SATUAN
LAYANAN
BIMBINGAN
KLASIKAL
Satuan
Pendidikan : SMP IT Iqra
Bengkulu
Bidang
Pengembangan : Pengembangan
Kehidupan belajar
Jenis
Layanan : Layanan
Informasi
Materi
Layanan : Cara mencatat
pelajaran yang efektif di kelas
Kelas/Semester : VII / 1
Alokasi
Waktu : 1 x 45 menit
A.Standard
Kompetensi
Standard
kompetensi adalah mengembangkan kehidupan belajar.
B.
Kompetensi Inti
Pemahaman
tentang pentingnya cara mencatat pelajaran yang baik di dalam kelas yang
menimbulkan kesadaran dalam diri siswa untuk memperbaiki cara mencatat
pelajarannya di dalam kelas.
C.
Indikator pencapaian pembelajaran
Aspek Kognitif
Pemahaman
tentang pentingnya cara mencatat yang baik saat mengikuti pelajaran di kelas.
Aspek Afektif
Penyadaran
diri untuk memperbaiki cara mencatat yang selama ini dilakukan saat mengikuti
pelajaran di kelas.
Aspek Psikomotorik
Telah
melakukan perubahan cara pencatatan yang selama ini dilakukan dengan cara
pencatatan belajar yang efektif.
D.
Tujuan Pembelajaran
Aspek Kognitif
Untuk
memahami cara mencatat pelajaran yang baik dan efektif saat mengikuti pelajaran
di kelas.
Aspek Afektif
Untuk
menyadarkan siswa mengubah cara mencatat yang selama ini dilakukan saat di
dalam kelas.
Aspek Psikomotorik
Untuk
mengubah cara mencatat pelajaran yang selama ini diterapkan siswa saat belajar
di kelas.
E.
Materi Ajar
Mencatat
merupakan keterampilan efektif yang sangat mempengaruhi hasil dari proses
belajar yang dilakukan di kelas. DePorter (2005;57) mengatakan bahwa “ mencatat
efektif adalah salah satu kemampuan terpenting yang pernah dipelajari orang.
Bagi pelajar, hal ini seringkali berarti perbedaan mendapatkan nilai tinggi
atau rendah saat ujian”. Dalam mencatat pelajaran di kelas terdapat 3 teknik
yang dapat dilakukan seorang siswa dalam mencatat penjelasan guru di kelas
yaitu :
·
Mencatat standard linear : teknik
mencatat standard yang paling lazim digunakan oleh siswa. Teknik mencatat
memanjang ke bawah dengan mengikuti pola garis yang ada pada buku.
·
Mencatat TS : teknik mencatat yang
dikenal sebagai teknik tulis dan susun. Dalam teknik mencatat ini kertas dengan garis menjadi 2 kolom, yaitu kolom kiri dan kolom kanan.
Kolom kiri dibuat lebih luas yang berfungsi untuk daerah menulis catatan.
Pada kolom ini siswa dapat menulis tanggal, nama, dan informasi penting lainnya
selama mendengarkan penjelasan guru, merangkum, membaca dan sebagainya.
Sedangkan kolom kanan dibuat lebih sempit yang berfungsi untuk menyusun
catatan. Pada kolom ini siswa dapat menuliskan pemikiran asosiasi yang muncul
dalam benak mereka. Bisa berupa pendapat, reaksi dari apa yang didengar,
pertanyaan, perasaan, dan sebagainya.
·
Mencatat Mind Map (peta pikiran) : Peta
Pikiran merupakan salah satu dari bentuk pencatatan dalam bentuk organijer
grafik. Teknik ini lahir dari ide tentang sifat kerja otak yang memiliki
karakteristik dan pola tertentu dalam memproses setiap informasi. Peta pikiran
merekam informasi ke dalam bentuk kata kunci, gambar, simbol dan sebagainya
membetuk pola informasi yang memetakan.
Catatan sendiri sangat perlu untuk
dibuat karena melalui catatan kita dapat mencatat hal-hal penting yang ada
dalam sebuah buku, sehingga saat kita membutuhkan data-data penting dari sebuah
buku kita dapat langsung mengambilnya dari catatan tanpa harus membuka dan
membolak-balik halaman buku tersebut. Catatan sendiri memiliki beberapa manfaat
seperti yang dijelaskan oleh Sudarso (2006) , yaitu :
a.
Untuk melihat struktur bacaan
b.
Untuk mengutip hal-hal lain yang
bermanfaat, dan sesuatu yang dibutuhkan dari bacaan
c.
Untuk mengingat-ngingat
d.
Untuk mencari kembali data-data penting
dari dalam buku dalam suatu kesempatan
e.
Untuk membentuk konsentrasi dan mengerti
apa yang dibaca.
Hal-hal penting dan sangat perlu untuk
dimasukkan dalam sebuah catatan adalah :
·
Elemen kunci : isu-isu sentral, isu-isu
besar, dan informasi penting
·
Tujuan dan asumsi pengarang dari hal-hal
tertentu
·
Detail dan data yang bermanfaat seperti
statistis dan diagram
·
Materi-materi pokok yang ada di dalam
buku bacaan.
Membuat catatan sangat
penting yang akan memberikan kemudahan bagi otak untuk menyerap materi
pelajaran yang dipelajarinya. Adapun tips-tips mencatat efektif yang dapat
dilakukan oleh siswa antara lain :
·
Catat point terpenting, maksudnya adalah
catat point-point penting materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Dalam hal
ini point-point penting materi pelajaran dapat diperoleh dari catatan guru di
papan tulis, fakta yang disampaikan guru di depan kelas, dan juga
penekanan-penekanan yang diberikan oleh guru dalam suatu kalimat.
·
Jangan terlalu sibuk mencatat, maksudnya
adalah ketika mencatat jangan terlalu fokus untuk terus mencatat tanpa
memperhatikan kembali penjelasan yang diberikan oleh guru. Yang paling tepat
adalah mencatat point-point penting pengajaran yang diajarkan oleh guru.
·
Tanyakan, maksudnya adalah dalam menyimak
pelajaran sering kali penjelasan yang diberikan oleh guru tertinggal untuk
disimak oleh murid sehingga membuat catatan menjadi tidak lengkap. Dalam hal
ini siswa harus aktif bertanya kepada guru dan melengkapi catatan dengan
data-data yang belum lengkap.
·
Bandingkan, maksudnya adalah bandingkan
catatan yang dimiliki dengan buku paket atau dengan catatan yang dimiliki oleh
teman-teman sekelas. Dengan demikian kekurangan catatan-catatan yang dimiliki
dapat dilengkapi oleh siswa.
·
Catat ulang, maksudnya adalah
catatan-catatan yang dimiliki sering kali kacau dan bentuknya tidak beraturan
sehingga tidak menarik untuk dibaca. Oleh karena itu catat kembali
catatan-catatan yang kurang rapi tersebut menjadi lebih rapi sehingga enak
untuk dilihat.
·
Organisasi, maksudnya adalah simpan
catatan pada folder-folder yang sesuai dengan nama catatan sehingga saat
mencarinya lebih mudah.
·
Rekam , maksudnya adalah seringkali para
guru menjelaskan materi pelajaran dengan sangat cepat sehingga membuat siswa
seringkali ketinggalan mencatat sehingga catatannya menjadi tidak lengkap. Oleh
karena itu sangat tepat jika siswa melengkapi alat perekam ketika belajar di
kelas sehingga bisa mendengarkan penjelasan guru dengan lebih baik.
F.
Metode Pembelajaran
Metode
pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kali ini menggunakan
metode ceramah dan tanya jawab yang dilakukan kepada siswa.
G.
Media pembelajaran
Media
pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kali ini adalah Laptop
dan print-out dari power point yang diberikan kepada siswa.
H.
Kegiatan Pembelajaran
·
Kegiatan awal
Kegiatan
yang dilakukan pada tahap awal ini adalah guru pembimbing melakukan pemeriksaan
absen, melakukan pre-test, dan melakukan apersepsi. Waktu yang dibutuhkan
sekitar 5 menit.
·
Kegiatan inti
Kegiatan
yang dilakukan pada tahap inti ini terbagi menjadi tiga yaitu:
Ø 10
menit pertama : Guru pembimbing menjelaskan tentang pengertian mencatat,
manfaat mencatat, dan teknik-teknik mencatat.
Ø 10
menit kedua : Guru pembimbing menjelaskan tentang tips-tips yang dapat
dilakukan siswa untuk memperbaiki cara mencatatnya.
Ø 10
menit ketiga : guru pembimbing melakukan tanya jawab dengan siswa berkaitan
dengan teknik mencatat.
·
Kegiatan penutup
Kegiatan yang
dilakukan pada tahap penutup ini adalah menyimpulkan materi, mengerjakan
evaluasi, dan menutup materi pelajaran. Waktu yang dibutuhkan selama 10 menit.
I.Penilaian
Setelah
melaksanakan kegiatan pembelajaran maka dilaksanakan penilaian dengan format :
Teknik
Teknik
yang digunakan dalam penilaian kali ini menggunakan teknik ujian tulis.
Instrumen
Instrumen
yang digunakan dalam penilaian kegiatan belajar ini terbagi tiga yaitu :
Ranah Kognitif
1.
Jelaskan pengertian mencatat menurut
bahasa-mu sendiri !
2.
Apa manfaat dari mencatat menurut
pendapatmu ?
3.
Cara mencatat bagaimana yang paling
sering dipakai ketika belajar di kelas menurutmu ?
4.
Jelaskan cara mengatur catatan menurut
pendapatmu !
Pedoman penilaian menggunakan skala 3
sebagai berikut
5 : jawaban sangat jelas , terarah, dan
mudah dipahami
4: jawaban jelas , terarah, namun
sedikit kurang dapat dipahami
3: jawaban jelas akan tetapi tidak
terarah dan tidak dapat dipahami.
Ranah Afektif
NO
|
Pernyataan
|
Sikap
|
||||
SS
|
S
|
N
|
TS
|
STS
|
||
1
|
Pengaturan catatan merupakan hal yang
penting bagi saya
|
|
|
|
|
|
2
|
Pencatatan yang baik akan membuat saya
lebih memahami pelajaran
|
|
|
|
|
|
3
|
Catatan yang dimiliki membuat siswa
akan lebih mudah untuk belajar di rumah
|
|
|
|
|
|
4
|
Perubahan dan penyesuaian teknik
mencatat perlu dilakukan oleh siswa untuk kemajuan belajar
|
|
|
|
|
|
Indikator Pernyataan :
SS : sangat menyetujui, sangat memahami,
dan sangat sering mengalaminya
S : sangat menyetujui, memahami, dan
pernah mengalaminya
N : menyetujui , cukup memahami , namun
belum pernah mengalaminya
Ts : kurang menyetujui, kurang memahami,
dan tidak pernah mengalaminya
Sts : tidak menyetujui, tidak memahmi,
dan tidak pernah mengalaminya
Ranah Psikomotorik
No
|
Butir
kemampuan psikomotorik
|
Ya
(1)
|
Tidak
(0)
|
1
|
Siswa menyimak materi dengan seksama
|
|
|
2
|
Siswa bertanya kepada guru tentang
teknik mencatat
|
|
|
3
|
Siswa mampu menyebutkan beberapa
teknik mencatatat
|
|
|
4
|
Siswa mampu menyimpulkan materi
|
|
|
5
|
Siswa mengerjakan evaluasi materi
|
|
|
J.
Daftar Pustaka
rhizoeducation.blogspot.com/2011/03/cara-jitu-mencatat-pelajaran.html
Guru pembimbing/Konselor
Reno Agung Laksono
Tidak ada komentar:
Posting Komentar