswa senang dengan kegiatan bimbingan kelompok namun belum memahami makna dari pembahasan masalah
d.      Kurang
Siswa senang dengan kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan
e.       Sangat kurang
Siswa tidak senang dengan kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan.
32.  Bagaimana sikap siswa dalam menghadapi masalahnya setelah melakukan bimbingan kelompok?
a.       Sangat baik
Siswa bersikap lebih sigap, tegas dan mampu memutuskan apa yang harus dilakukan dalam masalah yang sedang dihadapinya
b.      Baik
Siswa  bersikap lebih sigap dan tegas dalam menghadapi masalahnya
c.       Sedang
Siswa bersikap sigap dalam menghadapi masalahnya namun belum tegas dalam menghadapi masalahnya
d.      Kurang
Siswa kurang sigap dalam menghadapi masalahnya
e.       Sangat kurang
Siswa tidak sigap dalam menghadapi masalahnya .
33.  Bagaimana cara siswa mengaplikasikan cara penyelesaian masalah yang telah dibahas dalam kegiatan bimbingan kelompok ?
a.       Sangat baik
Siswa mampu memutuskan dengan cepat dan baik apa yang akan dilakukan untuk penyelesaian masalahnya dan menyelesaikannya dengan sigap tanpa menunda-nunda waktu
b.      Baik
Siswa mampu memutuskan dengan cepat dan baik apa yang akan dilakukan untuk penyelesaian masalahnya
c.       Sedang
Siswa mampu memutuskan dengan baik apa yang akan dilakukan dengan penyelesaian masalahnya
d.      Kurang
Siswa masih bingung apa yang akan dilakukan dengan penyelesaikan masalahnya
e.       Sangat kurang
Siswa tidak mampu memutuskan apa yang akan dilakukan dengan penyelesaian masalahnya .
34.  Bagaimana keinginan siswa untuk melanjutkan kembali kegiatan bimbingan kelompok ?
a.       Sangat baik
Siswa sangat senang dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan yang akan dilakukan dalam bimbingan dan kelompok nantinya serta menginginkan jalan yang terbaik untuk pengentasan masalahnya
b.      Baik
Siswa senang dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan dalam bimbingan kelompok
c.       Sedang
Siswa senang untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan dalam bimbingan kelompok
d.      Kurang
Siswa kurang senang untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan dalam bimbingan kelompok
e.       Sangat kurang
Siswa tidak senang untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan dalam bimbingan kelompok
35.  bagaimana penerimaan siswa terhadap hasil kegiatan bimbingan kelompok yang telah dilaksanakan?
a.       Sangat baik
Siswa sangat menerima dengan baik dan senang dengan kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan serta mampu menerapkan hasil penyelesaian masalah yang terbaik secara mandiri
b.      Baik
Siswa menerima dengan baik dan senang dengan hasil kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan
c.       Sedang
Siswa menerima dengan baik hasil kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan
d.      Kurang
Siswa kurang menerima hasil kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan
e.       Sangat kurang baik
Siswa tidak menerima hasil kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar