Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran/ Satuan Layanan
Bimbingan
Karier
Sekolah : SMAN
Bengkulu
Mata
Pelajaran : Bimbingan
dan Konseling
Kelas/semester : XII / 1
Bidang
pengembangan : pengembangan
kehidupan karier
Jenis
layanan : layanan
informasi
Materi
pokok : presentasi
pasar kerja berdasarkan profesional dan dinas tenaga kerja
Alokasi
waktu : 1x 45 menit
A.Kompetensi
inti
Mampu
mengembangkan kesadaran akan kesempatan kerja
B.
kompetensi dasar dan indikator
1.
Pengenalan arti dan makna sebuah
pekerjaan
2.
Pengetahuan mengenai pekerjaan yang
terdapat dalam lingkungan sosial
3.
Peningkatan akan pengetahuan dan
pemahaman mengenai pasar kerja
·
Indikator : siswa menjadi lebih memahami
dan mengerti tentang pasar tenaga kerja yang ada disekitarnya melalui
keterangan para profesional dibidang pekerjaan tersebut
4.
timbulnya kesadaran dan keaktifan dalam
diri siswa untuk mencari tahu informasi pasar tenaga kerja yang ada disekitar
lingkungannya melalui sumber informasi seperti media cetak maupun internet
·
Indikator : siswa menjadi lebih terpacu
untuk giat mencari informasi pasar tenaga kerja yang ada disekitar lingkungan
dirinya.
C.
Tujuan Pembelajaran
Adapun
tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran ini adalah :
1)
Untuk mengenali tentang pekerjaan baik
dari segi arti maupun namanya.
2)
Untuk mengetahui pekerjaan-pekerjaan
yang masuk dalam pasar tenaga kerja dilingkungan siswa
3)
Untuk meningkatkan pemahaman pada diri
siswa tentang pasar tenaga kerja lokal
4)
Untuk menimbulkan kesadaran dan
keaktifan pada siswa untuk mengakses informasi pasar pekerjaan lokal di daerah
domisili.
D.
Materi Pembelajaran
“Terlampir”
E.
Metode Pembelajaran
Dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran ini metode yang digunakan oleh guru
pembimbing berupa kegiatan diskusi panel, dengan menghadirkan beberapa orang
profesional yang berasal dari bidang perkejaan yang berbeda. Kemudian mereka
diminta untuk mempresantisikan tentang pekerjaan mereka dan dilakukan tanya
jawab antara para siswa dengan profesional tersebut setelah mereka selesai
menyajikan data.
F.
Media dan Sumber pelajaran
Ø Media
Media
yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kali ini adalah komputer jinjing
(laptop) dan proyektor.
Ø Alat
Alat
yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kali ini adalah aplikasi software microsoft
yaitu microsoft power point seri 2007 untuk penyajian materi.
Ø Sumber
pelajaran
Sumber pelajaran
yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kali ini adalah informasi karier
yang tersedia di internet dan buku-buku yang membahas tentang karier.
G.
langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Ø Kegiatan
awal
Kegiatan
yang dilakukan pada tahap ini guru pembimbing/konselor membuka kegiatan
belajar, mengabsen siswa, melakukan pre-test, dan mengenalkan para narasumber
kepada siswa
Ø Kegiatan
inti
Kegiatan
yang dilakukan pada tahap ini adalah konselor mempersilahkan narasumber
memberikan materi yang berkaitan dengan pasar kerja lokal di daerah dengan data
yang diperoleh dari dinas tenaga kerja. Presentasi ini meliputi nama pekerjaan,
tugas-tugas, keterampilan yang disyaratkan, pendidikan, gaji yang diperoleh,
konsekuensi, dan kompensasi dari pekerjaan tersebut. Waktu yang dibutuhkan
untuk kegiatan ini adalah 40 menit.
Ø Kegiatan
penutup
Kegiatan yang
dilakukan pada tahap ini yaitu guru pembimbing menuntun siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah disampaikan oleh narasumber, melakukan
post-test, dan menutup kegiatan pembelajaran waktu yang dibutuhkan selama 10
menit.
H.
Penilaian
Ø Jenis/teknik
penilaian : Penilaian yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran ini adalah
penilaian secara tertulis dengan teknik tes.
Ø Bentuk
instrumen dan instrumen : bentuk instrumen yang digunakan dalam evaluasi adalah
insterumen tertulis. Instrumen penilaian terbagi dalam 3 bentuk yaitu :
Ranah
Kognitif
1) Apa
saja keterampilan-keterampilan yang teridentifikasi dalam pekerjaan-pekerjaan
yang dipaparkan ?
2) Bagaimana
pendapat anda terhadap paparan pekerjaan yang disampaikan oleh profesional di
depan kelas ?
3) Apa
yang akan anda lakukan untuk meningkatkan pemahaman anda terhadap pasar kerja ?
4) Bagaimana
bentuk bantuan yang saat ini anda butuhkan untuk meningkatkan pemahaman tentang
pasar kerja ?
Afektif
No
|
Butir
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Saya
memahami mengenai pengertian yang sesungguhnya dari setiap pekerjaan
|
|
|
|
|
|
2
|
Saya
memahami keuntungan dan kelebihan yang akan saya dapat dari setiap pekerjaan
yang akan saya jalani.
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya
memahami latar pendidikan yang harus saya tempuh untuk mendapatkan sebuah
pekerjaan.
|
|
|
|
|
|
Indikator :
Butir
1
Ø 1
: Sangat tidak memahami pengertian akan pekerjaan dari penjelasan yang
diberikan
Ø 2
: sangat sedikit memahami pengertian akan pekerjaan dari penjelasan yang
diberikan
Ø 3
: memahami sebagian dari pengertian akan pekerjaan yang dijelaskan oleh
narasumber
Ø 4
: memahami sebagian besar materi pengertian akan pekerjaan yang dijelaskan
narasumber tetapi masih sedikit ragu
Ø 5
: memahami seluruh materi yang diberikan narasumber tanpa keraguan
Butir 2
Ø 1
: sangat tidak memahami dan tidak mengetahui sama sekali keuntungan yang
diperoleh dari setiap pekerjaan.
Ø 2
: sangat sedikit memahami materi dari semua penjelasan yang diberikan oleh
narasumber
Ø 3
: memahami sebagian materi dari semua penjelasan yang diberikan oleh narasumber
tentang keuntungan setiap pekerjaan.
Ø 4
: memahami sebagian besar materi tentang keuntungan setiap pekerjaan yang
dijelaskan oleh narasumber
Ø 5
: memahami seluruh penjelasan tentang keuntungan dari setiap pekerjaan yang
dijelaskan narasumber.
Butir
3
Ø 1
: sangat tidak memahami sama sekali penjelasan mengenai latar pendidikan dari
setiap pekerjaan.
Ø 2
: hanya memahami sedikit mengenai penjelasan tentang latar pendidikan dari
setiap pekerjaan
Ø 3
: hanya memahami sebagian mengenai penjelasan tentang latar pendidikan dari
setiap pekerjaan
Ø 4
: memahami sebagian besar penjelasan mengenai latar pendidikan dari setiap
pekerjaan
Ø 5
: memahami seluruh penjelasan tentang latar pendidikan dari setiap pekerjaan.
Ranah Psikomotorik
No
|
Butir
|
Ya (1)
|
Tidak (0)
|
1
|
Siswa menyimak materi yang diberikan
|
|
|
2
|
Siswa mencatat hal-hal penting dari
materi yang disajikan
|
|
|
3
|
Siswa bertanya mengenai materi yang
tidak diketahui
|
|
|
4
|
Siswa mampu menjawab pertanyaan dari
narasumber
|
|
|
5
|
Siswa mampu membuat resume dari materi
yang disampaikan
|
|
|
Materi
Pengertian
Pasar Kerja
Adalah pasar
yang mempertemukan antara perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan
tenaga kerja yang sedang mencari pekerjaan. Pasar tenaga kerja sendiri memiliki
beberapa fungsi sebagai berikut :
·
Sebagai sarana untuk menyalurkan tenaga
kerja
·
Sarana mendapatkan bagi tenaga kerja
mendapatkan informasi pekerjaan
·
Sebagai sarana untuk mempertemukan
antara para tenaga kerja yang sedang mencari pekerjaan dengan institusi yang
sedang membuka lowongan pekerjaan
Adapun penanganan pasar kerja ditangani
oleh dinas tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) yang ada di setiap
provinsi dan kabupaten/kota. Dalam melakukan pencarian pekerjaan perlu
dilakukan informasi yang jelas mengenai pekerjaan apa yang saat ini tengah
menjadi trend dan diminati oleh masyarakat. Untuk wilayah Bengkulu berdasarkan
data dari DISNAKERTRANS pekerjaan yang paling diminati saat ini ada 4 yaitu :
·
Dokter
·
Guru
·
Marketing
·
Dan perawat
A.Dokter
Dokter
adalah seorang yang bekerja untuk melakukan pertolongan terhadap orang-orang
yang sedang mengalami sakit baik yang disebabkan oleh penyakit dari dalam diri
atau dari sebab lain di luar penyakit.
Tugas-tugas yang dilakukan oleh
seorang dokter adalah :
·
membangun relasi dengan pasien
·
mengumpulkan data (riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik dengan hasil
laboratorium atau citra medis)
·
menganalisis data
·
membuat rencana perawatan (tes yang harus
dijalani berikutnya, terapi, rujukan)
·
merawat pasien
·
memantau dan menilai jalannya perawatan
dan dapat mengubah perawatan bila diperlukan.
Seorang dokter sendiri juga harus
memiliki beberapa keterampilan yaitu :
·
AREA KOMUNIKASI EFEKTIF; mampu menggali dan
bertukar informasi secara verbal dan nonverbal dengan pasien semua usia,
anggota keluarga, masyarakat, kolega, dan profesi lain.
·
AREA KETERAMPILAN KLINIS; melakukan prosedur
klinis dalam menghadapi masalah kedokteran sesuai dengan kebutuhan pasien dan
kewenangannya.
·
AREA LANDASAN ILMIAH ILMU KEDOKTERAN;
mengidentifikasi, menjelaskan, dan merancang penyelesaian masalah kesehatan
secara ilmiah menurut ilmu kedokteran-kesehatan mutakhir untuk mendapat hasil
yang optimum.
·
AREA PENGELOLAAN MASALAH KESEHATAN : mengelola
masalah kesehatan individu, keluarga, maupun masyarakat secara komprehensif,
holistik, bersinambung, koordinatif, dan kolaboratif dalam konteks pelayanan
kesehatan primer.
·
AREA PENGELOLAAN INFORMASI : mengakses,
mengelola, menilai secara kritis kesahihan dan kemamputerapan informasi untuk
menjelaskan dan menyelesaikan masalah, atau mengambil keputusan dalam kaitan
dengan pelayanan kesehatan di tingkat primer.
·
AREA MAWAS DIRI DAN PENGEMBANGAN DIRI :
melakukan praktik kedokteran dengan penuh kesadaran atas kemampuan dan
keterbatasannya; mengatasi masalah emosional, personal, kesehatan, dan
kesejahteraan yang dapat mempengaruhi kemampuan profesinya; belajar sepanjang
hayat; merencanakan, menerapkan, dan memantau perkembangan profesi secara
sinambung.
·
. AREA ETIKA, MORAL, MEDIKOLEGAL DAN
PROFESIONALISME SERTA KESELAMATAN PASIEN : berprilaku profesional dalam praktik
kedokteran serta mendukung kebijakan kesehatan; bermoral dan beretika serta
memahami isu etik maupun aspek medikolegal dalam praktik kedokteran; menerapkan
program keselamatan pasien.
Untuk
menjadi seorang Dokter seorang individu harus menempuh pendidikan di Fakultas
kedokteran selama 5 tahun dan melakukan pengabdian selama 1 tahun untuk
mendapatkan gelar dokter dan memperoleh izin untuk membuka praktek kedokteran
sendiri. Untuk mendapat gelar spesialis seorang dokter harus menempuh
pendidikan spesialis selama 2 tahun.
Gaji yang diperoleh oleh seorang dokter berkisar mulai dari Rp
4.700.000- Rp 21.000.000 untuk dokter yang bekerja dalam lingkungan pelayanan
rumah sakit pemerintah. Kompensasi yang diterima oleh seorang dokter yaitu
mendapatkan taraf hidup yang menengah, dapat membuka usaha praktek jasa
kedokteran sendiri diluar jam dinas resmi, dan mendapat pandangan yang dihormati
ditengah masyarakat.
2. Guru
Guru
adalah individu yang berilmu yang mengajarkan ilmu pengetahuan kepada individu
yang belum memiliki ilmu pengetahuan sama sekali.
Guru
sendiri memiliki tugas untuk mengajarkan ilmu pengetahuan melalui materi yang
diberikan di dalam kelas, guru juga bertugas memberikan penilaian hasil kerja
siswa, membentuk pribadi dan moral siswa, mengelola kelas, dan menyampaikan
pencapaian hasil belajar siswa setiap 1 semester kepada orangtua melalui buku
rapot.
Keterampilan yang dibutuhkan
oleh seorang individu untuk menjadi seorang guru adalah memiliki kemampuan
berkomunikasi yang baik baik kepada siswa maupun kepada orangtua/wali murid
siswa.
Seorang
guru sendiri harus memiliki 4 kompetensi utama dalam mengajar yaitu :
·
kompetensi Paedagogik, adalah
kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap
peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil
belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai
potensi yang dimilikinya. (Standar Nasional Pendidikan, penjelasan Pasal 28
ayat 3 butir a). Artinya guru harus mampu mengelola kegiatan pembelajaran,
mulai dari merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran.
Guru harus menguasi manajemen kurikulum, mulai dari merencanakan perangkat
kurikulum, melaksanakan kurikulum, dan mengevaluasi kurikulum, serta memiliki
pemahaman tentang psikologi pendidikan, terutama terhadap kebutuhan dan
perkembangan peserta didik agar kegiatan pembelajaran lebih bermakna dan
berhasil guna.
·
Kompetensi Personal, adalah kemampuan kepribadian yang
mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta
didik, dan berakhlak mulia. (SNP, penjelasan Pasal 28 ayat 3 butir b). Artinya
guru memiliki sikap kepribadian yang mantap, sehingga mampu menjadi sumber
inspirasi bagi siswa. Dengan kata lain, guru harus memiliki kepribadian yang
patut diteladani, sehingga mampu melaksanakan tri-pusat yang dikemukakan oleh
Ki Hajar Dewantoro, yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya
Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. (di depan guru member
teladan/contoh, di tengah memberikan karsa, dan di belakang memberikan
dorongan/motivasi).
·
Kompetensi Profesional, adalah
kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang
memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang
ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP, penjelasan Pasal 28 ayat 3
butir c). Artinya guru harus memiliki pengetahuan yang luas berkenaan dengan
bidang studi atau subjek matter yang akan diajarkan serta
penguasaan didaktik metodik dalam arti memiliki pengetahuan konsep teoretis,
mampu memilih model, strategi, dan metode yang tepat serta mampu menerapkannya
dalam kegiatan pembelajaran. Guru pun harus memiliki pengetahuan luas tentang
kurikulum, dan landasan kependidikan.
·
Kompetensi Sosial, adalah kemampuan guru sebagai
bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan
peserta didik, sesame pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik,
dan masyarakat sekitar. (SNP, penjelasan Pasal 28 ayat 3 butir d). Artinya ia
menunjukkan kemampuan berkomunikasi sosial, baik dengan murid-muridnya maupun
dengan sesama teman guru, dengan kepala sekolah bahkan dengan masyarakat luas.
Untuk menjadi seorang guru saat ini
seorang individu harus menempuh pendidikan S1 di Fakultas Keguruan dan Ilmu
pendidikan atau untuk beberapa alasan dari pendidikan S1 non-FKIP dengan
mengikuti pendidikan penyetaraan akta IV untuk mendapatkan izin mengajar izin
di sekolah.
Gaji
yang diperoleh oleh seorang guru berkisar mulai dari Rp 1.400.000 – Rp
5.000.000 dengan kompensasi memperoleh kehidupan pada taraf menengah , mendapat
tunjangan dari pemerintah seumur hidup, memperoleh lebih banyak hari libur
ketimbang hari biasa, dan mendapat pandangan positif dari masyarakat.
3.
Marketing
Marketing
adalah individu yang memiliki pekerjaan yang bergerak dibidang penjualan.
Marketing sendiri memiliki tugas untuk menjual dan menawarkan barang atau jasa
yang dihasilkan dari tempat ia bekerja untuk mencapai hasil dan target yang
ditetapkan oleh perusahaan.
Seorang
individu sendiri yang bekerja dalam bidang marketing harus memiliki beberapa
keahlian yaitu :
·
Mendengarkan Dengan Seksama
Tanpa Memikirkan Agenda Pribadi Anda.Proses membeli bukan hanya
seputar diri sendiri maupun keinginan Anda sebagai penjual, melainkan tentang
si pembeli. Seringkali kita terlalu sibuk memikirkan kuota penjualan, promosi
dan komisi hingga melupakan apa yang sebenarnya diinginkan dan diharapkan calon
pembeli.Penjual dengan agenda pribadi cenderung memaksakan diri dan tidak
mendengarkan. Fokuslah
terhadap manfaat apa saja yang bisa diberikan produk Anda kepada pembeli.
·
Jangan Menyuruh Seseorang Untuk
Membeli, Namun Arahkan Keputusan Membeli.Peranan Anda sebagai penjual
adalah mempresentasikan produk dengan jelas, cerdas, jujur dan penuh
integritas. Sedangkan peranan pembeli adalah memutuskan apa yang terbaik untuk
dibeli. Pembeli yang setia adalah pembeli yang cerdas.Tugas Anda cukup
menawarkan produk, pelayanan atau ide. Lalu jelaskan keuntungan dan manfaatnya
bagi calon pembeli jika kelak mereka membelinya. Jangan lupa untuk menjawab
pertanyaan. Merealisasikan transaksi penjualan harus dibangun dari proses tanya
jawab yang menyeluruh dan kemudian membangun rasa percaya antar kedua belah
pihak.
·
Layani Pembeli Dari Apa Yang
Mereka Mau Dari Produk Anda.Terkadang, kita terlalu asyik
menceritakan kelebihan maupun kisah dari produk yang kita jual sampai melupakan
satu hal penting. Hal itu adalah ekspektasi pembeli potensial. Hal ini berarti
apa yang Anda rasa penting, bukan berarti penting bagi mereka.Contoh
konkritnya, ada seorang ibu paruh baya menjelaskan bisnis rumahan yang
menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan rumah kepada ibu muda. Setelah menjelaskan
poduknya, seketika ibu muda itu menolak. Dengan terheran-heran, ibu paruh baya
tadi bertanya kenapa. Ternyata di umurnya yang masih muda, ibu muda tadi justru
mencari bisnis rumahan yang justru bisa membuatnya sering keluar rumah dan
travelling. Di sinilah kemampuan mendengarkan dan mengetahui benar apa yang
pembeli inginkan menjadi penting.
Bidang pekerjaan marketing tidak
menuntut terlalu banyak keahlian akan tetapi terdapat 3 keahlian utama yang
harus dimiliki oleh seorang marketing yaitu : kemampuan berkomunikasi yang baik
, mau bekerja keras , dan pintar membangun jaringan penjualan.
Bidang
pekerjaan marketing tidak terlalu menuntut spesialisasi pendidikan , namun
secara umum untuk menjadi seorang marketing individu harus menamatkan
pendidikan minimal SMA sederajat.
Gaji
seorang marketing pada umumnya sesuai dengan standard UMR yang berlaku di
daerah masing-masing namun mereka mendapatkan tambahan penghasilan dari
customer atau dari perusahaan tempat mereka bekerja. Kompensasi yang diperoleh
oleh seorang marketing adalah income yang tidak terbatas , fasilitas penunjang
, bonus pencapaian target berupa paket liburan dan tunjangan prestasi sebagai
penghargaan atas pencapaian target penjualan
4.Perawat
Perawat
adalah pekerjaan yang berkaitan dengan bidang kesehatan terutama dalam
penanganan individu yang berada di institusi pelayanan kesehatan. Tugas utama
dari seorang perawat adalah melakukan perawatan secara medis terhadap
pasien-pasien yang ada di institusi pelayanan kesehatan.
Keterampilan
yang harus dimiliki oleh seorang perawat adalah :
·
Mampu melakukan pengkajian keadaan klien
·
Melakukan penentuan diagnosis keadaan klien
·
Menyusun intervensi/perencanaan kegiatan
keperawatan
·
Mampu melakukan implementasi terhadap
perencanaan kegiatan yang dilakukan
·
Mampu menyusun laporan hasil kegiatan
keperawatan.
Untuk menjadi
seorang perawat yang profesional, seorang individu harus menempuh pendidikan
minimal DIV keperawatan ditambah dengan pendidikan profesi Ners selama 1 tahun.
Gaji yang diperoleh oleh seorang perawat
antara Rp 500.000 – Rp 2.300.000,- dengan kompensasi berupa pakaian dinas
resmi, tunjangan kerja dan profesi, mendapat tunjangan dari pemerintah jika
bertugas di daerah pedalaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar