Senin, 20 Mei 2013

kegiatan evaluasi Bimbingan dan Konseling


Evaluasi program Bimbingan dan Konseling adalah kegiatan penelaahan program Bimbingan dan Konseling yang sedang berlangsung maupun yang akan dijalankan untuk perbaikan dan pengembangan program tersebut. Tujuan dari pelaksanaan evaluasi program adalah : (1) membantu mengembangkan kurikulum sekolah ke arah kebutuhan siswa (2) membantu cara perbaikan layanan (3) memungkinkan program yang diberikan akan lebih efektif.
            Kegiatan evaluasi program Bimbingan dan Konseling terbagi ke dalam :
a.       Evaluasi siswa : evaluasi terhadap perilaku siswa di sekolah , dimulai saat siswa pertama kali diterima di sekolah
b.      Evaluasi program : yaitu evaluasi terhadap program Bimbingan dan Konseling yang telah dirancang. Komponennya yaitu : tujuan khusus program , kriteria keberhasilan program , lingkup pelayanan , rincian kegiatan , hubungan antar kegiatan , metode yang digunakan , sarana dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling , dan evaluasi dalam pelayanan program.
c.       Evaluasi proses : berkaitan dengan evaluasi proses dan sarana yang digunakan dalam kegiatan Bimbingan dan Konseling. Komponen dalam evaluasi proses adalah :organisasi dan administrasi program , petugas pelaksana atau personel , sarana dan prasarana , serta anggaran yang dibutuhkan.
d.      Evaluasi hasil : berkaitan dengan hasil dari program Bimbingan dan Konseling yang telah dijalankan.
Dalam proses evaluasi program Bimbingan dan Konseling digunakan dua instrumen yaitu instrumen tes dan instrumen non tes (meliputi angket , inventori , daftar cek , autobiografi , catatan anekdot , dan sosiometri).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar