SATUAN
LAYANAN
BIMBINGAN
KLASIKAL
Satuan
Pendidikan : SMP IT IQRA
Bengkulu
Bidang
pengembangan : Pengembangan
kehidupan belajar
Jenis
layanan : Layanan
Informasi
Materi
layanan : Cara
mengatur waktu belajar yang efektif
Kelas : VII / 1
Alokasi
waktu : 1 x 45
menit
A.Standard
Kompetensi
Standard
kompetensi adalah mampu mengembangkan kehidupan belajar.
B.
Kompetensi Inti
Pemahaman
tentang pentingnya pengaturan waktu belajar di rumah yang menimbulkan motivasi
dalam diri untuk melakukan penyusunan jam belajar saat belajar di rumah.
C.
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Aspek Kognitif
Pemahaman
tentang pentingnya mengatur waktu belajar saat belajar di rumah.
Aspek Afektif
Lebih
termotivasi untuk merencanakan pengaturan waktu belajar di rumah.
Aspek Psikomotorik
Telah
melakukan penyusunan waktu belajar agar waktu belajar di rumah menjadi lebih
efektif.
D.
Tujuan Pembelajaran
Adapun tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran ini adalah:
Aspek Kognitif
Untuk memahami tentang pentingnya mengatur waktu
belajar saat belajar di rumah pada siswa.
Aspek Afektif
Untuk
memotivasi siswa agar merencanakan pengaturan waktu belajar saat belajar di
rumah.
Aspek Psikomotorik
Untuk
mengubah pengaturan waktu belajar siswa dengan menyusun waktu belajar di rumah
sehingga belajar menjadi lebih efektif.
E.
Materi Ajar
Belajar
merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pelajar guna untuk memahami suatu materi
pelajaran. Belajar sendiri merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara rutin
oleh pelajar dan merupakan kegiatan wajib bagi mereka sehingga tidak hanya
dilakukan sekali saat di rumah tetapi juga dilakukan saat berada di rumah.
Kegiatan belajar sendiri dapat dilakukan secara berkelompok dan individu
terutama dalam kegiatan belajar di rumah. Namun sebagian besar siswa dalam
kegiatan belajar di rumah banyak mengalami masalah dalam pengaturan waktu
belajar sehingga kegiatan belajar mereka menjadi tidak efektif dan siswa
menjadi malas untuk belajar di rumah.
Dalam
mengatur waktu belajar sehingga kegiatan belajar menjadi lebih efektif di
rumah. Seorang siswa dapat melakukan pengaturan waktu belajar sehingga
belajarnya menjadi lebih efektif dan efisien dengan melakukan beberapa langkah
sebagai berikut :
·
Buatlah jadwal belajar, hal disini yang
terpenting adalah penyusunan jadwal belajar. Cobalah untuk menyusunan dengan
menyesuaikan dengan pelajaran yang dipelajari dalam satu hari.
·
Tetapkan waktu yang digunakan untuk
belajar, ialah memilih waktu yang dirasakan tepat untuk belajar. Waktu yang
tepat digunakan untuk belajar di serahkan pada keputusan setiap individu kapan
mereka bisa sangat optimal dalam belajar.
·
Tanyalah pada diri sendiri, maksudnya
adalah tanya pada diri sendiri pelajaran apa yang paling sulit untuk dikuasai
sehingga dalam penyusunan waktu belajar porsi waktu yang digunakan lebih banyak
dan pelajaran tersebut menjadi prioritas dalam urutan belajar.
·
Ulangi pelajaran yang telah dipelajari
di kelas, hal ini sangat penting untuk dilakukan agar pelajaran yang telah
didapat tidak hilang.
·
Jangan membuang waktu luang yang
dimiliki dengan melakukan kegiatan yang bersifat hura-hura.
Cara menyusun jadwal belajar
Dalam
menyusun jadwal belajar terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Cara-cara
yang dapat dilakukan untuk menyusun jadwal belajar antara lain :
·
Atur waktu belajar , utamakan sesuai
dengan jadwal belajar
·
Gunakan batasan waktu dalam setiap
kegiatan belajar
·
Perhatikan waktu dan jangan memaksakan
diri dalam belajar
·
Sediakan waktu yang dapat digunakan
untuk refreshing
·
Menyediakan waktu yang dapat digunakan
untuk sholat dan berdoa
·
Atur waktu untuk makan dan minum
·
Priorotaskan dalam belajar untuk
menyelesaikan tugas-tugas dari sekolah
·
Atur waktu dalam belajar untuk mengulang
pelajaran dari sekolah
·
Atur jeda waktu yang digunakan untuk
santai
·
Gunakan batas waktu “Deadline” dalam
mengerjakan tugas
·
Jadwalkan review bahan belajar secara
mingguan
·
Jangan terbeban dengan waktu belajarmu
sendiri, lakukan penyesuaian waktu dalam belajar.
F.
Metode Pembelajaran
Metode
yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kali ini adalah dengan menggunakan
metode ceramah dan diskusi kelompok yang disertai dengan gambar-gambar yang
relevan.
G.
Media Pembelajaran
Media
pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah laptop dan
buku-buku sumber yang relevan.
H.
Kegiatan Pembelajaran
·
Kegiatan awal
Kegiatan
yang dilakukan pada tahap awal kegiatan pembelajaran ini memiliki durasi waktu
selama 5 menit. Guru pembimbing masuk ke dalam kelas , membuka pelajaran,
memeriksa absensi, memberikan test dalam bentuk pertanyaan lisan, dan melakukan
apersepsi.
·
Kegiatan ini
Kegiatan
yang dilakukan pada tahap inti kegiatan pembelajaran ini adalah sebagai berikut
:
a. 5
menit pertama : Guru pembimbing menjelaskan tentang bagaimana mengatur waktu
belajar.
b. 5
menit kedua : Guru pembimbing membagi siswa ke dalam 2 kelompok dan memberikan
instruksi kepada mereka untuk menyusun hal-hal apa yang menjadi pertimbangan
mereka dalam menyusun waktu belajar.
c. 5
menit ketiga : siswa mempresentasikan hasil kerjanya kepada guru pembimbing di
depan kelas.
d. 5
menit keempat : guru pembimbing menyempurnakan hal-hal yang menjadi
pertimbangan menyusun jadwal belajar yang telah diajukan oleh siswa di depan
kelas.
·
Kegiatan akhir
Kegiatan yang
dilakukan pada tahap akhir dilakukan selama 10 menit dengan isi kegiatan berupa
post-test , menyimpulkan materi pelajaran, dan menutup kegiatan pembelajaran.
I.Penilaian
Setelah
melaksanakan kegiatan pembelajaran maka dilaksanakan penilaian dengan format
Teknik
Teknik
yang digunakan dalam kegiatan penilaian ini adalah teknik tes ujian tulis.
Instrumen
Instrumen
yang digunakan dalam kegiatan penilaian ini terbagi dalam 3 ranah yaitu:
Ranah
Kognitif (Pengetahuan)
1.
Mengapa pengaturan waktu belajar sangat
penting bagi pelajar ?
2.
Bagaimana pendapat anda apabila seorang
pelajar tidak mengatur waktu belajarnya ?
3.
Apakah kelebihan yang didapat siswa yang
memiliki jadwal belajar ?
4.
Coba anda susun sebuah jadwal belajar
sederhana anda dalam satu hari !
Pedoman penilaian menggunakan skala 3
sebagai berikut
5 : jawaban sangat jelas , terarah, dan
mudah dipahami
4: jawaban jelas , terarah, namun
sedikit kurang dapat dipahami
3: jawaban jelas akan tetapi tidak
terarah dan tidak dapat dipahami.
Ranah
Afektif (Pemahaman)
NO
|
Pernyataan
|
Sikap
|
||||
SS
|
S
|
N
|
TS
|
STS
|
||
1
|
Penyusunan jadwal belajar merupakan
keharusan bagi saya
|
|
|
|
|
|
2
|
Pengaturan waktu belajar akan membuat
saya lebih mudah dalam belajar
|
|
|
|
|
|
3
|
Kegiatan belajar saya akan lebih
terarah dengan adanya jadwal belajar
|
|
|
|
|
|
4
|
Jadwal belajar merupakan cerminan cara
belajar saya dan saya akan mematuhinya
|
|
|
|
|
|
Indikator :
Pernyataan 1
·
SS : Sangat menyetujui, sangat memahami,
dan akan segera melaksanakannya
·
S : Sangat menyetujui , memahami, namun
belum melaksanakannya segera
·
N : menyetujui , memahami , namun tidak
melaksanakannya
·
Ts : kurang menyetujui , sedikit
memahami , dan tidak melaksanakannya
·
Sts : tidak menyetujui , tidak memahmi ,
dan tidak akan melaksanakannya
Pernyataan 2
·
SS : sangat menyetujui dan selalu
mengalaminya
·
S : menyetujui dan sering mengalaminya
·
N : menyetujui dan sesekali mengalaminya
·
Ts : kurang menyetujui dan belum pernah
mengalaminya
·
Sts : sangat tidak menyetujuinya dan
tidak pernah mengalaminya
Pernyataan 3
·
SS : sangat menyetujui pernyataan ini
dan sangat memahaminya
·
S : menyetujui pernyataan ini dan
memahaminya
·
N : menyetujui pernyataan ini namun
kurang memahaminya
·
Ts : kurang menyetujui pernyataan ini
dan kurang memahaminya
·
Sts : sangat tidak menyetujui pernyataan
ini dan tidak memahaminya.
Pernyataan 4
·
SS : sangat menyetujui pernyataan ini
dan sangat sesuai dengan diri saya
·
S : menyetujui pernyataan ini dan sesuai
dengan diri saya
·
N : menyetujui pernyataan ini namun
kurang sesuai dengan diri saya
·
Ts : kurang menyetujui pernyataan ini
dan kurang sesuai dengan diri saya
·
Sts : sangat tidak menyetujui pernyataan
ini dan tidak sesuai dengan diri saya
Ranah
Psikomotorik
No
|
Butir
kemampuan psikomotorik
|
Ya
(1)
|
Tidak
(0)
|
1
|
Siswa menyimak materi dengan seksama
|
|
|
2
|
Siswa melakukan diskusi tentang jadwal
belajar
|
|
|
3
|
Siswa mempresentasikan tentang jadwal
belajar
|
|
|
4
|
Siswa bertanya tentang jadwal belajar
yang baik
|
|
|
5
|
Siswa mampu menyusun jadwal belajar
sendiri di rumah
|
|
|
J.
Sumber Pustaka
Bengkulu, Oktober 2013
Guru Pembimbing
Reno Agung
Laksono
Tidak ada komentar:
Posting Komentar