Evaluasi
program Bimbingan dan Konseling adalah kegiatan penelaahan program Bimbingan
dan Konseling yang sedang berlangsung maupun yang akan dijalankan untuk
perbaikan dan pengembangan program tersebut. Tujuan dari pelaksanaan evaluasi
program adalah : (1) membantu mengembangkan kurikulum sekolah ke arah kebutuhan
siswa (2) membantu cara perbaikan layanan (3) memungkinkan program yang
diberikan akan lebih efektif.
Kegiatan evaluasi program Bimbingan
dan Konseling terbagi ke dalam :
a. Evaluasi
siswa : evaluasi terhadap perilaku siswa di sekolah , dimulai saat siswa
pertama kali diterima di sekolah
b.
Evaluasi program : yaitu evaluasi terhadap program Bimbingan dan
Konseling yang telah dirancang. Komponennya yaitu : tujuan khusus program ,
kriteria keberhasilan program , lingkup pelayanan , rincian kegiatan , hubungan
antar kegiatan , metode yang digunakan , sarana dalam pelayanan Bimbingan dan
Konseling , dan evaluasi dalam pelayanan program.
c.
Evaluasi proses : berkaitan dengan evaluasi proses dan sarana yang
digunakan dalam kegiatan Bimbingan dan Konseling. Komponen dalam evaluasi
proses adalah :organisasi dan administrasi program , petugas pelaksana atau
personel , sarana dan prasarana , serta anggaran yang dibutuhkan.
d. Evaluasi
hasil : berkaitan dengan hasil dari program Bimbingan dan Konseling yang telah
dijalankan.
Dalam proses
evaluasi program Bimbingan dan Konseling digunakan dua instrumen yaitu
instrumen tes dan instrumen non tes (meliputi angket , inventori , daftar cek ,
autobiografi , catatan anekdot , dan sosiometri).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar