Sabtu, 22 Februari 2014

Satlan tentang pasar kerja

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/ Satuan Layanan
Bimbingan Karier

Sekolah                                   : SMAN Bengkulu
Mata Pelajaran                      : Bimbingan dan Konseling
Kelas/semester                       : XII / 1
Bidang pengembangan         : pengembangan kehidupan karier
Jenis layanan                         : layanan informasi
Materi pokok                        : presentasi pasar kerja berdasarkan profesional dan dinas      tenaga kerja
Alokasi waktu                        : 1x 45 menit

A.Kompetensi inti
            Mampu mengembangkan kesadaran akan kesempatan kerja
B. kompetensi dasar dan indikator
1.      Pengenalan arti dan makna sebuah pekerjaan
2.      Pengetahuan mengenai pekerjaan yang terdapat dalam lingkungan sosial
3.      Peningkatan akan pengetahuan dan pemahaman mengenai pasar kerja
·         Indikator : siswa menjadi lebih memahami dan mengerti tentang pasar tenaga kerja yang ada disekitarnya melalui keterangan para profesional dibidang pekerjaan tersebut
4.      timbulnya kesadaran dan keaktifan dalam diri siswa untuk mencari tahu informasi pasar tenaga kerja yang ada disekitar lingkungannya melalui sumber informasi seperti media cetak maupun internet
·         Indikator : siswa menjadi lebih terpacu untuk giat mencari informasi pasar tenaga kerja yang ada disekitar lingkungan dirinya.
C. Tujuan Pembelajaran
            Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran ini adalah :
1)      Untuk mengenali tentang pekerjaan baik dari segi arti maupun namanya.
2)      Untuk mengetahui pekerjaan-pekerjaan yang masuk dalam pasar tenaga kerja dilingkungan siswa
3)      Untuk meningkatkan pemahaman pada diri siswa tentang pasar tenaga kerja lokal
4)      Untuk menimbulkan kesadaran dan keaktifan pada siswa untuk mengakses informasi pasar pekerjaan lokal di daerah domisili.
D. Materi Pembelajaran
“Terlampir”

E. Metode Pembelajaran
            Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran ini metode yang digunakan oleh guru pembimbing berupa kegiatan diskusi panel, dengan menghadirkan beberapa orang profesional yang berasal dari bidang perkejaan yang berbeda. Kemudian mereka diminta untuk mempresantisikan tentang pekerjaan mereka dan dilakukan tanya jawab antara para siswa dengan profesional tersebut setelah mereka selesai menyajikan data.
F. Media dan Sumber pelajaran
Ø  Media
Media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kali ini adalah komputer jinjing (laptop) dan proyektor.
Ø  Alat
Alat yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kali ini adalah aplikasi software microsoft yaitu microsoft power point seri 2007 untuk penyajian materi.
Ø  Sumber pelajaran
Sumber pelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kali ini adalah informasi karier yang tersedia di internet dan buku-buku yang membahas tentang karier.
G. langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Ø  Kegiatan awal
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini guru pembimbing/konselor membuka kegiatan belajar, mengabsen siswa, melakukan pre-test, dan mengenalkan para narasumber kepada siswa
Ø  Kegiatan inti
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah konselor mempersilahkan narasumber memberikan materi yang berkaitan dengan pasar kerja lokal di daerah dengan data yang diperoleh dari dinas tenaga kerja. Presentasi ini meliputi nama pekerjaan, tugas-tugas, keterampilan yang disyaratkan, pendidikan, gaji yang diperoleh, konsekuensi, dan kompensasi dari pekerjaan tersebut. Waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan ini adalah 40 menit.
Ø  Kegiatan penutup
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini yaitu guru pembimbing menuntun siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah disampaikan oleh narasumber, melakukan post-test, dan menutup kegiatan pembelajaran waktu yang dibutuhkan selama 10 menit.

H. Penilaian
Ø  Jenis/teknik penilaian : Penilaian yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran ini adalah penilaian secara tertulis dengan teknik tes.
Ø  Bentuk instrumen dan instrumen : bentuk instrumen yang digunakan dalam evaluasi adalah insterumen tertulis. Instrumen penilaian terbagi dalam 3 bentuk yaitu :
Ranah Kognitif
1)      Apa saja keterampilan-keterampilan yang teridentifikasi dalam pekerjaan-pekerjaan yang dipaparkan ?
2)      Bagaimana pendapat anda terhadap paparan pekerjaan yang disampaikan oleh profesional di depan kelas ?
3)      Apa yang akan anda lakukan untuk meningkatkan pemahaman anda terhadap pasar kerja ?
4)      Bagaimana bentuk bantuan yang saat ini anda butuhkan untuk meningkatkan pemahaman tentang pasar kerja ?
Afektif
No
Butir
Skor
1
2
3
4
5
1
Saya memahami mengenai pengertian yang sesungguhnya dari setiap pekerjaan





2
Saya memahami keuntungan dan kelebihan yang akan saya dapat dari setiap pekerjaan yang akan saya jalani.





3
Saya memahami latar pendidikan yang harus saya tempuh untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.





Indikator :
Butir 1
Ø  1 : Sangat tidak memahami pengertian akan pekerjaan dari penjelasan yang diberikan
Ø  2 : sangat sedikit memahami pengertian akan pekerjaan dari penjelasan yang diberikan
Ø  3 : memahami sebagian dari pengertian akan pekerjaan yang dijelaskan oleh narasumber
Ø  4 : memahami sebagian besar materi pengertian akan pekerjaan yang dijelaskan narasumber tetapi masih sedikit ragu
Ø  5 : memahami seluruh materi yang diberikan narasumber tanpa keraguan
Butir 2
Ø  1 : sangat tidak memahami dan tidak mengetahui sama sekali keuntungan yang diperoleh dari setiap pekerjaan.
Ø  2 : sangat sedikit memahami materi dari semua penjelasan yang diberikan oleh narasumber
Ø  3 : memahami sebagian materi dari semua penjelasan yang diberikan oleh narasumber tentang keuntungan setiap pekerjaan.
Ø  4 : memahami sebagian besar materi tentang keuntungan setiap pekerjaan yang dijelaskan oleh narasumber
Ø  5 : memahami seluruh penjelasan tentang keuntungan dari setiap pekerjaan yang dijelaskan narasumber.
Butir 3
Ø  1 : sangat tidak memahami sama sekali penjelasan mengenai latar pendidikan dari setiap pekerjaan.
Ø  2 : hanya memahami sedikit mengenai penjelasan tentang latar pendidikan dari setiap pekerjaan
Ø  3 : hanya memahami sebagian mengenai penjelasan tentang latar pendidikan dari setiap pekerjaan
Ø  4 : memahami sebagian besar penjelasan mengenai latar pendidikan dari setiap pekerjaan
Ø  5 : memahami seluruh penjelasan tentang latar pendidikan dari setiap pekerjaan.



Ranah Psikomotorik
No
Butir
Ya (1)
Tidak (0)
1
Siswa menyimak materi yang diberikan


2
Siswa mencatat hal-hal penting dari materi yang disajikan


3
Siswa bertanya mengenai materi yang tidak diketahui


4
Siswa mampu menjawab pertanyaan dari narasumber


5
Siswa mampu membuat resume dari materi yang disampaikan























Materi
Pengertian Pasar Kerja
            Adalah pasar yang mempertemukan antara perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan tenaga kerja yang sedang mencari pekerjaan. Pasar tenaga kerja sendiri memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :
·         Sebagai sarana untuk menyalurkan tenaga kerja
·         Sarana mendapatkan bagi tenaga kerja mendapatkan informasi pekerjaan
·         Sebagai sarana untuk mempertemukan antara para tenaga kerja yang sedang mencari pekerjaan dengan institusi yang sedang membuka lowongan pekerjaan
Adapun penanganan pasar kerja ditangani oleh dinas tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) yang ada di setiap provinsi dan kabupaten/kota. Dalam melakukan pencarian pekerjaan perlu dilakukan informasi yang jelas mengenai pekerjaan apa yang saat ini tengah menjadi trend dan diminati oleh masyarakat. Untuk wilayah Bengkulu berdasarkan data dari DISNAKERTRANS pekerjaan yang paling diminati saat ini ada 4 yaitu :
·         Dokter
·         Guru
·         Marketing
·         Dan perawat

A.Dokter
            Dokter adalah seorang yang bekerja untuk melakukan pertolongan terhadap orang-orang yang sedang mengalami sakit baik yang disebabkan oleh penyakit dari dalam diri atau dari sebab lain di luar penyakit.
            Tugas-tugas yang dilakukan oleh seorang dokter adalah :
·         membangun relasi dengan pasien
·         mengumpulkan data (riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik dengan hasil laboratorium atau citra medis)
·         menganalisis data
·         membuat rencana perawatan (tes yang harus dijalani berikutnya, terapi, rujukan)
·         merawat pasien
·         memantau dan menilai jalannya perawatan dan dapat mengubah perawatan bila diperlukan.
Seorang dokter sendiri juga harus memiliki beberapa keterampilan yaitu :
·         AREA KOMUNIKASI EFEKTIF; mampu menggali dan bertukar informasi secara verbal dan nonverbal dengan pasien semua usia, anggota keluarga, masyarakat, kolega, dan profesi lain.
·         AREA KETERAMPILAN KLINIS; melakukan prosedur klinis dalam menghadapi masalah kedokteran sesuai dengan kebutuhan pasien dan kewenangannya.
·         AREA LANDASAN ILMIAH ILMU KEDOKTERAN; mengidentifikasi, menjelaskan, dan merancang penyelesaian masalah kesehatan secara ilmiah menurut ilmu kedokteran-kesehatan mutakhir untuk mendapat hasil yang optimum.
·         AREA PENGELOLAAN MASALAH KESEHATAN : mengelola masalah kesehatan individu, keluarga, maupun masyarakat secara komprehensif, holistik, bersinambung, koordinatif, dan kolaboratif dalam konteks pelayanan kesehatan primer.
·         AREA PENGELOLAAN INFORMASI : mengakses, mengelola, menilai secara kritis kesahihan dan kemamputerapan informasi untuk menjelaskan dan menyelesaikan masalah, atau mengambil keputusan dalam kaitan dengan pelayanan kesehatan di tingkat primer.
·         AREA MAWAS DIRI DAN PENGEMBANGAN DIRI : melakukan praktik kedokteran dengan penuh kesadaran atas kemampuan dan keterbatasannya; mengatasi masalah emosional, personal, kesehatan, dan kesejahteraan yang dapat mempengaruhi kemampuan profesinya; belajar sepanjang hayat; merencanakan, menerapkan, dan memantau perkembangan profesi secara sinambung.
·         . AREA ETIKA, MORAL, MEDIKOLEGAL DAN PROFESIONALISME SERTA KESELAMATAN PASIEN : berprilaku profesional dalam praktik kedokteran serta mendukung kebijakan kesehatan; bermoral dan beretika serta memahami isu etik maupun aspek medikolegal dalam praktik kedokteran; menerapkan program keselamatan pasien.
Untuk menjadi seorang Dokter seorang individu harus menempuh pendidikan di Fakultas kedokteran selama 5 tahun dan melakukan pengabdian selama 1 tahun untuk mendapatkan gelar dokter dan memperoleh izin untuk membuka praktek kedokteran sendiri. Untuk mendapat gelar spesialis seorang dokter harus menempuh pendidikan spesialis selama 2 tahun.
      Gaji yang diperoleh oleh seorang dokter berkisar mulai dari Rp 4.700.000- Rp 21.000.000 untuk dokter yang bekerja dalam lingkungan pelayanan rumah sakit pemerintah. Kompensasi yang diterima oleh seorang dokter yaitu mendapatkan taraf hidup yang menengah, dapat membuka usaha praktek jasa kedokteran sendiri diluar jam dinas resmi, dan mendapat pandangan yang dihormati ditengah masyarakat.

2. Guru
            Guru adalah individu yang berilmu yang mengajarkan ilmu pengetahuan kepada individu yang belum memiliki ilmu pengetahuan sama sekali.
            Guru sendiri memiliki tugas untuk mengajarkan ilmu pengetahuan melalui materi yang diberikan di dalam kelas, guru juga bertugas memberikan penilaian hasil kerja siswa, membentuk pribadi dan moral siswa, mengelola kelas, dan menyampaikan pencapaian hasil belajar siswa setiap 1 semester kepada orangtua melalui buku rapot.
Keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang individu untuk menjadi seorang guru adalah memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik baik kepada siswa maupun kepada orangtua/wali murid siswa.
            Seorang guru sendiri harus memiliki 4 kompetensi utama dalam mengajar yaitu :
·         kompetensi Paedagogik, adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. (Standar Nasional Pendidikan, penjelasan Pasal 28 ayat 3 butir a). Artinya guru harus mampu mengelola kegiatan pembelajaran, mulai dari merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Guru harus menguasi manajemen kurikulum, mulai dari merencanakan perangkat kurikulum, melaksanakan kurikulum, dan mengevaluasi kurikulum, serta memiliki pemahaman tentang psikologi pendidikan, terutama terhadap kebutuhan dan perkembangan peserta didik agar kegiatan pembelajaran lebih bermakna dan berhasil guna.
·         Kompetensi Personal, adalah kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. (SNP, penjelasan Pasal 28 ayat 3 butir b). Artinya guru memiliki sikap kepribadian yang mantap, sehingga mampu menjadi sumber inspirasi bagi siswa. Dengan kata lain, guru harus memiliki kepribadian yang patut diteladani, sehingga mampu melaksanakan tri-pusat yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantoro, yaitu Ing Ngarso Sung TulodoIng Madya Mangun KarsoTut Wuri Handayani. (di depan guru member teladan/contoh, di tengah memberikan karsa, dan di belakang memberikan dorongan/motivasi).
·         Kompetensi Profesional, adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP, penjelasan Pasal 28 ayat 3 butir c). Artinya guru harus memiliki pengetahuan yang luas berkenaan dengan bidang studi atau subjek matter yang akan diajarkan serta penguasaan didaktik metodik dalam arti memiliki pengetahuan konsep teoretis, mampu memilih model, strategi, dan metode yang tepat serta mampu menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran. Guru pun harus memiliki pengetahuan luas tentang kurikulum, dan landasan kependidikan.
·         Kompetensi Sosial, adalah kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesame pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. (SNP, penjelasan Pasal 28 ayat 3 butir d). Artinya ia menunjukkan kemampuan berkomunikasi sosial, baik dengan murid-muridnya maupun dengan sesama teman guru, dengan kepala sekolah bahkan dengan masyarakat luas.
Untuk menjadi seorang guru saat ini seorang individu harus menempuh pendidikan S1 di Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan atau untuk beberapa alasan dari pendidikan S1 non-FKIP dengan mengikuti pendidikan penyetaraan akta IV untuk mendapatkan izin mengajar izin di sekolah.
            Gaji yang diperoleh oleh seorang guru berkisar mulai dari Rp 1.400.000 – Rp 5.000.000 dengan kompensasi memperoleh kehidupan pada taraf menengah , mendapat tunjangan dari pemerintah seumur hidup, memperoleh lebih banyak hari libur ketimbang hari biasa, dan mendapat pandangan positif dari masyarakat.

3. Marketing
            Marketing adalah individu yang memiliki pekerjaan yang bergerak dibidang penjualan. Marketing sendiri memiliki tugas untuk menjual dan menawarkan barang atau jasa yang dihasilkan dari tempat ia bekerja untuk mencapai hasil dan target yang ditetapkan oleh perusahaan.
            Seorang individu sendiri yang bekerja dalam bidang marketing harus memiliki beberapa keahlian yaitu :
·         Mendengarkan Dengan Seksama Tanpa Memikirkan Agenda Pribadi Anda.Proses membeli bukan hanya seputar diri sendiri maupun keinginan Anda sebagai penjual, melainkan tentang si pembeli. Seringkali kita terlalu sibuk memikirkan kuota penjualan, promosi dan komisi hingga melupakan apa yang sebenarnya diinginkan dan diharapkan calon pembeli.Penjual dengan agenda pribadi cenderung memaksakan diri dan tidak mendengarkan. Fokuslah terhadap manfaat apa saja yang bisa diberikan produk Anda kepada pembeli.
·         Jangan Menyuruh Seseorang Untuk Membeli, Namun Arahkan Keputusan Membeli.Peranan Anda sebagai penjual adalah mempresentasikan produk dengan jelas, cerdas, jujur dan penuh integritas. Sedangkan peranan pembeli adalah memutuskan apa yang terbaik untuk dibeli. Pembeli yang setia adalah pembeli yang cerdas.Tugas Anda cukup menawarkan produk, pelayanan atau ide. Lalu jelaskan keuntungan dan manfaatnya bagi calon pembeli jika kelak mereka membelinya. Jangan lupa untuk menjawab pertanyaan. Merealisasikan transaksi penjualan harus dibangun dari proses tanya jawab yang menyeluruh dan kemudian membangun rasa percaya antar kedua belah pihak.
·         Layani Pembeli Dari Apa Yang Mereka Mau Dari Produk Anda.Terkadang, kita terlalu asyik menceritakan kelebihan maupun kisah dari produk yang kita jual sampai melupakan satu hal penting. Hal itu adalah ekspektasi pembeli potensial. Hal ini berarti apa yang Anda rasa penting, bukan berarti penting bagi mereka.Contoh konkritnya, ada seorang ibu paruh baya menjelaskan bisnis rumahan yang menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan rumah kepada ibu muda. Setelah menjelaskan poduknya, seketika ibu muda itu menolak. Dengan terheran-heran, ibu paruh baya tadi bertanya kenapa. Ternyata di umurnya yang masih muda, ibu muda tadi justru mencari bisnis rumahan yang justru bisa membuatnya sering keluar rumah dan travelling. Di sinilah kemampuan mendengarkan dan mengetahui benar apa yang pembeli inginkan menjadi penting.
Bidang pekerjaan marketing tidak menuntut terlalu banyak keahlian akan tetapi terdapat 3 keahlian utama yang harus dimiliki oleh seorang marketing yaitu : kemampuan berkomunikasi yang baik , mau bekerja keras , dan pintar membangun jaringan penjualan.
          Bidang pekerjaan marketing tidak terlalu menuntut spesialisasi pendidikan , namun secara umum untuk menjadi seorang marketing individu harus menamatkan pendidikan minimal SMA sederajat.
            Gaji seorang marketing pada umumnya sesuai dengan standard UMR yang berlaku di daerah masing-masing namun mereka mendapatkan tambahan penghasilan dari customer atau dari perusahaan tempat mereka bekerja. Kompensasi yang diperoleh oleh seorang marketing adalah income yang tidak terbatas , fasilitas penunjang , bonus pencapaian target berupa paket liburan dan tunjangan prestasi sebagai penghargaan atas pencapaian target penjualan

4.Perawat
            Perawat adalah pekerjaan yang berkaitan dengan bidang kesehatan terutama dalam penanganan individu yang berada di institusi pelayanan kesehatan. Tugas utama dari seorang perawat adalah melakukan perawatan secara medis terhadap pasien-pasien yang ada di institusi pelayanan kesehatan.
            Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang perawat adalah :
·         Mampu melakukan pengkajian keadaan klien
·         Melakukan penentuan diagnosis keadaan klien
·         Menyusun intervensi/perencanaan kegiatan keperawatan
·         Mampu melakukan implementasi terhadap perencanaan kegiatan yang dilakukan
·         Mampu menyusun laporan hasil kegiatan keperawatan.
Untuk menjadi seorang perawat yang profesional, seorang individu harus menempuh pendidikan minimal DIV keperawatan ditambah dengan pendidikan profesi Ners selama 1 tahun.
     Gaji yang diperoleh oleh seorang perawat antara Rp 500.000 – Rp 2.300.000,- dengan kompensasi berupa pakaian dinas resmi, tunjangan kerja dan profesi, mendapat tunjangan dari pemerintah jika bertugas di daerah pedalaman.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar