Sabtu, 02 November 2013

satlan keterampilan mencatat

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL

Satuan Pendidikan                : SMP IT Iqra Bengkulu
Bidang Pengembangan         : Pengembangan Kehidupan belajar
Jenis Layanan                       : Layanan Informasi
Materi Layanan                    : Cara mencatat pelajaran yang efektif di kelas
Kelas/Semester                      : VII / 1
Alokasi Waktu                       : 1 x 45 menit

A.Standard Kompetensi
            Standard kompetensi adalah mengembangkan kehidupan belajar.
B. Kompetensi Inti
            Pemahaman tentang pentingnya cara mencatat pelajaran yang baik di dalam kelas yang menimbulkan kesadaran dalam diri siswa untuk memperbaiki cara mencatat pelajarannya di dalam kelas.
C. Indikator pencapaian pembelajaran
Aspek Kognitif
            Pemahaman tentang pentingnya cara mencatat yang baik saat mengikuti pelajaran di kelas.
Aspek Afektif
            Penyadaran diri untuk memperbaiki cara mencatat yang selama ini dilakukan saat mengikuti pelajaran di kelas.
Aspek Psikomotorik
            Telah melakukan perubahan cara pencatatan yang selama ini dilakukan dengan cara pencatatan belajar yang efektif.
D. Tujuan Pembelajaran
Aspek Kognitif
            Untuk memahami cara mencatat pelajaran yang baik dan efektif saat mengikuti pelajaran di kelas.
Aspek Afektif
            Untuk menyadarkan siswa mengubah cara mencatat yang selama ini dilakukan saat di dalam kelas.

Aspek Psikomotorik
            Untuk mengubah cara mencatat pelajaran yang selama ini diterapkan siswa saat belajar di kelas.
E. Materi Ajar
            Mencatat merupakan keterampilan efektif yang sangat mempengaruhi hasil dari proses belajar yang dilakukan di kelas. DePorter (2005;57) mengatakan bahwa “ mencatat efektif adalah salah satu kemampuan terpenting yang pernah dipelajari orang. Bagi pelajar, hal ini seringkali berarti perbedaan mendapatkan nilai tinggi atau rendah saat ujian”. Dalam mencatat pelajaran di kelas terdapat 3 teknik yang dapat dilakukan seorang siswa dalam mencatat penjelasan guru di kelas yaitu :
·         Mencatat standard linear : teknik mencatat standard yang paling lazim digunakan oleh siswa. Teknik mencatat memanjang ke bawah dengan mengikuti pola garis yang ada pada buku.
·         Mencatat TS : teknik mencatat yang dikenal sebagai teknik tulis dan susun. Dalam teknik mencatat ini kertas dengan garis menjadi 2 kolom, yaitu kolom kiri dan kolom kanan. Kolom kiri  dibuat lebih luas yang berfungsi untuk daerah menulis catatan. Pada kolom ini siswa dapat menulis tanggal, nama, dan informasi penting lainnya selama mendengarkan penjelasan guru, merangkum, membaca dan sebagainya. Sedangkan kolom kanan dibuat lebih sempit yang berfungsi untuk menyusun catatan. Pada kolom ini siswa dapat menuliskan pemikiran asosiasi yang muncul dalam benak mereka. Bisa berupa pendapat, reaksi dari apa yang didengar, pertanyaan, perasaan, dan sebagainya.
·         Mencatat Mind Map (peta pikiran) : Peta Pikiran merupakan salah satu dari bentuk pencatatan dalam bentuk organijer grafik. Teknik ini lahir dari ide tentang sifat kerja otak yang memiliki karakteristik dan pola tertentu dalam memproses setiap informasi. Peta pikiran merekam informasi ke dalam bentuk kata kunci, gambar, simbol dan sebagainya membetuk pola informasi yang memetakan.
Catatan sendiri sangat perlu untuk dibuat karena melalui catatan kita dapat mencatat hal-hal penting yang ada dalam sebuah buku, sehingga saat kita membutuhkan data-data penting dari sebuah buku kita dapat langsung mengambilnya dari catatan tanpa harus membuka dan membolak-balik halaman buku tersebut. Catatan sendiri memiliki beberapa manfaat seperti yang dijelaskan oleh Sudarso (2006) , yaitu :
a.       Untuk melihat struktur bacaan
b.      Untuk mengutip hal-hal lain yang bermanfaat, dan sesuatu yang dibutuhkan dari bacaan
c.       Untuk mengingat-ngingat
d.      Untuk mencari kembali data-data penting dari dalam buku dalam suatu kesempatan
e.       Untuk membentuk konsentrasi dan mengerti apa yang dibaca.
Hal-hal penting dan sangat perlu untuk dimasukkan dalam sebuah catatan adalah :
·         Elemen kunci : isu-isu sentral, isu-isu besar, dan informasi penting
·         Tujuan dan asumsi pengarang dari hal-hal tertentu
·         Detail dan data yang bermanfaat seperti statistis dan diagram
·         Materi-materi pokok yang ada di dalam buku bacaan.
Membuat catatan sangat penting yang akan memberikan kemudahan bagi otak untuk menyerap materi pelajaran yang dipelajarinya. Adapun tips-tips mencatat efektif yang dapat dilakukan oleh siswa antara lain :
·         Catat point terpenting, maksudnya adalah catat point-point penting materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Dalam hal ini point-point penting materi pelajaran dapat diperoleh dari catatan guru di papan tulis, fakta yang disampaikan guru di depan kelas, dan juga penekanan-penekanan yang diberikan oleh guru dalam suatu kalimat.
·         Jangan terlalu sibuk mencatat, maksudnya adalah ketika mencatat jangan terlalu fokus untuk terus mencatat tanpa memperhatikan kembali penjelasan yang diberikan oleh guru. Yang paling tepat adalah mencatat point-point penting pengajaran yang diajarkan oleh guru.
·         Tanyakan, maksudnya adalah dalam menyimak pelajaran sering kali penjelasan yang diberikan oleh guru tertinggal untuk disimak oleh murid sehingga membuat catatan menjadi tidak lengkap. Dalam hal ini siswa harus aktif bertanya kepada guru dan melengkapi catatan dengan data-data yang belum lengkap.
·         Bandingkan, maksudnya adalah bandingkan catatan yang dimiliki dengan buku paket atau dengan catatan yang dimiliki oleh teman-teman sekelas. Dengan demikian kekurangan catatan-catatan yang dimiliki dapat dilengkapi oleh siswa.
·         Catat ulang, maksudnya adalah catatan-catatan yang dimiliki sering kali kacau dan bentuknya tidak beraturan sehingga tidak menarik untuk dibaca. Oleh karena itu catat kembali catatan-catatan yang kurang rapi tersebut menjadi lebih rapi sehingga enak untuk dilihat.
·         Organisasi, maksudnya adalah simpan catatan pada folder-folder yang sesuai dengan nama catatan sehingga saat mencarinya lebih mudah.
·         Rekam , maksudnya adalah seringkali para guru menjelaskan materi pelajaran dengan sangat cepat sehingga membuat siswa seringkali ketinggalan mencatat sehingga catatannya menjadi tidak lengkap. Oleh karena itu sangat tepat jika siswa melengkapi alat perekam ketika belajar di kelas sehingga bisa mendengarkan penjelasan guru dengan lebih baik.
F. Metode Pembelajaran
            Metode pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kali ini menggunakan metode ceramah dan tanya jawab yang dilakukan kepada siswa.
G. Media pembelajaran
            Media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kali ini adalah Laptop dan print-out dari power point yang diberikan kepada siswa.
H. Kegiatan Pembelajaran
·         Kegiatan awal
Kegiatan yang dilakukan pada tahap awal ini adalah guru pembimbing melakukan pemeriksaan absen, melakukan pre-test, dan melakukan apersepsi. Waktu yang dibutuhkan sekitar 5 menit.
·         Kegiatan inti
Kegiatan yang dilakukan pada tahap inti ini terbagi menjadi tiga yaitu:
Ø  10 menit pertama : Guru pembimbing menjelaskan tentang pengertian mencatat, manfaat mencatat, dan teknik-teknik mencatat.
Ø  10 menit kedua : Guru pembimbing menjelaskan tentang tips-tips yang dapat dilakukan siswa untuk memperbaiki cara mencatatnya.
Ø  10 menit ketiga : guru pembimbing melakukan tanya jawab dengan siswa berkaitan dengan teknik mencatat.
·         Kegiatan penutup
Kegiatan yang dilakukan pada tahap penutup ini adalah menyimpulkan materi, mengerjakan evaluasi, dan menutup materi pelajaran. Waktu yang dibutuhkan selama 10 menit.



I.Penilaian
            Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran maka dilaksanakan penilaian dengan format :
Teknik
            Teknik yang digunakan dalam penilaian kali ini menggunakan teknik ujian tulis.
Instrumen
            Instrumen yang digunakan dalam penilaian kegiatan belajar ini terbagi tiga yaitu :
Ranah Kognitif
1.      Jelaskan pengertian mencatat menurut bahasa-mu sendiri !
2.      Apa manfaat dari mencatat menurut pendapatmu ?
3.      Cara mencatat bagaimana yang paling sering dipakai ketika belajar di kelas menurutmu ?
4.      Jelaskan cara mengatur catatan menurut pendapatmu !
Pedoman penilaian menggunakan skala 3 sebagai berikut
5 : jawaban sangat jelas , terarah, dan mudah dipahami
4: jawaban jelas , terarah, namun sedikit kurang dapat dipahami
3: jawaban jelas akan tetapi tidak terarah dan tidak dapat dipahami.
Ranah Afektif

NO

Pernyataan
Sikap
SS
S
N
TS
STS
1
Pengaturan catatan merupakan hal yang penting bagi saya





2
Pencatatan yang baik akan membuat saya lebih memahami pelajaran





3
Catatan yang dimiliki membuat siswa akan lebih mudah untuk belajar di rumah





4
Perubahan dan penyesuaian teknik mencatat perlu dilakukan oleh siswa untuk kemajuan belajar





Indikator Pernyataan :
SS : sangat menyetujui, sangat memahami, dan sangat sering mengalaminya
S : sangat menyetujui, memahami, dan pernah mengalaminya
N : menyetujui , cukup memahami , namun belum pernah mengalaminya
Ts : kurang menyetujui, kurang memahami, dan tidak pernah mengalaminya
Sts : tidak menyetujui, tidak memahmi, dan tidak pernah mengalaminya
Ranah Psikomotorik
No
Butir kemampuan psikomotorik
Ya (1)
Tidak (0)
1
Siswa menyimak materi dengan seksama


2
Siswa bertanya kepada guru tentang teknik mencatat


3
Siswa mampu menyebutkan beberapa teknik mencatatat


4
Siswa mampu menyimpulkan materi


5
Siswa mengerjakan evaluasi materi



J. Daftar Pustaka
rhizoeducation.blogspot.com/2011/03/cara-jitu-mencatat-pelajaran.html




Guru pembimbing/Konselor




Reno Agung Laksono

           



Tidak ada komentar:

Posting Komentar