Sabtu, 02 November 2013

satlan pengaturan waktu belajar

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL

Satuan Pendidikan                : SMP IT IQRA Bengkulu
Bidang pengembangan         : Pengembangan kehidupan belajar
Jenis layanan                         : Layanan Informasi
Materi layanan                      : Cara mengatur waktu belajar yang efektif
Kelas                                       : VII / 1
Alokasi waktu                        : 1 x 45 menit

A.Standard Kompetensi
            Standard kompetensi adalah mampu mengembangkan kehidupan belajar.
B. Kompetensi Inti
            Pemahaman tentang pentingnya pengaturan waktu belajar di rumah yang menimbulkan motivasi dalam diri untuk melakukan penyusunan jam belajar saat belajar di rumah.
C. Indikator Pencapaian Pembelajaran
Aspek Kognitif
            Pemahaman tentang pentingnya mengatur waktu belajar saat belajar di rumah.
Aspek Afektif
            Lebih termotivasi untuk merencanakan pengaturan waktu belajar di rumah.
Aspek Psikomotorik
            Telah melakukan penyusunan waktu belajar agar waktu belajar di rumah menjadi lebih efektif.
D. Tujuan Pembelajaran
            Adapun tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran ini adalah:
Aspek Kognitif
            Untuk  memahami tentang pentingnya mengatur waktu belajar saat belajar di rumah pada siswa.
Aspek Afektif
            Untuk memotivasi siswa agar merencanakan pengaturan waktu belajar saat belajar di rumah.

Aspek Psikomotorik
            Untuk mengubah pengaturan waktu belajar siswa dengan menyusun waktu belajar di rumah sehingga belajar menjadi lebih efektif.
E. Materi Ajar
            Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pelajar guna untuk memahami suatu materi pelajaran. Belajar sendiri merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara rutin oleh pelajar dan merupakan kegiatan wajib bagi mereka sehingga tidak hanya dilakukan sekali saat di rumah tetapi juga dilakukan saat berada di rumah. Kegiatan belajar sendiri dapat dilakukan secara berkelompok dan individu terutama dalam kegiatan belajar di rumah. Namun sebagian besar siswa dalam kegiatan belajar di rumah banyak mengalami masalah dalam pengaturan waktu belajar sehingga kegiatan belajar mereka menjadi tidak efektif dan siswa menjadi malas untuk belajar di rumah.
            Dalam mengatur waktu belajar sehingga kegiatan belajar menjadi lebih efektif di rumah. Seorang siswa dapat melakukan pengaturan waktu belajar sehingga belajarnya menjadi lebih efektif dan efisien dengan melakukan beberapa langkah sebagai berikut :
·         Buatlah jadwal belajar, hal disini yang terpenting adalah penyusunan jadwal belajar. Cobalah untuk menyusunan dengan menyesuaikan dengan pelajaran yang dipelajari dalam satu hari.
·         Tetapkan waktu yang digunakan untuk belajar, ialah memilih waktu yang dirasakan tepat untuk belajar. Waktu yang tepat digunakan untuk belajar di serahkan pada keputusan setiap individu kapan mereka bisa sangat optimal dalam belajar.
·         Tanyalah pada diri sendiri, maksudnya adalah tanya pada diri sendiri pelajaran apa yang paling sulit untuk dikuasai sehingga dalam penyusunan waktu belajar porsi waktu yang digunakan lebih banyak dan pelajaran tersebut menjadi prioritas dalam urutan belajar.
·         Ulangi pelajaran yang telah dipelajari di kelas, hal ini sangat penting untuk dilakukan agar pelajaran yang telah didapat tidak hilang.
·         Jangan membuang waktu luang yang dimiliki dengan melakukan kegiatan yang bersifat hura-hura.
Cara menyusun jadwal belajar
            Dalam menyusun jadwal belajar terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Cara-cara yang dapat dilakukan untuk menyusun jadwal belajar antara lain :
·         Atur waktu belajar , utamakan sesuai dengan jadwal belajar
·         Gunakan batasan waktu dalam setiap kegiatan belajar
·         Perhatikan waktu dan jangan memaksakan diri dalam belajar
·         Sediakan waktu yang dapat digunakan untuk refreshing
·         Menyediakan waktu yang dapat digunakan untuk sholat dan berdoa
·         Atur waktu untuk makan dan minum
·         Priorotaskan dalam belajar untuk menyelesaikan tugas-tugas dari sekolah
·         Atur waktu dalam belajar untuk mengulang pelajaran dari sekolah
·         Atur jeda waktu yang digunakan untuk santai
·         Gunakan batas waktu “Deadline” dalam mengerjakan tugas
·         Jadwalkan review bahan belajar secara mingguan
·         Jangan terbeban dengan waktu belajarmu sendiri, lakukan penyesuaian waktu dalam belajar.
F. Metode Pembelajaran
            Metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kali ini adalah dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok yang disertai dengan gambar-gambar yang relevan.
G. Media Pembelajaran
            Media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah laptop dan buku-buku sumber yang relevan.
H. Kegiatan Pembelajaran
·         Kegiatan awal
Kegiatan yang dilakukan pada tahap awal kegiatan pembelajaran ini memiliki durasi waktu selama 5 menit. Guru pembimbing masuk ke dalam kelas , membuka pelajaran, memeriksa absensi, memberikan test dalam bentuk pertanyaan lisan, dan melakukan apersepsi.
·         Kegiatan ini
Kegiatan yang dilakukan pada tahap inti kegiatan pembelajaran ini adalah sebagai berikut :
a.       5 menit pertama : Guru pembimbing menjelaskan tentang bagaimana mengatur waktu belajar.
b.      5 menit kedua : Guru pembimbing membagi siswa ke dalam 2 kelompok dan memberikan instruksi kepada mereka untuk menyusun hal-hal apa yang menjadi pertimbangan mereka dalam menyusun waktu belajar.
c.       5 menit ketiga : siswa mempresentasikan hasil kerjanya kepada guru pembimbing di depan kelas.
d.      5 menit keempat : guru pembimbing menyempurnakan hal-hal yang menjadi pertimbangan menyusun jadwal belajar yang telah diajukan oleh siswa di depan kelas.
·         Kegiatan akhir
Kegiatan yang dilakukan pada tahap akhir dilakukan selama 10 menit dengan isi kegiatan berupa post-test , menyimpulkan materi pelajaran, dan menutup kegiatan pembelajaran.
I.Penilaian
            Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran maka dilaksanakan penilaian dengan format
Teknik
            Teknik yang digunakan dalam kegiatan penilaian ini adalah teknik tes ujian tulis.
Instrumen
            Instrumen yang digunakan dalam kegiatan penilaian ini terbagi dalam 3 ranah yaitu:
Ranah Kognitif (Pengetahuan)
1.      Mengapa pengaturan waktu belajar sangat penting bagi pelajar ?
2.      Bagaimana pendapat anda apabila seorang pelajar tidak mengatur waktu belajarnya ?
3.      Apakah kelebihan yang didapat siswa yang memiliki jadwal belajar ?
4.      Coba anda susun sebuah jadwal belajar sederhana anda dalam satu hari !
Pedoman penilaian menggunakan skala 3 sebagai berikut
5 : jawaban sangat jelas , terarah, dan mudah dipahami
4: jawaban jelas , terarah, namun sedikit kurang dapat dipahami
3: jawaban jelas akan tetapi tidak terarah dan tidak dapat dipahami.
Ranah Afektif (Pemahaman)

NO

Pernyataan
Sikap
SS
S
N
TS
STS
1
Penyusunan jadwal belajar merupakan keharusan bagi saya





2
Pengaturan waktu belajar akan membuat saya lebih mudah dalam belajar





3
Kegiatan belajar saya akan lebih terarah dengan adanya jadwal belajar





4
Jadwal belajar merupakan cerminan cara belajar saya dan saya akan mematuhinya






Indikator :
Pernyataan 1
·         SS : Sangat menyetujui, sangat memahami, dan akan segera melaksanakannya
·         S : Sangat menyetujui , memahami, namun belum melaksanakannya segera
·         N : menyetujui , memahami , namun tidak melaksanakannya
·         Ts : kurang menyetujui , sedikit memahami , dan tidak melaksanakannya
·         Sts : tidak menyetujui , tidak memahmi , dan tidak akan melaksanakannya
Pernyataan 2
·         SS : sangat menyetujui dan selalu mengalaminya
·         S : menyetujui dan sering mengalaminya
·         N : menyetujui dan sesekali mengalaminya
·         Ts : kurang menyetujui dan belum pernah mengalaminya
·         Sts : sangat tidak menyetujuinya dan tidak pernah mengalaminya
Pernyataan 3
·         SS : sangat menyetujui pernyataan ini dan sangat memahaminya
·         S : menyetujui pernyataan ini dan memahaminya
·         N : menyetujui pernyataan ini namun kurang memahaminya
·         Ts : kurang menyetujui pernyataan ini dan kurang memahaminya
·         Sts : sangat tidak menyetujui pernyataan ini dan tidak memahaminya.
Pernyataan 4
·         SS : sangat menyetujui pernyataan ini dan sangat sesuai dengan diri saya
·         S : menyetujui pernyataan ini dan sesuai dengan diri saya
·         N : menyetujui pernyataan ini namun kurang sesuai dengan diri saya
·         Ts : kurang menyetujui pernyataan ini dan kurang sesuai dengan diri saya
·         Sts : sangat tidak menyetujui pernyataan ini dan tidak sesuai dengan diri saya




Ranah Psikomotorik
No
Butir kemampuan psikomotorik
Ya (1)
Tidak (0)
1
Siswa menyimak materi dengan seksama


2
Siswa melakukan diskusi tentang jadwal belajar


3
Siswa mempresentasikan tentang jadwal belajar


4
Siswa bertanya tentang jadwal belajar yang baik


5
Siswa mampu menyusun jadwal belajar sendiri di rumah


J. Sumber Pustaka







Bengkulu,   Oktober 2013
Guru Pembimbing




Reno Agung Laksono






Tidak ada komentar:

Posting Komentar